cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

12 Makanan yang Mengandung Kolagen Alami, Kulit Jadi Glowing!

Kolagen merupakan salah satu zat yang kini banyak orang ketahui memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Kolagen ini tidak hanya terdapat pada produk perawatan tubuh saja, namun ternyata ada beberapa makanan yang mengandung kolagen yang bermanfaat bagi tubuh dan perlu Yupiers ketahui.

Kolagen adalah jenis protein berserat yang merupakan pondasi utama dari tulang, kulit, urat dan jaringan ikat yang memberikannya struktur dan kekuatan. Kolagen juga memiliki fungsi seperti lem yang merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu kesatuan.

Selain itu, kolagen ternyata memiliki fungsi untuk memulihkan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, melenturkan kulit dan jaringan tendon. Dan perlu Yupiers ketahui, salah satu penyebab kulit seseorang menjadi kencang dan lentur adalah karena kulit tersebut memiliki kandungan kolagen yang cukup.

Secara alami, tubuh sebenarnya dapat memproduksi kolagen, namun seiring bertambahnya usia seseorang, kemampuan tersebut akan menurun. Karena hal tersebut, seseorang perlu mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung kolagen tinggi.

Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Alami & Tertinggi Untuk Kulit

Berikut ini adalah makanan yang mengandung kolagen tinggi dan baik untuk kesehatan kulit, antara lain :

1. Ayam
makanan ayam yang mengandung kolagen

Kolagen bisa didapat dari apa? Salah satunya yaitu dari makanan. Makanan yang mengandung kolagen tertinggi dan baik untuk kulit maupun wajah yang pertama adalah ayam.

Ayam adalah makanan yang mudah didapatkan dan sudah terkenal sebagai makanan yang mengandung protein tinggi. Namun ternyata selain protein, ayam juga memiliki kandungan kolagen yang juga cukup tinggi.

Perlu Yupiers ketahui juga, tidak semua bagian ayam memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Kolagen paling tinggi pada ayam terletak pada bagian leher dan tulang muda. Selain itu juga, ayam mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen.

2. Ikan

Selain ayam, sumber kolagen alami terbesar berikutnya yang mudah untuk didapatkan adalah ikan. Sama seperti ayam, tidak semua bagian ikan mempunyai kolagen yang tinggi, hanya beberapa bagian saja.

Beberapa bagian ikan yang mengandung kolagen tinggi tersebut adalah mata, kepala, dan sisik ikan.

3. Permen Yupi Bolicious
Bolicious Strawberry mengandung kolagen

Makanan yang mengandung kolagen buat kecantikan kulit wajah dan kesehatan tubuh yang satu ini sangat tepat untuk Yupiers sebagai camilan sehari-hari dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, makanan tersebut adalah Yupi Bolicious.

Permen Yupi Bolicious ini banyak mengandung kolagen alami yang berasal dari berbagai macam buah berry.  Adapun beberapa buah berry yang mengandung kolagen dalam varian Yupi Bolicious yaitu seperti Yupi Bolicious Lychee,  Yupi Bolicious Strawberry , Yupi Bolicious Blackberry dan Yupi Bolicious White Grape.

Yupiers dapat memilih varian mana yang paling Yupiers suka. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, permen Yupi Bolicious ini rasanya bikin mood menjadi happy terus. Bagaimana tidak, teksturnya kenyal, rasanya manis dan sedikit masam membuat Yupiers pasti ketagihan.

Selain itu juga, Yupiers dapat membuat berbagai kreasi dari Yupi Bolicious. Semua Yupi Bolicious memiliki bentuk bulan yang menggemaskan dan dikemas dalam kemasan pouch yang premium.

4. Kaldu Tulang

Makanan yang mengandung kolagen tinggi untuk wajah berikutnya dan cukup terkenal akan manfaatnya adalah kaldu tulang. Beberapa kaldu tulang tersebut adalah kaldu tulang sapi, ayam atau bahkan ikan.

Yupiers bisa mengkonsumsi kaldu tulang dengan cara menyajikannya dalam bentuk sup dan menambahkan beberapa bumbu di dalamnya agar rasanya tidak hambar, namun untuk membuat kaldu tulang yang berkualitas Yupiers membutuhkan waktu yang tidaklah singkat.

5. Sayuran Hijau
sayuran yang mengandung kolagen alami

Sayuran apa saja yang mengandung kolagen? Sayuran hijau juga termasuk ke dalam daftar makanan yang mengandung kolagen alami dan bagus untuk kulit. Beberapa sayuran hijau tersebut adalah seperti bayam, brokoli, kubis dan masih banyak lagi. 

Sayuran hijau termasuk makanan yang mengandung kolagen alami paling tinggi karena sayuran hijau memiliki kandungan klorofil yang tinggi. 

6. Tomat

Selain sayuran hijau, tomat juga dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam produksi kolagen karena tomat kaya akan vitamin C. Bahkan menurut hasil penelitian, untuk tomat dengan ukuran sedang saja, dapat membantu memenuhi 30% kebutuhan harian Vitamin C Yupiers.

Selain itu juga, tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan untuk melindungi kesehatan kulit Yupiers.

8. Paprika

Paprika merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa digunakan untuk bahan masakan. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa paprika mengandung kolagen yang baik bagi tubuh. 

Selain itu juga, paprika juga mengandung banyak Vitamin C, capsaicin, dan mengandung sifat anti radang yang dapat membantu melawan tanda-tanda penuan kulit.

9. Putih Telur
putih telur

Putih telur juga termasuk salah satu bahan alami yang mengandung kolagen untuk wajah karena makanan yang satu ini memiliki kandungan proline yang merupakan salah satu bahan baku utama dalam membantu tubuh untuk membuat kolagen.

Selain itu juga, telur juga mengandung asam amino yang dapat membantu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh Yupiers dan pada akhirnya dapat membantu meningkatkan otot tubuh.

10. Bawang Putih

Selain sebagai penambah rasa pada masakan, bawang putih ternyata juga termasuk salah satu makanan yang mengandung kolagen. Hal tersebut karena secara alami bawang putih mengandung belerang yang tinggi dan pada akhirnya akan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen.

Namun agar manfaat dari bawang tersebut dapat dirasakan secara maksimal, bawang putih ini harus dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

11. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang terkenal memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga kaya akan asam amino. Kedua zat tersebut pada akhirnya akan membantu tubuh dalam memproduksi kolagen dalam tubuh.

Yupiers dapat mengkonsumsi kacang-kacangan sehat setiap harinya untuk menjaga kesehatan kulit tubuh Yupiers.

12. Buah yang Mengandung Kolagen Tinggi
buah dengan kolagen tinggi

Makanan yang mengandung kolagen alami buat kecantikan berikut datang dari beberapa buah, yaitu buah jeruk, buah beri dan jambu biji.

Lantas buah apa saja yang mengandung kolagen? Buah jeruk sudah terkenal memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi dan memiliki rasa yang asam dan memiliki peran yang penting dalam membantu produksi kolagen dalam tubuh.

Beberapa jenis buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry juga kaya akan vitamin C yang membantu tubuh dalam memproduksi kolagen. Selain itu juga, beberapa buah beri tersebut juga kaya akan antioksidan yang membantu kulit Yupiers terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sementara pada jambu biji, jambu biji mengandung zinc, mineral yang membantu tubuh dalam memproduksi kolagen. 

Selain beberapa buah tersebut, beberapa buah lainnya seperti nanas, mangga, dan kiwi juga dapat memberikan manfaat yang bagi kesehatan kulit.

Baca Juga : Kreasi Salad Buah Menggunakan Yupi Bolicious

Penyebab Tubuh Kekurangan Kolagen

Informasi selanjutnya tentang kolagen yang perlu Yupiers ketahui setelah beberapa makanan yang mengandung kolagen tinggi untuk kulit adalah beberapa penyebab tubuh kekurangan kolagen. Berikut ini adalah beberapa penyebab tersebut.

1. Paparan Sinar UV

Penyebab tubuh kekurangan kolagen yang pertama, terutama bagi kulit adalah akibat dari paparan sinar UV atau Ultraviolet. Hal ini karena dalam jangka panjang, sinar UV dari matahari dapat memecah kolagen, merusak lapisan elastin pada bagian dalam atau dermis dan dapat mempercepat penuaan pada kulit.

2. Gaya Hidup Merokok

Gaya hidup merokok juga dapat membuat tubuh kekurangan kolagen karena terjadinya penyempitan pembuluh darah dan membuat aliran darah pada kulit terluar menjadi tidak lancar. Akibatnya, kulit akan menjadi kekurangan oksigen dan berbagai nutrisi penting lainnya. Selain itu juga, bahan berbahaya lainnya juga dapat merusak kolagen dan elastin.

3. Waktu Tidur yang Kurang

Penyebab berikutnya tubuh kekurangan kolagen adalah karena waktu tidur yang kurang atau tidak cukup. Hal tersebut karena seseorang yang memiliki waktu atau jam tidur yang buruk akan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga kolagen pada kulit dapat rusak.

Baca Juga : Kekurangan Vitamin C Pada Anak, Waspadai Tanda dan Gejalanya

Inilah Manfaat Kolagen Bagi Tubuh, Kulit, dan Rambut

Setelah mengetahui beberapa makanan yang mengandung kolagen dan beberapa penyebab tubuh kekurangan kolagen, berikut ini adalah beberapa manfaat kolagen bagi tubuh, kulit, dan rambut.

  1. Mengurangi kerontokan pada rambut.
  2. Memperkuat otot tubuh.
  3. Memperkuat tulang.
  4. Meningkatkan sistem imun.
  5. Sebagai antioksidan.
  6. Membantu merangsang pergantian kulit.
  7. Membantu mengencangkan kulit dan mencegah penuaan.
  8. Mengurangi selulit atau kulit bergelombang.
  9. Meningkatkan massa otot.
  10. Meredakan nyeri sendi.
  11. Menjaga kesehatan jantung.
  12. Meningkatkan hormon seksual.
  13. Membuat tidur lebih berkualitas.
  14. Membantu menjaga berat badan.
  15. Membantu penggumpalan darah ketika terjadinya pendarahan.

Itulah beberapa informasi tentang kolagen yang perlu Yupiers ketahui, mulai dari beberapa makanan yang mengandung kolagen, penyebab tubuh kekurangan kolagen, sampai dengan beberapa manfaat kolagen bagi tubuh, kulit dan rambut. Semoga informasi bermanfaat dari Yupi kali ini dapat bermanfaat bagi Yupiers.