cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak, Yuk Simak!

Rasa percaya diri sangat penting bagi semua orang termasuk anak-anak. Sebagai orang tua yang baik, sangat penting bagi Yupiers untuk mengetahui beberapa cara meningkatkan rasa kepercayaan diri pada anak-anak.

Secara umum, rasa percaya diri adalah suatu perasaan atau keyakinan atas kemampuan dalam diri sendiri sehingga ketika melakukan sesuatu tidak terlalu sering merasa cemas atau merasa bebas untuk melakukan berbagai hal sesuai dengan keinginan, namun tentunya tetap memiliki tanggung jawab atas apa yang dilakukan.

Rasa percaya diri ini sangat penting pada diri anak-anak, hal tersebut karena dengan membangun rasa percaya diri, akan mendorong mereka menjadi lebih aktif, berani mengambil keputusan, mandiri dan tidak banyak tergantung kepada orang lain.

Karena rasa percaya diri ini sangat penting, kali ini Yupi akan membagikan tips atau beberapa cara meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak dan juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan hal tersebut, simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Cara Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak

Bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri pada anak? Berikut ini adalah 10 tips yang bisa Yupiers ajarkan sejak dini, antara lain : 

1. Ajarkan Sikap Berdiri dan Duduk yang Baik

Cara meningkat kepercayaan diri pada anak-anak yang pertama adalah dengan mengajarkan sikap untuk berdiri dan duduk yang baik. Sikap berdiri dan duduk yang baik tersebut adalah dengan tegap dan tidak membungkuk.

Dengan berdiri dan duduk secara tegak, akan memberikan sinyal positif ke otak dan meningkatkan rasa percaya diri pada mereka. Ajari anak-anak untuk berdiri dan duduk dengan tegap, tidak membungkuk dan tersenyum.

Baca Juga : 9 Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar Sejak Dini

2. Berpikir Positif

Cara membangun rasa percaya diri pada anak-anak yang kedua adalah dengan mengajarkan untuk berpikir positif. Berpikir positif akan meningkat rasa percaya diri dan semangat mereka karena mereka melihat hal-hal yang baik pada diri mereka.

Yupiers dapat mengajarkan anak-anak untuk terbiasa berkata kepada diri mereka sendiri bahwa mereka pasti bisa melakukan apa yang ingin mereka lakukan.

3. Mengenali Kekurangan dan Kelebihan

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Hal tersebut sangat penting untuk Yupiers ajarkan pada anak-anak sejak dini. Mengenali kekurangan dan kelebihan anak, termasuk salah satu kewajiban sebagai orang tua yang baik dan harus Yupiers lakukan.

Setelah Yupiers mengetahui apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan mereka, maka fokuslah pada apa yang menjadi kelebihan pada diri anak-anak. Kembangkanlah apa yang menjadi kelebihan mereka sehingga kepercayaan diri mereka meningkat.

Selain itu juga, kelebihan yang ada pada diri anak-anak dapat Yupiers manfaatkan untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka, lalu karena kelebihan ini hanya ada pada diri mereka, hal tersebut akan menjadi bakat mereka. Sangat penting bagi Yupiers untuk mengetahui dan memaksimalkan minat dan bakat anak.

Sementara untuk kekurangan mereka, cobalah untuk mengajarkan dan berikan pengertian bahwa kekurang tersebut bukanlah suatu hal buruk, jauh lebih penting bagi mereka untuk mengerti bahwa mereka memiliki kelebihan yang berbeda dengan anak-anak lainnya.

4. Fokus pada Proses

Cara agar anak selalu percaya diri dan berani memang prosesnya tidaklah mudah dan singkat, butuh waktu untuk hal tersebut. Karena hal tersebut, sangat penting bagi Yupiers untuk fokus pada proses untuk meningkatkan rasa percaya diri anak-anak.

Hargai dan berikanlah pujian untuk setiap langkah kecil dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri pada anak-anak. Ajarkan kepada anak-anak dan tanamkan dalam pemikiran Yupiers, bahwa setiap langkah kecil jika dilakukan atau dicoba terus akan menghasilkan hasil yang baik.

5. Lakukan Hal yang Disukai

Menurut psikologi melakukan hal yang disukai termasuk cara meningkatkan percaya diri pada anak yang cukup efektif.  Selain bisa meningkatkan kepercayaan diri, ada beberapa hal positif dengan melakukan hal yang disukai.

Hal positif tersebut adalah seperti dapat meningkatkan rasa bahagia, dapat menguasai hal atau keterampilan baru dengan mencoba hal-hal baru, dan bahkan dapat membangun pola pikir yang positif.

6. Jangan Membandingkan Diri Sendiri

Cara meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar yaitu jangan membandingkan anak dengan anak yang lainnya. Teruslah memberikan motivasi belajar pada anak.

Hal ini karena merupakan penyebab yang paling umum hilangnya rasa percaya diri pada diri anak-anak, yaitu karena dirinya merasa tidak lebih baik dari orang lain atau bisa juga dikatakan karena membandingkan diri mereka dengan orang lain.

Sebagai orang tua yang baik, Yupiers juga jangan pernah membandingkan anak-anak dengan anak lainnya dalam berbagai macam hal seperti penampilan, prestasi, dan hal-hal lainnya. 

7. Cari Lingkungan yang Positif

Bagaimana cara menghilangkan rasa tidak percaya diri? Lingkungan sekitar merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi kepercayaan diri pada seseorang termasuk anak-anak. Karena itu sangat penting bagi mereka untuk mempunyai lingkungan yang positif. 

Untuk mendapatkan lingkungan yang positif, sangat penting bagi Yupiers untuk memperhatikan bagaimana teman-teman anak tersebut dan ajarkanlah anak-anak bagaimana cara mendapatkan teman yang baik untuk mereka. 

8. Memiliki Pola Hidup yang Sehat

Perlu Yupiers ketahui bahwa memiliki pola hidup yang sehat secara tidak langsung akan membentuk pola pikir yang sehat dan positif serta pada akhirnya akan bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri pada seseorang termasuk anak-anak.

Karena hal tersebut, mulailah untuk memberikan dan mengajarkan anak-anak tentang pola hidup yang sehat misalnya dengan memberikan makanan yang bergizi, seperti beberapa produk Yupi yaitu Yupi Strawberry Kiss, Yupi Bolicious Mandarin, dan masih banyak lagi. 

9. Mau Menerima Saran dan Kritik

Salah satu ciri orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi adalah mau menerima saran dan kritik. Perlu Yupiers ketahui, bahwa orang yang tidak memiliki rasa percaya diri cenderung bersifat defensif dan tidak mau menerima saran serta kritik.

Ajarkanlah kepada anak-anak bahwa saran dan kritik bukan berarti mereka memiliki kekurangan yang tidak dapat diperbaiki, namun hal tersebut dapat menjadi hal yang dapat mereka gunakan untuk mengembangkan diri mereka.

10. Memperluas Wawasan

Cara meningkatkan kepercayaan diri di depan umum salah satunya dengan mempunyai wawasan yang luas. Anak yang memiliki wawasan luas cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Karena hal tersebut, memperluas wawasan juga termasuk cara meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak yang efektif. 

Memperluas wawasan akan memberikan banyak manfaat positif lainnya seperti salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan diri saat anak-anak tampil di depan umum.

Memperluas wawasan tentunya tidaklah mudah dan singkat. Terlebih dengan berubahnya pola belajar setelah pandemi Covid-19, sangat penting bagi Yupiers untuk meningkatkan motivasi belajar online pada anak.

Bimbinglah anak-anak dalam setiap masa pertumbuhan mereka hingga mereka mempunyai wawasan yang luas dan memiliki rasa percaya terhadap diri mereka sendiri.

Faktor-Faktor yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Setelah mengetahui beberapa cara meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri pada mereka. 

Beberapa faktor tersebut terbagi menjadi faktor internal dan eksternal, berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1. Faktor Internal

Beberapa faktor internal yang dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak adalah sebagai berikut:

  • Lingkungan keluarga.
  • Pengalaman.
  • Keberhasilan.
  • Kondisi fisik.

2. Faktor Eksternal

Berikut ini adalah beberapa faktor eksternal dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak.

  • Interaksi sosial.
  • Pendidikan.
  • Lingkungan sekolah.
  • Teman sebaya.

Baca Juga : Ciri-Ciri Anak Sehat dan Tidak Sehat Secara Fisik & Psikis

Ciri-Ciri dan Contoh Sikap Anak yang Percaya Diri

Informasi terakhir dari Yupi tentang rasa kepercayaan diri pada anak-anak kali ini adalah beberapa ciri-ciri dan contoh sikap anak yang memiliki rasa kepercayaan diri yang baik. Penasaran apa saja contoh sikap percaya diri? Berikut ini adalah beberapa ciri dan contohnya :

  1. Mampu memotivasi diri sendiri.
  2. Optimis.
  3. Berani mencoba.
  4. Bisa membuat keputusan sendiri.
  5. Bertanggung jawab tinggi.
  6. Berani mengambil resiko.
  7. Memiliki tujuan.
  8. Mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial.
  9. Tegar dan tidak menyerah ketika gagal.
  10. Senang membantu orang lain.

Itulah informasi lengkap mengenai kepercayaan diri pada anak-anak, mulai dari cara meningkatkan kepercayaan diri mereka, faktor yang dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri, dan ciri-ciri anak yang percaya diri. Semoga dengan informasi lengkap dari Yupi tersebut dapat membantu Yupiers meningkatkan tumbuh kembang anak dengan maksimal.