menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

11 Alat Musik Melodis dan Cara Memainkannya, Anak Pasti Suka!

Musik adalah salah satu hal yang banyak disukai oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dari berbagai macam jenis alat musik, apakah Yupiers sudah mengetahui alat musik melodis?

Sebelum mengetahui lebih banyak tentang alat musik melodis, Yupiers juga perlu mengetahui beberapa manfaat memperkenalkan alat musik kepada anak-anak sejak dini. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Melatih kedisiplinan.
  2. Meningkatkan kemampuan berbahasa.
  3. Meningkatkan koordinasi antara anggota tubuh.
  4. Meningkatkan indra pendengaran.
  5. Meningkatkan kemampuan kognitif.
  6. Sebagai sarana mengekspresikan diri.
  7. Meningkatkan konsentrasi.

Dengan adanya banyak sekali manfaat memperkenalkan alat musik kepada anak sejak dini, kali ini Yumin akan memperkenalkan banyak hal tentang alat musik melodis yang mudah untuk dimainkan oleh anak-anak. Simak selengkapnya ya.

Apa yang Dimaksud Dengan Alat Musik Melodis? Yuk Kenali Disini!

Pertama-tama, kita akan membahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan alat musik melodis. Alat musik melodis merupakan salah satu jenis alat musik yang mampu menghasilkan nada dan melodi yang tidak dapat dihasilkan oleh alat musik ritmis.

Alat musik melodis biasanya memiliki komponen yang kompleks, di mana terdapat tombol atau bagian yang harus dipahami fungsinya. Karena hal tersebut, agar dapat bermain alat musik melodis dengan baik, diperlukan waktu latihan yang lebih banyak dibandingkan berlatih dengan alat musik ritmis.

Beberapa hal lainnya juga adalah kemampuan dalam mengatur nada yang lebih baik dan dapat menghasilkan nada dengan jangkauan yang luas.

Apa Fungsi Alat Musik Melodis

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan alat musik melodis, berikut ini adalah beberapa fungsi dari alat musik melodis:

  1. Sebagai pengiring lagu.
  2. Sebagai alat musik tunggal.
  3. Sebagai pengiring seni tari.
  4. Sebagai media terapi.
  5. Sebagai media pembelajaran bagi anak-anak.

11 Contoh Alat Musik Melodis dan Cara Memainkannya

Berikut ini adalah beberapa contoh alat musik melodis dan bagaimana cara memainkan alat musik tersebut

1. Piano
alat musik melodis piano

Alat musik melodis pertama yang akan Yumin bahas adalah piano. Piano dimainkan dengan cara menekan tuts-tuts yang berada di piano, dan alat musik ini termasuk salah satu alat musik yang harganya cenderung mahal sehingga tidak semua orang dapat memiliki alat musik ini. 

Setiap tuts tersebut tersambung dengan palu yang ada di dalam piano dan ketika Yupiers menekan piano maka palu tersebut akan menekan senar di dalam piano sehingga menghasilkan bunyi. Setiap senar di dalam piano ini juga memiliki panjang yang berbeda-beda sehingga bunyi atau nada yang dihasilkan pun juga akan berbeda-beda.

2. Gitar
gitar

Alat musik melodis kedua ini tentu Yupiers sudah mengetahuinya, alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, alat musik melodis ini bernama gitar. 

Menurut sejarah, alat musik gitar sudah muncul sejak abad ke-13 yang kemudian berkembang ke seluruh negara di dunia. Karena hal tersebut, hingga saat ini sangat banyak orang yang memiliki keterampilan bermain gitar dengan berbagai jenis.

3. Saxophone

Salah satu alat musik melodis yang terkenal adalah saxophone. Saxophone merupakan alat musik melodis yang dimainkan dengan cara meniupnya. Saxophone juga memiliki jangkauan nada yang luas dan juga memiliki kemampuan ekspresi yang besar. 

Penggunaan saxophone ini biasanya digunakan untuk beberapa aliran musik seperti klasik, jazz, musik kontemporer, dan juga dalam pertunjukan drumband. Saxophone sendiri pertama kali muncul pada sekitar tahun 1840-an oleh Adolphe Sax yang kemudian berkembang hingga saat ini.

4. Akordion
alat musik Akordion

Salah satu alat musik melodis yang mungkin Yupiers jarang lihat adalah alat musik yang bernama akordion. 

Akordion adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan dan secara bentuk sekilas terlihat seperti piano, hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil. Alat musik yang menghasilkan bunyi yang khas ini, pertama kali diciptakan oleh C.F.L. Buschmann yang berasal dari Jerman. Pada alat musik akordeon ini, ketika memainkannya Yupiers harus mendorong dan menarik bagian yang berlipat-lipat pada akordion guna menggerakkan udara yang ada di dalamnya.

5. Pianika

Masih hampir sama seperti piano dan akordion, alat musik melodis yang bernama pianika ini juga memiliki bentuk yang hampir serupa dengan kedua alat musik sebelumnya, hanya saja pianika memiliki ukuran lebih kecil. 

Alat musik pianika ini dimainkan dengan cara ditiup dan menekan tombol yang hampir sama seperti piano. Alat musik melodis yang bernama pianika ini juga seringkali digunakan pada masa sekolah karena dianggap lebih mudah untuk dibawa dan juga sering digunakan untuk berbagai acara keperluan sekolah.

6. Seruling
alat musik seruling

Alternatif alat musik melodis lainnya yang sering dibawa ke sekolah selain pianika adalah seruling, atau yang juga dikenal dengan nama suling. 

Suling memiliki banyak jenis dan juga bentuknya, dan kedua hal tersebut biasanya disesuaikan dengan keperluan dari orang yang menggunakan alat musik ini. 

Suling adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup, kemudian jari-jari akan bertugas menutup atau membuka lubang-lubang udara yang kemudian menghasilkan berbagai macam nada sesuai dengan keinginan.

7. Angklung

Salah satu alat musik melodis yang sangat terkenal berasal dari Indonesia, atau lebih tepatnya berasal dari daerah Sunda, dengan menggunakan bahan dasar dari bambu adalah angklung. 

Angklung sendiri dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan, di mana untuk satu buah angklung biasanya terdapat 2-3 nada yang berbeda-beda tergantung dari besar atau kecil ukuran sebuah angklung. 

Angklung juga sudah terkenal di dunia. Hal ini dibuktikan di mana sejak tahun 2010 angklung sudah masuk ke dalam daftar Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Lisan Manusia yang ditetapkan oleh pihak UNESCO, dan bahkan pada tanggal 16 November diklaim sebagai Hari Angklung Sedunia.

8. Calung
calung

Memiliki bentuk yang sekilas terlihat mirip dengan angklung dan sama-sama terbuat dari bambu, alat musik calung ini adalah alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipukul pada bagian bilah atau ruas bambu.

Alat musik calung ini akan menghasilkan nada pentatonik dan sering digunakan untuk mengiringi seni pertunjukan khas Sunda.

9. Kecapi

Alat musik melodis berikutnya merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Barat yang konon dibawa oleh para pendatang dari Tiongkok, alat musik melodis ini bernama kecapi. 

Kecapi dimainkan dengan cara dipetik dan memiliki bentuk yang hampir mirip dengan gitar. Alat musik kecapi biasa digunakan untuk mengiringi lagu-lagu tradisional dan bahkan juga dapat digunakan untuk mengiringi beberapa genre musik saat ini seperti dangdut dan juga pop.

10. Biola

Alat musik melodis selanjutnya yang terkenal akan bentuknya yang indah adalah biola. Biola dimainkan dengan cara digesekkan, di mana pada dasarnya terdapat empat senar pada biola yang nantinya akan digesek dengan menggunakan sebuah busur atau tongkat kecil.

Alat musik melodis yang bernama biola ini awalnya berkembang pada masyarakat Asia Tengah, terutama bangsa Mongol, kemudian alat musik ini berkembang ke Eropa utara, terutama di bagian negara Italia, di mana biola menjadi salah satu instrumen dalam panggung kristal pada abad klasik. 

Hingga saat ini, biola sering menjadi salah satu alat musik yang mengiringi berbagai genre musik seperti pop, jazz, dan juga genre musik lainnya.

11. Harmonika
Alat-Musik-Harmonika

Alat musik melodis terakhir yang akan Yumin bahas adalah harmonika. Dari berbagai jenis alat musik yang telah disebutkan sebelumnya, harmonika adalah alat musik yang paling praktis untuk dibawa kemanapun Yupiers pergi, karena memiliki bentuk dan ukuran yang kecil. Harmonika dimainkan dengan cara dihisap dan ditiup, namun tentunya tetap memiliki teknik atau cara tertentu agar hasil suara yang dimainkan tetap terdengar indah.

Tips Memilih Alat Musik Melodis yang Tepat Untuk Anak

Setelah mengetahui beberapa contoh alat musik melodis, berikut ini adalah beberapa tips memilih alat musik melodis yang tepat untuk anak-anak

  1. Cari tahu minat dan hobi anak terhadap suatu alat musik.
  2. Pertimbangkan usia anak.
  3. Menyesuaikan alat musik dengan kepribadian anak-anak.
  4. Mengetahui dan melihat gaya atau selera musik anak-anak.
  5. Menyesuaikan dengan anggaran pengeluaran keluarga.

Itulah beberapa informasi tentang alat musik melodis dari Yumin kali ini. Mempelajari alat musik tentunya bukanlah hal yang mudah dan juga membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Agar anak-anak semakin semangat dalam belajar memainkan alat musik, Yupiers juga bisa memberikan Yupi Baby Bears, Yupi Pizza, dan masih banyak lagi camilan sehat dari Yupi lainnya. Semoga informasi tentang alat musik melodis dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya.

Home Our Story Events Games Profile