× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Simple tips to stop Overthinking ..

Yasinta Indrianti, Psikolog



Sumber : canva.com

Dear Yupiers,

Pernahkah kamu merasa overthinking? Karena situasi pandemi yang membatasi segala gerak langkah kita, tak jarang kita memikirkan banyak hal yang akhirnya membuat kita mager alias males gerak dan merasa demotivasi. 

Banyak orang berpikir bahwa overthinking adalah gangguan mental. Namun beberapa ahli menyatakan kalau overthinking ternyata bukanlah gangguan mental meskipun sering berkaitan dengan kondisi kesehatan mental seseorang misalnya depresi, gangguan kecemasan, dsb.

Apa yang menyebabkan overthinking?

Sumber overthinking adalah kekhawatiran dalam pikiran. Yang mendasari kekhawatiran biasanya adalah kecemasan, masalah yang bersumber dari harga diri, ragu atas kemampuan diri sehingga menimbulkan rasa tertekan dan stres. Semua itu adalah sebuah respon alami terhadap perasaan takut yang seringkali muncul oleh karena beberapa hal. 

Bagaimana cara mengatasinya?

Karena overthinking sumbernya di pemikiran, maka cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan mengelola pikiran kita. 

  • Kenali diri dengan mulai memperhatikan kapan kita mudah “terjebak” ke dalam overthinking. Pengenalan ini akan membantu kita meningkatkan kesadaran untuk bisa segera melakukan sesuatu terhadap pikiran kita.

  • Fokus pada akar masalah dan kira – kira apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Masalah akan bisa diselesaikan dengan tindakan bukan hanya sekedar memikirkannya.

  • Swift mindset. Ubah mindset bahwa masalah membuat kita down dan demotivasi. Jadikan masalah sebagai pemicu motivasi yang membuat kita tertantang untuk menyelesaikannya.

Overthinking akan berhenti ketika kita menyadari 

  • bahwa pikiran kita terbatas sehingga kita tidak bisa mengontrol segala sesuatu dengan pikiran kita.

  • bahwa hidup bukanlah tentang kekhawatiran saja. 

  • Ada banyak hal yang masih bisa kita lakukan tanpa harus menjadikan kekhawatiran sebagai "kebutuhan mendesak" yang harus selalu dipenuhi.

Yuk, kenali diri dengan lebih baik dan kontrol pikiran kita agar bisa terhindar dari situasi yang membuat kita terjebak dalam “overthinking”. Ingatlah, apapun mindset kita, body will follow ???? 

Yupiers, untuk mengetahui kegiatan dan keseruan peserta Grand Final Yupi’s Got Talent 2022 , pantengin terus infonya di www.yupiland.com/Ygt/camp

Yumin akan terus berbagi info mereka dengan para Yupiers .. Don’t miss it !

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .