cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Secara Online Pada Anak

Semenjak munculnya wabah virus Covid-19, banyak hal berubah termasuk cara belajar anak yang kini juga beralih menjadi melalui media online. Belajar melalui media online, memiliki tantangannya tersendiri dan tidak sedikit juga anak-anak yang membutuhkan dorongan motivasi belajar secara online.

Arti kata motivasi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah dorongan yang muncul pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan dengan maksud dan tujuan tertentu. 

Sementara menurut ilmu psikologi, motivasi adalah suatu usaha yang menyebabkan seseorang atau sekelompok orang bergerak untuk melakukan sesuatu karena ada tujuan ingin dicapai atau mendapatkan kepuasan atas tindakannya.

Banyak ahli juga membagi motivasi menjadi beberapa jenis seperti diantaranya adalah Chaplin yang membagi motivasi menjadi dua jenis, yaitu physiological drive atau dorongan yang bersifat fisik seperti lapar atau harus, dan social motives atau dorongan yang berhubungan dengan orang lain.

Lantas, bagaimana cara memotivasi siswa dalam pembelajaran daring? langsung saja simak beberapa tipsnya dibawah ini!

Tips Memberikan Motivasi Belajar Online pada Anak

Dalam melakukan pembelajaran secara online, anak-anak juga membutuhkan motivasi agar bisa tetap semangat dalam belajar. Berikut ini adalah beberapa tips memberikan motivasi belajar online pada anak.

1. Menggunakan Berbagai Metode yang Beragam

Sama seperti metode pembelajaran tatap muka sebelum adanya wabah virus Covid-19, untuk membangkitkan motivasi belajar pada anak-anak, pembelajaran yang diberikan juga harus menggunakan berbagai metode yang beragam.

Salah satunya adalah dengan melakukan pembelajaran dua arah, dimana anak-anak juga tidak hanya mendengarkan, tetapi juga lebih aktif dilibatkan dalam suatu pembelajaran seperti bertanya, berdiskusi, dan bangun komunikasi.

Selain itu bisa juga menggunakan media visual yang lebih menarik seperti animasi film kartun yang mendidik dan disukai anak-anak.

2. Menggunakan Gaya Belajar yang Tepat

Apa yang menjadi motivasi dalam belajar anak? Selain metode pembelajaran, gaya belajar juga dapat mempengaruhi motivasi belajar online pada anak-anak.

Dengan mengetahui gaya belajar yang tepat pada anak-anak, maka bukan tidak mungkin anak menjadi pintar dan jenius seperti harapan Yupiers. Ada berbagai gaya belajar yang bisa Yupiers bisa coba pada anak-anak seperti melalui visual, auditori, dan masih banyak lagi.

Menemukan gaya belajar yang tepat juga akan bermanfaat agar Yupiers bisa memaksimalkan penggunaan media belajar bagi anak-anak. Cari dan diskusikanlah dengan anak-anak mana yang paling nyaman dan tepat bagi mereka.

3. Membuat Agenda Belajar

Sebenarnya cara meningkatkan motivasi belajar anak kita di masa pandemi saat ini sangat mudah caranya. Selain menggunakan gaya belajar yang tepat, Yupiers juga perlu mendiskusikan untuk membuat agenda belajar yang tepat bersama anak-anak.

Melalui agenda belajar yang tepat, proses belajar anak-anak juga akan semakin teratur  dan akan bisa memberikan hasil yang maksimal. Hal tersebut karena melalui agenda belajar tersebut, anak-anak menjadi tahu kapan waktunya belajar dan batasan waktu sampai kapan mereka harus belajar sehingga mereka bisa menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi dalam belajar.

4. Menjelaskan Tujuan Belajar

Tips untuk meningkatkan motivasi belajar secara online anak-anak yang berikutnya adalah menjelaskan tujuan hal yang dipelajari oleh anak-anak. Rangkailah kata kata motivasi untuk anak yang sedang menjalani belajar online. Dengan melakukan hal tersebut, maka anak-anak lebih memahami apa yang mereka pelajari.

Agar proses belajar lebih menarik, Yupiers dapat mengaitkan tujuan pembelajaran suatu hal dengan kondisi atau keadaan nyata sehingga anak-anak menjadi lebih tertarik untuk belajar.

5. Buat Suasana yang Menyenangkan

Meskipun pembelajaran dilakukan secara online, namun agar anak-anak tetap memiliki motivasi belajar online saat pandemi, suasana proses belajar juga haruslah menyenangkan. Membuat suasana yang menyenangkan juga bermanfaat agar anak-anak bisa tetap berkonsentrasi dalam pelajaran mereka. 

Ada banyak sekali cara membuat suasana yang menyenangkan, salah satunya adalah seperti dengan menyelipkan kisah nyata atau humor pada sela-sela proses belajar. 

Selain humor, Yupiers juga bisa menggunakan produk permen Yupi seperti Yupi School Of Fish, Yupi Milly Moos, dan masih banyak lagi produk permen Yupi yang lainnya.

6. Memaksimalkan Fasilitas

Salah satu tantangan dalam proses belajar online adalah bagaimana Yupiers dapat memaksimalkan fasilitas seperti koneksi internet, WiFi sampai perangkat komputer atau laptop bagi anak-anak.

Jika fasilitas belajar online ini tidak maksimal, maka bisa saja informasi atau pengetahuan yang anak-anak terima menjadi tidak maksimal, dan bahkan pada akhirnya bisa saja menurunkan motivasi belajar pada mereka.

7. Melakukan Evaluasi

Tips meningkatkan motivasi belajar online karena covid pada anak-anak yang selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Sama seperti proses belajar lainnya, proses melakukan evaluasi juga perlu untuk dilakukan saat melakukan pembelajaran secara online. 

Melalui evaluasi, Yupiers dapat mengetahui bagaimana hasil belajar anak-anak. Melalui evaluasi juga sebaiknya Yupiers tetap mendukung anak-anak dan jangan memaksakan anak-anak untuk pintar pada suatu pembelajaran.

8. Berikan Apresiasi

Inilah tips meningkatkan motivasi belajar online pada anak-anak yang terakhir dari Yupi, yaitu memberikan apresiasi.

Setiap orang pastinya akan semakin merasa semangat dan termotivasi jika apa yang mereka lakukan diberikan apresiasi dan hal ini juga berlaku pada anak-anak. Janganlah ragu untuk memberikan apresiasi atas apa yang telah dicapai anak-anak. Hal ini juga merupakan salah satu cara guru meningkatkan motivasi belajar yang sering mereka lakukan kepada siswanya.

Bentuk apresiasi yang bisa Yupiers berikan juga bisa beragam bentuknya, seperti pujian, dukungan, rasa bangga, bahkan sampai hadiah.

Baca Juga : 10 Cara Efektif Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Anak
cara mengembangakn motivasi belajar online kepada anak

Setelah mengetahui beberapa tips untuk meningkatkan motivasi belajar online pada anak-anak, ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada anak-anak yang perlu Yupiers ketahui. 

Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak tersebut terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.  Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Faktor Internal - Kondisi Fisik

Faktor internal terdiri dari faktor fisik yang berarti kondisi fisik anak tersebut, dimana pastinya kondisi fisik yang sehat akan dapat membuat anak-anak tetap semangat dalam proses belajar mereka.

2. Faktor Internal - Kondisi Psikologis

Selain faktor fisik, ada juga faktor psikologis. Faktor psikologis yang dapat mempengaruhi motivasi belajar pada anak-anak adalah seperti rasa ingin tahu mereka, rasa ingin mendapatkan simpati atau pujian atas hasil kerjanya, atau bisa juga faktor anak-anak yang tidak menyukai suatu pelajaran yang dapat menurunkan motivasi mereka.

3. Faktor Eksternal - Faktor Sosial

Sementara dari faktor eksternal adalah faktor sosial dan non sosial. Faktor sosial adalah tentang bagaimana lingkungan orang-orang disekitar anak tersebut seperti orang tua, guru dan temannya memberikan dukungan atau bersikap kepada anak tersebut.

4. Faktor Eksternal - Faktor Non Sosial

Yang terakhir adalah faktor non sosial. Faktor non sosial adalah tentang kondisi lingkungan anak tersebut belajar seperti kondisi rumah atau sekolah apakah cukup nyaman dan suasananya cukup mendukung atau tidak.

Baca Juga : Ide Hadiah untuk Anak yang Berprestasi di Sekolah

Pentingnya Membangkitkan Motivasi Belajar Online Untuk Anak

Membangkitkan motivasi belajar kepada anak sangat penting karena motivasi belajar bisa dapat mempengaruhi kemauan atau keinginan anak-anak dalam mempelajari berbagai hal yang akan sangat dibutuhkan masa depannya.

Ada beberapa peran penting lainnya yang wajib Yupiers ketahui dengan membangkitkan motivasi belajar anak, antara lain :

  • Berperan sebagai motor penggerak atau pendorong kegiatan pembelajaran
  • Dapat memperjelaskan tujuan pembelajaran.
  • Peran motivasi yaitu dapat melahirkan prestasi.

Itulah beberapa informasi tentang cara meningkatkan motivasi belajar secara online pada anak-anak.  Semoga informasi dari Yupi kali ini bisa bermanfaat bagi Yupiers, ya!