cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Apa Saja Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak? Yuk Ketahui!

Secara umum tanggung jawab dan kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang. Sebagai orang tua yang baik, tentunya ada beberapa tanggung jawab dan kewajiban orang tua terhadap anak yang perlu Yupiers ketahui.

Arti tanggung jawab dan kewajiban seringkali disandingkan dengan hak. Sementara hak itu sendiri adalah segala sesuatu yang seseorang dapatkan setelah melakukan atau menyelesaikan kewajiban mereka. 

Kali ini Yupi akan membahas informasi yang sangat penting bagi Yupiers sebagai orang tua, yaitu tentang apa saja hak dan kewajiban orang tua terhadap anak? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Inilah Tanggung Jawab dan Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak

Apa kewajiban orang tua terhadap anak? Berikut ini adalah beberapa hal tersebut :

1. Memberikan Nama yang Baik

Kewajiban orang tua terhadap anak yang pertama adalah memberikan nama yang baik. Memberikan nama yang baik merupakan hal pertama yang dilakukan ketika Yupiers menjadi orang tua.

Nama akan menjadi identitas seorang anak dan akan melekat kepadanya hingga seumur hidup mereka. Berikanlah nama yang memiliki arti yang baik kepada anak-anak dan bisa jangan sampai nama tersebut membebani mereka. 

Baca Juga : Pentingnya Tanggung Jawab Anak di Rumah dan Cara Melatihnya

2. Memberikan Kebutuhan Dasar

Kewajiban orang tua terhadap anak yang kedua ini adalah menurut undang-undang yaitu memberikan kebutuhan dasar yaitu sandang, pangan dan papan. Dari 3 kewajiban orang tua terhadap anak tersebut tidaklah harus mewah dan mahal, bisa dengan cukup sederhana namun tetap terpenuhi fungsi utamanya.

Sandang adalah kebutuhan seseorang dalam mendapatkan pakaian yang layak untuk mereka gunakan sehari-hari.

Pangan adalah kebutuhan seseorang dalam mendapatkan makanan yang layak. Dan papan adalah kebutuhan seseorang untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

3. Memberikan Pendidikan

Salah satu upaya untuk menjaga nama baik orang tua adalah dengan memberikan pendidikan bagi anak-anaknya. Kewajiban orang tua terhadap anak menurut ini sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak yang menjelaskan orang tua wajib memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak-anak untuk memperoleh pendidikan.

Ada banyak sekali cara memberikan pendidikan kepada anak-anak dan tidak harus selalu mahal. Yupiers bisa mendidik anak sejak dini dengan memberikan pendidikan yang terbaik untuk mereka. Jenis pendidikan yang diberikan juga cukup banyak mulai dari pendidikan umum sampai dengan pendidikan agama dan masih banyak lagi.

4. Memberikan Teladan yang Baik

Tanggung jawab dan kewajiban orang tua terhadap anak yang berikutnya adalah memberikan teladan yang baik.

Anak-anak pada usia tertentu sangat suka memperhatikan dan menirukan sesuatu, karena hal tersebut sangat penting bagi Yupiers memberikan contoh yang baik kepada mereka.

Yupiers dapat memberikan beberapa contoh hal baik kepada mereka seperti kemandirian, kedisiplinan, sopan santun dan masih banyak lagi hal baik yang bisa Yupiers contohkan kepada mereka.

Lantas, sebenarnya tanggung jawab orang tua terhadap anak sampai umur berapa sih? Pada umumnya, di Indonesia akan memenuhi segala kewajiban sebagai orang tua hingga anaknya sudah menikah. Setelah dewasa, mereka akan memilih jalannya sendiri-sendiri.

5. Memberikan Kasih Sayang

Tanggung jawab dan kewajiban orang tua terhadap anak yang terakhir tentunya adalah dengan cara memberikan kasih sayang yang tulus kepada mereka. Ada berbagai cara yang bisa Yupiers tunjukan untuk hal yang satu ini.

Beberapa cara menunjukan bahwa Yupiers memberikan kasih sayang kepada anak-anak adalah seperti memberikan ASI, mendengarkan anak-anak ketika berkomunikasi, mendampingi anak-anak dalam melakukan sesuatu, bersikap adil, tidak memarahi anak-anak, melindungi mereka, dan masih banyak lagi cara yang lainnya. 

Apa Saja Hak Orang Tua Terhadap Anak?

Setelah berbicara tentang tanggung jawab dan kewajiban orang tua terhadap anak, tentunya orang tua juga bisa mendapatkan beberapa hak yang seharusnya mereka dapatkan dari anak-anak mereka. Berikut ini adalah beberapa hak orang tua terhadap anak tersebut.

  • Hak untuk dihormati dan ditaati.
  • Hak untuk didengarkan.
  • Hak untuk mendapatkan perlakuan yang hormat.
  • Hak untuk mendapatkan nafkah saat anak-anak sudah mampu.
  • Hak untuk mendapatkan perlakukan baik.
  • Hak untuk memberikan izin kepada anak-anak.
  • Hak untuk dilayani saat sudah tua.
  • Hak untuk dimuliakan dan mendapatkan kasih sayang.

Pentingnya Peran Ibu dan Ayah Terhadap Anak

Informasi terakhir adalah tentang betapa pentingnya peran ibu dan ayah terhadap anak-anak dalam keluarga. Baik sebagai ibu atau ayah, masing-masing memiliki perannya tersendiri bagi anak-anak. Berikut ini adalah beberapa peran ibu dan ayah tersebut.

Peran Ibu Dalam Keluarga

Dibawah ini beberapa peran Ibu dalam keluarga, antara lain :

1. Mengelola Keuangan

Sering kali dalam sebuah keluarga keuangan dikelola oleh sosok perempuan atau ibu. Hal tersebut karena biasanya seorang ibu lebih mengetahui secara detail apa saja yang menjadi kebutuhan bagi keluarganya mulai dari kebutuhan pokok, tagihan, rencana berlibur, tabungan dan masih banyak lagi.

2. Menjadi Guru bagi Anak-anak

Peran ibu terhadap anak yang kedua adalah menjadi guru bagi anak-anaknya terutama jika sang ibu adalah ibu rumah tangga yang aktif dan selalu siaga mendampingi anak-anak mereka di rumah. Seorang ibu harus bisa menjadi seorang guru yang tepat dan dapat mendidik anak-anak mereka.

3. Mengurus Rumah Tangga.

Peran yang satu ini tentunya adalah peran utama dari seorang ibu dalam keluarga dan terhadap anak-anak mereka, yaitu mengurus rumah tangga. Peran ini sangatlah berat dan akan dijalankan seorang ibu dalam keluarga disepanjang hidup mereka.

4. Membentuk Mental dan Emosional Anak

Peran yang selanjutnya adalah membentuk mental dan emosional anak karena ibu adalah orang pertama yang membuat ikatan emosional dengan anak-anaknya. Ikatan tersebut akan terus berlangsung selama bertahun-tahun hingga membentuk perilaku sosial dan emosional anak-anak ketika mereka sudah dewasa.

5. Menjadi Koki

Meskipun kini sudah banyak pria yang bekerja sebagai koki, namun pada umumnya dalam sebuah keluarga tetaplah ibu yang menjadi koki. Ibu sering kali akan menghidangkan makanan yang enak dan menyehatkan untuk keluarganya setiap hari.

Menjadi koki juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Caranya adalah dengan bermain peran sebagai koki dengan menggunakan beberapa produk Yupi seperti Yupi Gummy Lunch, Yupi Burger, dan masih banyak lagi produk Yupi lainnya.

Peran Ayah Dalam Keluarga

Berikut ini beberapa peran penting seorang Ayah di dalam keluarga :

1. Memberikan Nafkah

Peran ayah dalam keluarga yang paling utama dalam keluarga adalah memberikan nafkah. Meskipun saat ini telah banyak sosok ibu yang bekerja dan memberikan nafkah, namun tetaplah memberikan nafkah merupakan kewajiban seorang ayah. Nafkah yang diberikan akan mencukupi berbagai kebutuhan dalam keluarga.

2. Mengambil Keputusan

Meskipun dalam sebuah rumah tangga atau keluarga keputusan seringkali diambil secara bersama-sama, namun keputusan terbesar tetaplah harus ditentukan oleh seorang ayah. Seorang ayah memiliki peran untuk membuat keputusan yang dapat mempengaruhi keluarganya.

3. Membuat Anggota Keluarga Menjadi Disiplin

Peran ayah yang berikutnya adalah membuat anggota keluarga menjadi disiplin atau mendisiplinkan anggota keluarga. Mendisiplinkan anak-anak sangat penting untuk dilakukan oleh seorang ayah agar anak-anak memiliki rasa tanggung jawab bagi masa depan mereka.

4. Menjadi Contoh Anak Bagi Anak Laki-Laki.

Seorang ayah juga memiliki peran untuk menjadi contoh bagi anak laki-lakinya. Seorang anak laki-laki biasanya akan menjadikan ayah mereka sebagai contoh, model atau panutan mereka dalam berbagai macam hal.

5. Meningkatkan Kecerdasan Anak-anak

Peran ayah dalam keluarga ternyata juga adalah meningkatkan kecerdasan anak-anak. Kecerdasan yang dimaksud adalah kecerdasan emosional dan kemampuan kognitif anak-anak. Seorang ayah secara tidak langsung memiliki pernah untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak untuk terus melangkah maju.

6. Melindungi Keluarga

Salah satu peran utama ayah dalam keluarga adalah melindungi keluarganya. Perlindungan yang dimaksud adalah perlindungan terhadap keluarganya dari ancaman fisik, sosial-ekonomi atau bahaya lainnya.

Itulah beberapa informasi tentang tanggung jawab, kewajiban orang tua terhadap anak, hak orang tua terhadap anak dan beberapa peran ibu serta ayah dalam keluarga. Semoga informasi dari Yupi tersebut bisa bermanfaat untuk Yupiers ya.