menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

3 Cara Membuat Rencana Keuangan yang Simpel dan Efektif

Hai teman-teman Yupiers!

Bagaimana kabar kalian? Hari ini, mari kita bahas bagaimana Yumin bisa membuat rencana keuangan yang keren. Tapi sebelum itu, apa sih rencana keuangan itu? Jadi rencana keuangan adalah cara cerdas/bijak untuk mengelola uang kita agar kita dapat mencapai tujuan keuangan kita.

Ketika kita memiliki perencanaan keuangan yang baik, kita bisa memastikan bahwa uang yang kita hasilkan tidak akan terbuang percuma pada hal-hal yang tidak kita butuhkan Yupiers. Dengan begitu, setiap uang yang kita simpan dapat digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Meskipun terkadang terdengar seperti hal yang besar, memiliki rencana keuangan itu sebenarnya menyenangkan, lho! Dengan rencana keuangan yang baik, kita bisa belajar cara mengelola uang dengan cerdas dan mencapai impian-impian kita di masa depan.

Tahu nggak Yupiers, ada penelitian yang menarik oleh K. Kim dan teman-teman mereka yang berjudul "The Relationship Between Financial Planner Use and Holding a Retirement Saving Goal: A Propensity Score Matching Analysis.” 

Jurnal tersebut menunjukkan bahwa memiliki rencana keuangan membantu orang mencapai impian keuangan jangka panjang. Mereka meneliti hubungan antara penggunaan perencana keuangan dan memiliki tujuan untuk menabung untuk masa pensiun. Ini artinya, perencanaan keuangan bisa membantu kita mencapai tujuan sampai saat kita pensiun nanti Yupiers!

Nah, menarik, kan? Jadi, mari kita lihat sepuluh langkah sederhana untuk membuat rencana keuangan yang keren.

1. Menetapkan Tujuan Keuangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan apa yang ingin Yupiers capai dengan uang. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari menyimpan uang untuk mainan baru, pergi liburan bersama keluarga, atau bahkan menabung untuk pendidikan di masa depan. Dengan menentukan tujuan keuangan, Yupiers akan lebih termotivasi untuk mengelola uang dengan baik.

2. Melacak Uang Masuk dan Keluar

Setelah memiliki tujuan keuangan, langkah selanjutnya adalah menghitung berapa uang yang Yupiers miliki dan berapa uang yang dikeluarkan. Yupiers bisa mencatatnya di buku. Ini akan membantu Yupiers untuk memahami dari mana uangmu berasal dan kemana uang itu pergi.

3. Membuat Anggaran

Setelah Yupiers tahu berapa uang yang masuk dan keluar, saatnya membuat anggaran. Anggaran adalah rencana tentang bagaimana Yupiers akan menggunakan uang yang dimiliki. Misalnya Yupiers bisa membagi uang untuk 3 keperluan seperti mainan, makanan, dan menabung. Pastikan Yupiers menyisihkan sebagian uang untuk menabung demi mencapai tujuanmu ya!

Mengapa Kita Perlu Mengatur Keuangan Dengan Baik?

Saat kamu mengatur uang dengan baik, kamu bisa membuat keputusan yang lebih bijak dan mengelola uangmu dengan efektif. Manajemen keuangan itu seperti rencana cerdas untuk mengatur uangmu sehari-hari. Jadi, manajemen keuangan itu penting banget untuk mengatur uangmu dengan benar, seperti saat kamu mengatur uang jajanmu atau uang hadiah ulang tahun.

Apa Sajakah yang Harus Diperhatikan dalam Mengatur Keuangan?

Pertama, kelola pendapatan dan pengeluaran dengan bijaksana. Kedua, siapkan dana darurat sebagai perlindungan finansial. Ketiga, kelola hutang dengan baik. Keempat, fokus pada investasi dan tabungan untuk tujuan masa depan. Terakhir, pertimbangkan asuransi dan perlindungan sebagai langkah pencegahan.

Menabung 2000 per Hari Dapat Berapa?

Jika menabung Rp2.000 setiap hari, dalam satu minggu, kamu akan mengumpulkan Rp14.000. Dalam sebulan, tabunganmu akan mencapai Rp60.000, dan dalam setahun, kamu bisa mengumpulkan sebanyak Rp720.000. Dengan menabung secara rutin, uang yang terkumpul dapat memberikan manfaat yang lebih jauh.

Nah Itu dia Yupiers, informasi mengenai beberapa langkah cara mengatur keuangan ala Yumin. Tentunya dengan cara di atas kita akan menjadi lebih mahir dalam mengelola keuangan. Kita akan lebih siap menghadapi masa depan dengan percaya diri dan mampu meraih semua impian kita. Jadi, ayo mulai membuat rencana keuangan yang efektif sekarang!

Untuk membuat pengaturan rencana keuangan ini lebih menarik, jangan lupa untuk menyiapkan camilan favorit Yupi sebagai teman setia ya. Yumin merekomendasikan Yupi Burger Max, yang bisa kamu beli di Yupiland Store, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Jangan lupa untuk mendapatkan lebih banyak informasi seru dengan mengikuti #Yupiness!

Home Our Story Events Games Profile