× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Mengembangkan Potensi dan Kompetensi sebagai Leader

Dear Yupiers,

Ada sebagian besar orang yang terlahir dengan potensi dan karakter yang kuat untuk menjadi pemimpin. Dari sejak mereka kecil, mereka terbiasa mengambil alih situasi dan membuat orang lain merasa nyaman dibawah koordinasi dan arahan mereka. 

Namun jangan khawatir, ketika kita tidak memiliki hal seperti itu bukan berarti kita tidak bisa menjadi pemimpin. Karena keterampilan dan kompetensi menjadi pemimpin bisa dipupuk dan dikembangkan. 

Bagaimana caranya?

  • Self management. 

Menjadi pemimpin dimulai dari kemampuan mengelola diri sendiri. Mengelola diri sendiri akan memupuk keterampilan penting dalam hal mengelola emosi, mengelola waktu dan mengembangkan keterampilan berkomunikasi. Ini adalah faktor – faktor penting yang dapat mengasah kapasitas sebagai seorang leader


  • Membangun komunitas

Dengan komunitas, kita memiliki kesempatan untuk mengambil peran dan berlatih menjadi pemimpin. Membantu anggota tim dalam memaksimalkan perannya, proaktif saat ada hal yang harus dikerjakan dan diselesaikan, sampai mengambil alih delegasi dari pimpinan kita merupakan cara yang tepat untuk mulai berlatih menjadi seorang leader. Komunitas ini bentuknya bisa bermacam – macam baik kelompok belajar, komunitas rohani maupun organisasi di sekolah seperti OSIS. 


  • Menjadi relawan

Di masyarakat, ada banyak peluang bagi kita meskipun masih berusia remaja untuk bisa menjadi relawan. Menjadi relawan tidak hanya mengasah kapasitas dan kompetensi sosial kita namun juga memberikan kita berbagai pengalaman yang berharga yaitu membangun karisma, empati, integritas , dan lain sebagainya.


  • Belajar menerima tantangan untuk memimpin

Ada berbagai aktivitas yang seringkali sebenarnya menjadi tantangan yang tepat untuk kita bisa mengasah diri menjadi leader. Misalnya memimpin lagu di kelas, memimpin doa di keluarga, memimpin upacara, memimpin kelompok menentukan tujuan. Asahlah jiwa kepemimpinan dengan berani dan belajar menerima tantangan – tantangan ini. Sehingga kita pun akan terbiasa untuk memimpin.

Nah, bagaimana yupiers, sudah siapkah menjadi leader

Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! dimana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .