× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Pentingnya Mindset untuk Membangun Kesuksesan

Hai Yupers,

Tahukah kamu sukses dapat diraih dengan beberapa cara seperti belajar dengan giat dan bekerja dengan optimal. Faktor kesuksesan yang mungkin seringkali dianggap tidak begitu penting yaitu mindset atau pola pikir. Kebanyakan orang lebih fokus pada memaksakan diri saat bekerja, atau berlomba-lomba dalam meraih suatu penghargaan tanpa memikirkan banyak banyak faktor. Hal ini dikarenakan mindset atau pola pikir sangat berpengaruh terhadap kesuksesan setiap orang. Oleh karena itu, mengembangkan pola pikir tertentu sangat membantu kita mencapai tujuan, menikmati hidup, dan menjadi lebih sukses. Namun sebenarnya seperti apa sih mindset atau pola pikir yang harus ada di dalam diri untuk membangun kesuksesan? Simak penjelasan Yumin di bawah ini, yuk!

 Yupiers, apa itu Mindset?

Mindset terdiri dari kata mind dan set dimana mind diartikan sebagai sumber pikiran dan memori yang menghasilkan perasaan, pikiran, ide dan penyimpan pengetahuan. Adapun kata set mempunyai arti mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan. Mindset atau pola pikir didefinisikan sebagai suatu kumpulan pemikiran yang terbentuk sesuai dengan pengalaman dengan keyakinan sehingga dapat memengaruhi perilaku atau cara berpikir seseorang dan menentukan suatu sikap, pandangan hingga masa depan seseorang. 


Pengertian Mindset menurut para penulis buku terkenal:

  1. Menurut Adi W. Gunawan Mindset atau pola pikir adalah kepercayaan-kepercayaan yang memengaruhi sikap seseorang; sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap, dan masa depan seseorang.
  2. Menurut dr. Ibrahin Elfiky, mindset adalah sekumpulan pikiran yang terjadi berkali-kali di berbagai tempat dan waktu serta diperkuat dengan keyakinan dan proyeksi sehingga menjadi kenyataan yang dapat dipastikan di setiap tempat dan waktu yang sama.

Dari dua definisi dari para ahli di atas, maka bisa kita simpulkan, mindset atau pola pikir yaitu sebagai kepercayaan (belief), cara berfikir yang memengaruhi perilaku (behavior), dan sikap (attitude) seseorang yang kemudian akan menentukan level keberhasilan hidupnya.

Yupiers, untuk menuju kesuksesan di masa mendatang, kamu harus memperbaiki cara berpikir. Cara berpikir dapat memengaruhi perspektif kamu ketika melihat dunia dan merespon segala hal yang sedang terjadi. Maka dari itu marilah perbaiki mindset kamu sebagai langkah pertama untuk mencapai kesuksesan.


Nah Yupiers… untuk mengetahui kesuksesan peserta grand final Yupi’s Got Talent 2022, yuk pantengin terus di www.yupiland.com/Ygt/camp yaaa..

Yumin akan terus berbagi info mereka dengan para Yupiers!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .