× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Meraih Cita – Cita Dimulai dari Belajar dan Bertumbuh dari Sebuah Tantangan (Yasinta Indrianti, Psikolog)

Dear Yupiers,  

Cita – cita merupakan sebuah impian yang harus kita raih. Seringkali cita – cita juga merupakan sebuah tantangan yang perlu kita hadapi.

Adakah sesuatu yang membuat Yupiers hari ini merasa tertantang? Sehingga Yupiers merasa ada bongkahan batu yang mengganjal di hati, membuatnya terasa berat dan sulit untuk melepaskannya.

Tantangan seringkali menyisakan gundukan emosi yang membuat Yupiers akan merasa tidak nyaman dan memberikan dua respon yang berbeda. Bagi sebagian orang yang masih memiliki PR dalam pengenalan diri, tantangan mungkin akan dianggap sebagai sebuah ancaman dan sebuah momen yang dianggap tidak mungkin.

Sehingga gundukan emosi yang timbul mungkin akan memberikan beban psikologis yang semakin membuatnya tidak mampu dan tidak berdaya. Pengenalan diri ini berbicara tentang potensi, talenta dan bakat. Perlu Yupiers ketahui, seseorang yang tidak mengenali potensi, talenta dan bakatnya akan cenderung ciut nyali ketika menerima tantangan.

Dan sebaliknya Yupiers, bagi mereka yang sudah memiliki pengenalan diri yang baik, sehingga tahu bahwa “saya punya kemampuan, saya punya kapasitas dan saya bisa melakukannya” maka gundukan emosi akan disikapi sebagai sebuah peluang. Sebuah momentum yang mampu membuktikan kapasitas dan akan mengubah hidup seseorang.

Yupiers, tahukah kamu bagaimana cara mengembangkan diri untuk mampu terus menyikapi sebuah tantangan sebagai peluang untuk berkembang dan bertumbuh?

  • Kenali dirimu

Yupiers, dengan mengenali diri tentang apa kelebihanmu, apa kekuranganmu, apa nilaimu akan sinkron dengan hal – hal yang perlu Yupiers yakini dan prioritaskan. Mengenali diri juga termasuk mengenali emosi dan pikiran, karena akan berdampak pada perilaku Yupiers sendiri. Dengan mengenali diri, maka Yupiers akan tahu area yang harus diperhatikan untuk kemudian dikembangkan. Orang yang memiliki pengenalan diri yang baik akan melihat dirinya dalam kacamata yang positif. bahwa ia bisa berubah. Dan kemampuan ini bisa muncul oleh karena usaha dan kerja keras. Berani mengambil resiko, menerima tantangan dan menyelesaikannya berpijak dari pengenalan diri yang baik.

  • Cari role model yang tepat

Seperti yang Yupiers ketahui, dunia ini memiliki beragam pilihan. Namun diantara sekian banyaknya pilihan mungkin hanya ada beberapa yang  bisa Yupiers jadikan role model yang tepat dan mampu menjadi panutan bagi Yupiers dalam mengembangkan diri, mencapai target dan menerima tantangan. Oleh karena itu Yupiers, bijaklah dalam mencari role model yaitu dengan melihat seberapa besar mereka memberikan inspirasi positif bagi kita. Itulah pribadi yang paling tepat untuk Yupiers jadikan sebagai panutan.

 

  • Kembangkan skill

Skill atau keterampilan merupakan salah satu tonggak perkembangan bagi Yupiers. Masa kecil Yupiers merupakan masa pengembangkan skill dasar melalui berbagai kegiata bermain, belajar, berbicara, merangkak dan berjalan Namun seiring pertambahan usia, skill Yupiers pun mulai bertambah. Mengembangkan skill dimulai dari pengenalan diri.

Tahap pengenalan diri akan membawa Yupiers pada pengetahuan, keterampilan atas apa yang mudah Yupiers lakukan dan yang sulit  dilakukan.

Yupiers, mengembangkan skill tentu saja perlu dimulai dari hal yang paling mudah Yupiers lakukan. Misalnya dari pengaturan waktu dan mengasah talenta yang dimiliki. Kecakapan hidup yang relatif sederhana, jika terus dikembangkan dan dipelajari, maka akan menjadi siklus yang dapat membantu kita dalam meningkatkan kesadaran diri, kesadaran sosial, dan manajemen diri.

Jadi, minimalkan pemikiran Yupiers dalam melihat tantangan sebagai ancaman tapi mulailah melihat tantangan sebagai sebuah peluang untuk bisa bertumbuh dan berkembang agar Yupiers siap menggapai cita – cita Yupiers pasti siap kan?

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .