× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Self Care is not Selfish

Dear Yupiers,

Selfcare bukanlah tindakan yang egois, mengapa?

  • Selfish berarti ada keinginan untuk mengambil dari orang lain, mengambil hak orang lain dan mementingkan diri sendiri yang seringkali justru dapat merugikan orang lain. 
  • Selfcare berarti mengisi kembali sumber daya kita dan memulihkan energi diri kita tanpa menghabiskan milik orang lain, tanpa mengganggu hak orang lain dan tanpa merugikan orang lain. 
  • Selfish berarti mencerminkan sikap ke “aku” an yang tinggi atau sikap ke”aku-utama”an sehingga akan lebih banyak berupaya memaksakan orang lain mengutamakan diri kita dan memaksakan seberapa banyak yang bisa kita miliki dan peroleh untuk diri sendiri
  • Selfcare lebih pada memprioritaskan diri sendiri tapi tidak memaksa orang lain mengutamakan diri kita. 
  • Selfish berarti menempatkan kebutuhan kita diatas orang lain
  • Selfcare berarti menempatkan kebutuhan kita, mengenali dan menanggapi kebutuhan kita sambil mempertimbangkan dampaknya pada orang lain.

Dengan melihat kedua hal yang terlihat sama namun berbeda, kita akan belajar bagaimana mengeksplorasi kebutuhan diri tanpa harus bergantung pada orang lain atau tanpa harus memaksa orang lain yang memenuhi kebutuhan kita. Kita akan belajar untuk mengatakan ya pada hal-hal yang penting dalam hidup kita dan penting bagi tujuan besar kita oleh karenanya waktu yang kita gunakan pun akan lebih efisien. produktif.

Bagaimana cara mengevaluasi apakah selfcare kita termasuk selfish atau tidak? Cara paling sederhana bisa dilakukan dengan mendengarkan suara hati kita. perasaan tidak nyaman, perasaan bersalah dan perasaan yang tidak enak seringkali menjadi indikator ketika apa yang kita lakukan bertentangan dengan hati nurani. Jika itu terjadi, periksalah jangan – jangan self care kita sudah masuk ke ranah yang tidak tepat.

Kepekaan kita atas suara hati akan menjadi fase penting dalam pengembangan diri. Mengabaikannya, berarti kita sedang mematikan kapasitas diri untuk peka dan mungkin saja justru memudahkan kita berlindung dari self care padahal sebenarnya selfish.

Yuk berlatih untuk peka bahkan untuk diri sendiri, bukan nanti atau besok tapi sekarang ???? 


Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! dimana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .