× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Moms Wajib Tahu! Ini Manfaat Sayuran Untuk Tumbuh Kembang Anak

Yupiers, memang bukan hal yang aneh jika si kecil kerap pilah-pilih makanan yang mereka sukai. Terkadang, mereka hanya menyukai makanan tertentu yang rasanya manis atau gurih. Salah satu jenis makanan yang sering ditolak justru sayuran. Padahal, sayuran sangat penting dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.


Ya, seperti buah-buahan, sayuran adalah sumber nutrisi penting yang dibutuhkan anak untuk perkembangannya, terutama bagi yang baru beralih ke MPASI atau usia 1-3 tahun. Semakin tinggi asupan sayuran, maka semakin sehat anak.


Untuk lebih meyakinkan Yupiers akan pentingnya konsumsi sayuran, berikut Yumin telah rangkumkan untukmu lima manfaat sayuran untuk tumbuh kembang anak disini!


  • Membantu Pertumbuhan Sel

Sayuran mengandung banyak mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan kalsium yang dibutuhkan dalam pembangunan jaringan tubuh dan pertumbuhan sel. Tanpa nutrisi sayuran yang cukup, tumbuh kembang si kecil menjadi kurang optimal, bahkan terganggu.


  • Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat lain sayuran untuk anak adalah menjaga saluran cerna anak tetap sehat. Hal ini karena sayuran mengandung serat tinggi yang membantu membersihkan dinding usus dari racun dan kotoran yang menempel, sehingga mencegah menumpuknya racun dalam sistem pencernaan.


  • Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Sayur untuk anak juga bisa membantu menjaga Kesehatan mata dan kulit lho, Yupiers. Tak hanya wortel, ternyata masih banyak jenis sayuran lain yang bisa jadi pilihan untuk memelihara Kesehatan mata si kecil, seperti bayam, brokoli, dan labu siam.


Tidak hanya itu, kandungan vitamin C, lutein, serta zinc yang terdapat di sejumlah sayuran juga bisa menjaga Kesehatan kulit dari radikal bebas. Manfaat ini bisa didapatkan bila diseimbangkan juga dengan pola hidup sehat ya, Yupiers.


  • Menjaga Kekebalan Tubuh

Beberapa jenis sayuran seperti sayuran hijau banyak mengandung vitamin A, vitamin E, dan zat besi yang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh si kecil. Dimana vitamin A membantu menjaga kerja sistem imun anak, vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari zat asing yang merusak, dan zat besi untuk menurunkan risiko peradangan.


  • Menjadikan Anak Lebih Cerdas

Nutrisi dalam sayuran seperti vitamin B6, vitamin B12, asam folat, dan zat besi sangat penting untuk menjaga fungsi otak, sehingga bisa mendukung kecerdasan si kecil.


Nah, itu dia lima manfaat sayuran untuk tumbuh kembang anak. Kini Yupiers sudah lebih memahami bukan, betapa pentingnya konsumsi sayuran secara teratur bagi si kecil? Oleh karena itu, yuk, selalu sajikan sayuran di setiap waktu makannya agar anak bisa tumbuh sehat dan cerdas!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .