× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Mengatasi Jebakan Procrastination!

Yasinta Indrianti, Psikolog

 

 

Sumber : canva.com

Dear Yupiers,

Ayo siapakah diantara kalian yang sering berkata “nanti dulu ah”, “lima menit lagi” … dsb dsb

Yup, menunda – nunda tugas atau pekerjaan merupakan salah satu bentuk procrastination. Menunda sekali, dua kali asalkan setelahnya langsung diselesaikan mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun jika akhirnya karena penundaan itu terjadi lebih sering bahkan tidak terhitung, akibatnya tugas tidak bisa diselesaikan, kehabisan waktu untuk mengerjakan, deadline menumpuk, dll.

Bagi remaja, procrastination memiliki konsekuensi yang sangat luas. Banyak remaja yang akhirnya merasa stres, merasa bersalah, kecewa dan terus merasa cemas. Lebih parah lagi situasi ini juga mengganggu hubungan orang tua, keluarga, teman bahkan guru.

Beberapa sumber penyebab procrastination bagi para remaja adalah

  • Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain di media sosial.
  • Waktu habis untuk bermain game.
  • Terlalu sering menghabiskan waktu untuk online streaming membuat konten yang mungkin tidak ada hubungan dengan tugas yang harus diselesaikan.
  • Terlalu banyak berpikir dan ingin membuat sesuatu yang lebih sempurna.

Cara yang paling efektif untuk mengatasi procrastination adalah dengan mengenali terlebih dahulu, kita termasuk tipe yang mana?

  1. The Lazy person

Tipe ini adalah mereka yang menunda – nunda pekerjaan karena malas. Lebih mengutamakan kenyamanan dan tidak memiliki motivasi untuk melakukan atau bahkan menyelesaikan tugas. Jika kita termasuk tipe yang pertama, maka cara mengatasinya adalah dengan menanamkan mindset ke dalam diri kita bahwa kesuksesan dan kebahagiaan tidak datang tiba – tiba. Semua harus melalui sebuah usaha yang dimulai bukan besok atau lusa, tapi sekarang.

 

  1. The worrier

Tipe ini adalah mereka yang menunda pekerjaan karena terlalu banyak merasa khawatir dan merasa kurang percaya diri atas kemampuan yang dimiliki. Jika termasuk tipe yang kedua, maka cara mengatasinya bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran dan pengenalan diri sehingga kita tahu dimana letak kelebihan dan potensi kita. Ingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna, mungkin kita tidak bisa berhasil di satu hal namun bisa jadi kita mahir di hal lainnya.

 

  1. The dreamer

Tipe ini adalah mereka yang menunda pekerjaan karena terlalu banyak niat dan angan – angan indah sampai akhirnya tidak ada tindakan yang dilakukan. Tipe ini akhirnya akan membuat banyak alasan mengapa pekerjaan tidak selesai. Jika masuk ke tipe yang ketiga maka perlu untuk menanamkan keyakinan bahwa mimpi tanpa tindakan akan sia – sia, sehingga mimpi akan menjadi cita – cita jika kita mau berusaha mengubahnya menjadi sebuah rencana dengan target capaian yang terukur.

 

  1. The perfectionist

Tipe ini adalah mereka yang menunda pekerjaan karena terus mencari kesempurnaan, sehingga apa yang dilakukan terus menerus dikoreksi dan diperbaiki sampai pada hal detail. Jika termasuk dalam tipe keempat maka perlu disadari bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Mengejar kesempurnaan untuk sesuatu hal yang memang perlu mungkin akan memberikan hasil yang baik, namun perlu juga dievaluasi seberapa banyak waktu yang telah kita habiskan untuk hal yang mungkin buat kita sempurna, belum tentu bagi orang lain. Yang terpenting adalah kita sudah melakukan yang terbaik.

Jadi, kamu termasuk tipe yang mana nih Yupiers ? ????  

 

Setelah baca artikel diatas semoga Yupiers jadi lebih bersemangat untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik ya!

Salah satu upaya Yupi untuk membantu Yupiers berkembang ke arah lebih baik adalah dengan menyediakan wadah unjuk bakat, apalagi kalau bukan “Yupis Got Talent?!

Ikuti terus ya info terbaru mengenai Yupi’s Got Talent 2022! siapa tahu jagoan kalian masuk ke tahap selanjutnya di www.yupiland.com

 

 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .