× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Beberapa Dimensi Self Care yang Perlu Diketahui, Yuk Simak!

Dear Yuppier,

Hari - hari kita yang penuh dengan aktifitas seringkali membuat kita merasa stres, kelelahan, dan kewalahan. Tanpa sadar kita pun mengabaikan hal – hal yang kita perlukan untuk menjaga diri sendiri atau self care. Self care tidak hanya berkaitan dengan kesehatan secara fisik tapi ada beberapa dimensi inti dari self care.

Dimensi Fisik – tubuh  

Self care yang berkaitan dengan fisik diperlukan untuk kelangsungan hidup. Kita perlu memiliki gaya hidup sehat yang mencakup makanan, minuman juga aktivitas olahraga. Kerapian juga turut membantu dimensi ini karena akan memberikan kebiasaan yang efektif. Dalam menjaga dimensi fisik kita perlu menikmati saat-saat untuk beristirahat dan untuk mengisi energi kembali.

Dimensi Emosional – hati 

Self care secara emosional berfungsi untuk mencintai, peduli, dan berhubungan dengan orang lain. Self care ini melibatkan bagaimana kita mengelola emosi sehingga mampu menetapkan batasan yang jelas pada waktu dan energi yang kita miliki. Batasan akan membantu kita membangun komunitas dan menghadirkan di sekeliling kita orang-orang yang positif dan inspiratif. Memberi dan menerima cinta, kebaikan, dan dukungan akan selalu mewarnai hari – hari kita. Oleh karena itu, habiskan waktu dengan orang-orang yang kita sayangi dan mereka yang peduli dengan kita.

Psikologis – pikiran 

Self care secara psikologis merupakan bagian dari diri untuk belajar, berpikir dan bertumbuh sehingga yang termasuk di dalamnya adalah pengembangan secara pribadi maupun profesional. Salah satu langkah awal adalah dengan meluangkan waktu untuk refleksi pribadi. Perhatikan dan kenali pengalaman batin, pikiran, dan perasaan kita. Dari sini kita mengembangkan kesadaran diri melalui hal-hal seperti membuat jurnal pribadi, sharing dan mendapatkan umpan balik dari orang lain. Meditasi, konseling atau konsultasi juga bisa memberikan kesempatan untuk kita bertumbuh, belajar, dan refleksi.

Spiritual – jiwa – untuk terhubung dengan esensi, tujuan, dan makna

Self care secara spiritual terhubung dengan esensi, tujuan dan makna hidup. Self care ini contohnya adalah dengan doa atau meditasi. Kita bisa berlatih dari bagaimana mengucap syukur, menikmati anugerah Tuhan dan menyadari betapa besar karya Tuhan di dalam diri kita. Ini adalah bagian dari proses mindfulness. 


Kira – kira dimensi mana yang lebih sering kita lakukan? Keseimbangan keempat dimensi ini akan membawa kita ke hidup yang bahagia dan bermakna ????


Dan seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! Di mana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .