cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Cara Menabung Anak Sekolah 1 Juta Per Bulan Dengan Cepat

Hemat pangkal kaya, adalah salah satu pepatah atau peribahasa yang pasti sudah sering Yupiers dengar. Melalui pepatah tersebut, maka seseorang akan belajar untuk berhemat dengan berbagai cara salah satunya dengan menabung. Bagi seorang pelajar cara menabung dengan cepat untuk anak sekolah memang sedikit sulit dilakukan. Tapi tenang saja, kami ada tipsnya!

Menabung adalah kegiatan menyisihkan dan menyimpan sebagian pendapatan atau uang yang dimiliki secara berkala dengan tujuan tertentu untuk masa depan mereka.

Menabung adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi seseorang, dan ternyata menabung ini tidak hanya bisa dilakukan orang dewasa saja, anak-anak usia sekolah juga perlu mengenal dan bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat satu ini.

Mengajarkan anak-anak untuk menabung akan memiliki beberapa manfaat bagi mereka, berikut ini adalah beberapa manfaat menabung bagi anak-anak tersebut.

  1. Mengajarkan anak-anak untuk menghargai uang.
  2. Mengajarkan disiplin pada anak-anak.
  3. Melatih kesabaran.
  4. Melatih anak-anak untuk bijak dalam mengambil keputusan.
  5. Mengajarkan anak-anak untuk hidup hemat.
  6. Mengajarkan anak-anak bertanggung jawab dan mandiri.
  7. Mengajarkan anak-anak untuk mengatur keuangan dengan baik.
  8. Mengajarkan anak-anak untuk memahami pentingnya dana darurat.
  9. Bisa menjadi hobi yang bermanfaat bagi anak-anak.

Dengan adanya beberapa manfaat dari menabung tersebut, lalu bagaimanakah cara menabung anak sekolah yang tepat dan perlu Yupiers ajarkan kepada mereka? 

Kali ini Yupi akan membantu Yupiers dengan memberikan informasi tentang cara menabung sebulan dapat 1 juta untuk anak sekolah dan tips pentingnya, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Mengajari Menabung Dengan Cepat Untuk Anak Sekolah

Berikut ini adalah beberapa cara menabung anak sekolah agar cepat terkumpul serta bisa Yupiers ajarkan kepada anak-anak.

1. Memberikan Contoh Nyata

Cara mudah menabung untuk anak sekolah yang pertama adalah dengan memberikan contoh nyata kepada anak-anak. Dilansir dari InCharge, orang tua perlu memberikan contoh yang menabung yang baik dan manfaat nyata dari menabung kepada anak-anak.

Pada dasarnya anak-anak adalah pribadi yang akan sangat mudah meniru orang terdekat mereka, karena hal tersebut Yupiers bisa memanfaatkannya untuk memberikan contoh menabung yang baik dan manfaatnya.

Tidak hanya untuk kegiatan menabung, memberikan contoh nyata untuk berbagai kegiatan yang baik untuk anak adalah salah satu cara mendidik anak yang paling tepat untuk dilakukan agar mendukung pertumbuhan anak-anak.

2. Menyusun Rencana dan Menetapkan Tujuan

Cara menabung agar cepat banyak untuk anak sekolah yang kedua adalah dengan membuat rencana dan menetapkan tujuan menabung. Kedua hal tersebut bertujuan agar kegiatan menabung menjadi lebih mudah bagi anak-anak.

Yupiers bisa membuat rencana menabung yang tepat bagi anak-anak dengan mendiskusikan kepada mereka berapa nominal uang yang harus mereka tabung dan berapa lama waktu menabung yang perlu mereka lakukan.

Selanjutnya Yupiers bisa mengajarkan anak-anak untuk menabung dengan tujuan mendapatkan barang-barang yang mereka inginkan seperti perlengkapan sekolah anak yang menarik berupa topi dan tas yang menarik bagi anak-anak, sepatu baru, HP (Handphone), bahkan sampai sepeda atau benda baru lainnya yang mereka inginkan.

Dengan perencanaan menabung yang tepat dan tujuan yang jelas, maka akan lebih mudah bagi anak-anak untuk melakukan kegiatan menabung ini.

3. Menabung di Celengan yang Unik dan Menarik

Cara menabung di rumah untuk anak sekolah yaitu dengan memberikan mereka celengan yang unik dan menarik. Celengan adalah benda yang paling tepat dan mudah untuk mengajarkan anak-anak tentang bagaimana cara menabung kepada anak-anak.

Yupiers bisa mendapatkan celengan yang unik dan menarik sesuai keinginan anak-anak ini dengan mudah di beberapa situs jual beli online di Indonesia.

4. Mengajarkan untuk Menyisihkan Uang Jajan

Bagaimana cara menabung agar cepat terkumpul? yaitu dengan mengajarkan anak-anak untuk menyisihkan uang jajan mereka dengan menabung ke dalam celengan yang telah mereka miliki.

Sebagai contoh, apabila anak-anak memiliki uang jajan Rp20.000 dalam sehari, maka Yupiers bisa mengajarkan anak-anak untuk menyisihkan separuh uang jajan mereka ke dalam celengan tersebut.

Dengan berkurangnya uang jajan tersebut, maka cara yang paling tepat untuk mendukung kegiatan menabung anak-anak adalah dengan memberikan mereka bekal dan camilan yang sehat terutama saat mereka pergi bersekolah.

Sebagai rekomendasi terbaik, Yupiers dapat memberikan beberapa camilan sehat dari Yupi seperti Yupi Milly Moos, Yupi Gummy Cookies, dan masih banyak lagi camilan sehat dari Yupi lainnya.

5. Menabung Setiap Hari

Menabung adalah kegiatan yang sangat membutuhkan konsistensi atau harus dilakukan secara terus menerus. Sangat penting bagi Yupiers untuk mengajarkan anak-anak untuk menabung secara rutin setiap hari dengan menyisihkan uang jajan mereka. 

Sangat penting juga bagi Yupiers untuk menjelaskan dan mengajarkan jumlah nominal uang yang ditabung meskipun tidak terlalu banyak, namun jika kegiatan menabung dilakukan setiap hari, akan memberikan hasil yang baik bagi anak-anak.

6. Menjelaskan Tentang Kebutuhan dan Keinginan

Ketika melakukan kegiatan menabung, anak-anak pasti akan tergoda atau memiliki keinginan untuk menggunakan uang tabungan mereka sebelum tujuan menabung mereka tercapai.

Karena hal tersebut, sangat penting bagi Yupiers untuk menjelaskan kepada anak-anak sampai mereka benar-benar mengerti apa itu kebutuhan, apa itu keinginan dan apa sajakah perbedaannya.

Dengan mengerti apa saja perbedaan kebutuhan dan keinginan, Yupiers bisa mengingatkan kembali apa yang menjadi tujuan utama anak-anak dalam menabung sehingga mereka bisa kembali fokus dalam menabung dan mendapatkan apa yang menjadi tujuan mereka menabung.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah

Selain beberapa tips mengajarkan menabung anak sekolah yang telah dijelaskan Yupi sebelumnya, informasi tentang menabung berikutnya yang menarik untuk Yupiers simak adalah beberapa tips tentang bagaimana cara menabung Rp1 Juta per bulan untuk anak sekolah, berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

Berikut ini beberapa cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah, antara lain :

1. Mendapatkan Uang Tambahan

Mendapatkan uang tambahan ternyata tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja, anak-anak juga bisa melakukan hal tersebut. Dengan mempunyai uang tambahan akan sangat mendukung kegiatan menabung anak-anak dan mengajarkan mereka tentang menghargai uang.

Untuk mendapatkan uang tambahan bagi anak-anak sekolah ada beberapa cara yang mungkin untuk mereka lakukan. Beberapa cara tersebut adalah seperti menjual sesuatu kepada teman-teman sekolah mereka seperti pulsa, camilan, atau barang-barang yang menarik.

Selain itu juga anak-anak juga bisa menjadi guru les privat untuk mengajarkan suatu ilmu kepada anak-anak lainnya dengan tingkat sekolah yang lebih rendah dari mereka saat ini.

2. Mengurangi Berbelanja Barang yang Tidak Bermanfaat dan Hangout

Salah satu hal yang paling sering mengganggu kegiatan menabung seseorang adalah dengan tidak mengatur pengeluaran seperti berbelanja, terutama jika berbelanja barang atau hal yang tidak bermanfaat bagi mereka dan hangout atau berkumpul dengan teman sebaya.

Berkumpul dan bermain dengan teman sebaya memang adalah kegiatan yang menyenangkan, namun setiap kali melakukan hal tersebut akan ada biaya yang akan dikeluarkan. Jika kegiatan ini dilakukan terlalu sering, maka akan mengganggu kegiatan menabung anak-anak

Sangat penting bagi Yupiers untuk mengajarkan anak-anak untuk bijak dalam mengatur pengeluaran mereka terutama dalam hal berbelanja dan biaya yang dikeluarkan saat mereka hangout dengan teman-teman sebaya mereka.

3. Membuka Rekening Tabungan

Berdasarkan info dari Very Well Family, membukakan rekening bank khusus pelajar bagi anak-anak untuk menabung merupakan cara yang baik untuk mengajarkan dan mendukung mereka untuk menabung. 

Tips menabung harian untuk pelajar yang satu ini tentunya akan sangat disukai oleh anak-anak karena mereka akan merasa menjadi lebih dewasa dengan terlibat dalam kegiatan orang dewasa. 

Rekening bank khusus pelajar ini biasanya akan memiliki jumlah setoran awal yang sangat kecil dan pasti bisa diraih oleh seorang pelajar, selain itu juga biaya administrasi per bulan kartu debit yang mereka terima juga akan lebih kecil jika membandingkannya dengan jenis rekening tabungan lainnya.

4. Menukarkan Nominal Uang

Nominal uang Rp1 Juta bagi seorang pelajar mungkin adalah angka yang cukup tinggi, karena hal tersebut tidaklah mudah untuk meraih angka nominal uang tersebut. 

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mendapatkan angka nominal tabungan tersebut adalah dengan menukarkan uang receh atau uang dengan nominal kecil yang dimiliki anak-anak dengan pecahan uang atau nominal yang lebih besar.

Sebagai contoh, jika anak-anak memiliki uang dengan nominal Rp.2000 sebanyak 5 lembar, maka anak-anak bisa meminta untuk menukarkan uang tersebut dengan uang Rp10.000 dan uang Rp10.000 ini dapat langsung mereka masukan ke dalam tabungan mereka.

5. Membuat Catatan Keuangan

Kunci sukses dalam menabung adalah dengan pandai dalam mengelola keuangan dan salah cara mengelola keuangan dengan baik adalah dengan membuat catatan keuangan yang berisi pemasukan dan pengeluaran yang tepat. 

Membuat catatan keuangan ini juga menjadi tips penting dalam menabung yang bisa diterapkan oleh anak-anak.

Dengan membuat catatan keuangan, anak-anak akan lebih mudah mengetahui mana pengeluaran mereka yang dapat mereka kurangi agar mereka nantinya bisa mendapatkan tabungan dengan nominal Rp1 Juta dalam satu bulan.

Itulah beberapa informasi tentang cara menabung anak sekolah dan beberapa tips pentingnya dari Yupi. 

Menabung adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak, selain untuk mengajarkan anak-anak tentang mengelola keuangan dan beberapa manfaat lainnya, menabung juga bisa memberikan manfaat yang akan mendukung anak-anak mendapatkan cita-cita yang anak-anak inginkan.

Semoga informasi tentang cara menabung anak sekolah dan tips pentingnya dari Yupi kali ini dapat bermanfaat bagi Yupiers.