× Back To Yupiland
Artikel YGT
Life Skills

Study Tips: Do’s and Don’ts

Yasinta Indrianti, Psikolog

 

Sumber : canva.com

Dear Yupiers,

Belajar adalah sebuah kata yang sangat akrab di telinga kita. Hampir setiap hari, aktifitas kita didominasi oleh belajar.

Tahukah kamu apa arti belajar?

Belajar merupakan sebuah kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk memperoleh pengetahuan. Aktifitas belajar bisa dilakukan dengan membaca, observasi, meneliti, mendengar atau menonton video pembelajaran.

Belajar tidak hanya dilakukan saat kita berada di sekolah. Namun belajar bisa dilakukan dimana saja, kapan saja bahkan tidak terbatas usia.

Belajar tidak hanya penting untuk pengembangan pendidikan, tetapi juga menjadi sarana dalam membangun keterampilan pribadi. Ketika kita memiliki keterampilan belajar yang baik maka kita pun dapat meningkatkan kepercayaan diri maupun kompetensi yang sangat penting bagi kehidupan kita.

Belajar menjadi salah satu penentu apakah kita akan berhasil menjadi orang yang sukses atau tidak. Belajar membuat kita lebih sadar tidak hanya tentang dunia tetapi juga tentang diri kita sendiri bahkan membantu kita mengetahui kekuatan kita. Dengan mengetahui kekuatan dan kelebihan kita, maka kita dapat dengan mudah mengambil jalan yang benar menuju karier yang sukses.

Kira – kira apa saja Do’s and Don’ts dalam belajar agar lebih maksimal

X – belajar sambil tiduran

√ -- belajar di tempat yang nyaman

Belajar memerlukan kenyamanan agar semua informasi yang masuk ke memori bisa tersimpan dengan baik. Belajar sambil tiduran selain membuat konsentrasi tidak maksimal juga membuat fisik menjadi terganggu. Badan terasa pegal dan jika dilakukan terus menerus akan mempengaruhi pertumbuhan tulang.

 

X – hanya sekedar membuat catatan tapi tidak pernah dibaca

√ -- membuat catatan, membaca ulang, melakukan review dan sesekali melakukan tes untuk mengevaluasi

Saat belajar kita melibatkan yang namanya Short Term Memory (Memori Jangka Pendek) dan Long Term Memory (Memori Jangka Panjang). Jika materi pembelajaran hanya dilakukan dengan mencatat, maka informasi akan tersimpan di Short Term Memory. Akibatnya kita akan mudah melupakan informasi yang kita pelajari.

Sedangkan jika kita melakukan beberapa metode belajar seperti mencatat, membaca, mereview dan mengevaluasi maka materi pembelajaran akan semakin banyak yang masuk ke Long Term Memory. Ini akan membantu kita mengingat lebih lama dan tentu saja hasilnya akan lebih maksimal.

 

X – procrastination / suka menunda nunda belajar

√ -- menyusun dan mengatur jadwal

Procrastination hanyalah kesenangan sesaat, karena pada dasarnya setiap tugas tetap harus diselesaikan. Menunda belajar dan menunda mengerjakan tugas pada hanya akan menambah masalah karena semua yang harus diselesaikan jadi menumpuk. Dengan menyusun dan mengatur jadwal, maka proses belajar akan lebih nyaman dan hasilnya juga akan lebih optimal. Bahkan jika tugas selesai dengan lebih cepat, kita pun akan lebih nyaman menikmati waktu luang kita.

 

X – belajar secara SKS (Sistem Kebut Semalam)

√ -- tidur yang cukup

Banyak siswa yang melakukan procrastination pada akhirnya akan belajar menjelang ujian. Dengan materi yang banyak dan dengan waktu yang singkat. Tentu saja ini adalah cara belajar yang tidak sehat karena pada akhirnya kita akan kelelahan, stres dan kurang tidur. Dengan mengatur waktu belajar, maka kita akan memiliki waktu tidur yang cukup dan bisa mengerjakan ujian dengan baik.

 

Nah, selama ini kalian yang mana? Yuk perbaiki cara belajar kita agar kita bisa mencapai mimpi kita dengan sejahtera… ????

 

Yupiers, ikuti terus info-info terbaru mengenai Yupi’s Got Talent 2022, siapa tahu jagoan kalian masuk ke tahap selanjutnya di www.yupiland.com

 

 

 

 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .