× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Tips Agar Betah Membaca, Menyenangkan dan Bisa Jadi Hobi Baru!

Siapa bilang baca buku membosankan? Nyatanya, kamu bisa lho, menyiasati agar membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan, malahan bisa jadi hobi. 


Kebosanan saat membaca sebenarnya bisa kamu atasi jika memiliki tekad yang kuat dan mampu membiasakan diri.

Nah, agar membaca bisa menjadi suatu kebiasaan dan kegiatan yang menyenangkan, coba deh ikuti tips-tips kece yang telah Yumin rangkum berikut ini!


  • Bacalah Buku Kesukaan

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah mulai dari membaca buku yang disukai. Entah itu dari segi genre, jenis, topik, atau hal lainnya yang membuat kamu tertarik untuk membaca.


Lalu, bagaimana cara menemukan buku kesukaan? Kamu bisa memulainya dari hobi, misalnya. Bila kamu suka memasak, cobalah untuk membaca buku tentang memasak. Pilihan lainnya, jika suka menonton anime, maka bisa membaca komik. 


  • Pilihlah Tempat Senyaman Mungkin

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari tempat ternyaman ketika hendak membaca buku. Dengan suasana yang menyenangkan ini, bisa membantumu mengatasi kebosanan dan meningkatkan konsentrasi saat membaca. 


Nggak harus di rumah, kok. Kamu juga bisa mencoba suasana baru seperti membaca di taman atau perpustakaan umum.


  • Baca Sambil Ngemil

Siapa yang kalau nonton film belum lengkap tanpa cemilan popcorn? Percaya deh, orang yang membaca buku juga ada yang merasa begitu kok. Seperti menonton film, tubuhmu nggak akan banyak bergerak ketika membaca. 


Pastinya kalau kelamaan, bakal bikin kamu bosan dan kantuk. Apalagi, kalau bukunya nggak cukup menghibur. Disinilah cemilan bisa membuatmu tetap terhibur dan membuat kegiatan baca menjadi lebih menyenangkan.


  • Jangan takut DNF

Kalau kamu seorang bookworm, pasti tahu apa maksud istilah ini. DNF atau Do Not Finish merupakan istilah untuk buku-buku yang tidak selesai dibaca. Jika kamu mengalami hal tersebut, ya tidak masalah.


Kamu bisa beralih membaca buku lainnya. Sebab, bila memaksakan diri untuk terus membaca buku tersebut, pasti akan terasa semakin tertekan dan membosankan.


  • Dengarkan Audiobook

Ada lho, orang yang keburu nggak minat baca karena melihat deretan tulisan dan paragraf yang konon bikin membaca itu sebagai kegiatan yang boring. Nah, jangan keburu kehilangan minat baca gara-gara ini, ya!


Alih-alih membaca buku fisik, kamu bisa coba dengarkan audiobook. Meskipun metodenya sedikit berbeda, namun setidaknya dengan mendengarkan orang lain ‘membaca’ siapa tahu bisa membangkitkan kembali minat membaca-mu. 


Ingat! Membaca buku adalah kegiatan yang memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat menambah pengetahuan, memperhalus perasaan, dan mempertajam daya ingat.


Kalau nggak suka baca buku, bakal banyak sekali pelajaran berharga yang Yupiers lewatkan! 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .