× Back To Yupiland
Artikel YGT
Tips From Yumin

Persiapan Kembali ke Sekolah

Hai Yupiers

Sesaat lagi kegiatan belajar dan mengajar di bulan juli akan segera dimulai lho!

Apakah kamu sudah tahu kira-kira  apa saja yang harus kamu persiapkan?

Beberapa dari kamu pasti sangat antusias mempersiapkan berbagai hal sebelum sekolah dimulai. Tetapi ada pula diantara kamu sekalian yang masih bingung apa saja sih yang harus dipersiapkan.

Kita simak yuk beberapa tips dari Yumin;


Istirahat Tepat Waktu

Kualitas Istirahat atau kualitas tidur yang baik adalah 6 sampai dengan  8 jam sehari. Sebagai pelajar sebaiknya kamu membiasakan diri untuk istirahat dibawah pukul 10 malam. Hal ini sangatlah penting agar kamu dapat disiplin waktu, pukul berapa kamu harus tidur dimalam hari dan pukul berapa kamu harus bangun di keesokan paginya.


Bangun lebih pagi

Semasa liburan panjang kita akan sangat jarang melakukan kebiasaan  bangun pagi. Oleh karena itu, kebiasaan  tersebut harus segera kita ubah secara perlahan di jauh hari sebelum waktunya masuk sekolah. Buatlah pengingat waktu pada jam weker atau selular kamu 30 menit lebih awal dari waktu dimana kamu harus bangun setiap paginya.


Mempersiapkan Baju Seragam

Saat memasuki tahun ajaran baru tidak ada salahnya kamu menyiapkan baju seragam beberapa hari sebelum liburan berakhir, ini dimaksudkan agar kamu memiliki banyak waktu untuk memeriksa mana seragam yang masih bisa dipakai dan seragam yang sudah harus diganti.


Mempersiapkan Buku dan Alat Tulis

Selain seragam, kamu juga harus mempersiapkan buku dan alat tulis, diperiksa kelengkapannya, dan disusun rapi di satu tempat agar tidak tercecer dan mudah ditemukan pada saat Yupiers akan membawanya ke sekolah. Terutama untuk buku panduan pelajaran, sudah pasti kamu harus mempersiapkan yang baru dalam pergantian semester. Berbeda dengan buku tulis atau buku untk, kamu tidak harus menggantinya dengan yang baru, apabila masih layak dipakai atau baru terpakai beberapa lembar halaman saja.


Membaca Buku

Masa liburan biasanya kita akan lalai atau lupa membaca buku. Kita bahkan menjadi terbiasa tidak pernah memegang buku dan lebih memilih selular.  Sebaiknya tidak seperti ini. Sebelum masuk sekolah sebaiknya kamu mulai membiasakan diri kembali membaca buku-buku pelajaran yang sudah dipelajari di semester sebelumnya cukup 30 menit sampai 1 jam saja dalam sehari. Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak lupa akan ilmu yang sudah kamu dapat di semester sebelumnya. Atau kamu juga bisa membaca buku-buku menarik yang sesuai dengan minatmu, hanya sekedar agar terbiasa membaca sebelum masuk sekolah.

Nah bagi Yupiers yang melakukan kegiatan serba daring, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya sekolah online. Oleh karena itu, Yumin punya beberapa tips tambahan yang bisa Yupiers gunakan untuk persiapan sekolah online kamu loh! Apa saja sih? Simak yuk!


Ruang Belajar khusus

Karena sistem belajar online dilakukan dirumah, sebaiknya kamu membuat ruang belajar khusus agar bisa fokus dan bebas gangguan dari anggota keluarga saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. 


Fasilitas akses Internet

Karena segala informasi materi pelajaran dari guru melalui akses internet, maka dibutuhkan koneksi internet yang baik. Di era ini banyak pilihan akses internet dengan harga yang  relatif terjangkau sehingga dapat dimiliki semua kalangan masyarakat. Jadi kegiatan belajar mengajar melalui akses internet tidak akan terhambat.


Disiplin

Dalam proses kegiatan belajar online, kamu tidak diawasi oleh guru sepenuhnya. Kamu harus mendisiplinkan diri untuk tetap fokus dan serius  di dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Jangan sampai kamu mengerjakan tidak dengan sungguh-sungguh karena dirumah. Jadi sikap disiplin dalam proses belajar online juga harus kamu terapkan agar bisa mengerjakan tugas selesai tepat waktu, karena akan berpengaruh untuk prestasimu juga.


Nah Yupiers Itulah beberapa tips dari Yumin yang dapat kamu ikuti untuk persiapan Kembali ke sekolah setelah liburan.


Dan untuk mengetahui kegiatan dan keseruan peserta di event ajang pencarian bakat Yupi Got Talent 2022, pantengin terus infonya di www.yupiland.com/Ygt/camp

Yumin akan terus berbagi info mereka dengan para Yupiers .. Don’t miss it!

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya … dengan selalu makan permen Yupi yang Kenyalnya Bikin Hepi!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .