menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

30 Rekomendasi Film Action Terbaik Dunia Dengan Rating Tinggi

Film action menampilkan banyak unsur-unsur aksi seperti perkelahian, kejar-kejaran mobil, ledakan, dan lainnya. Hal ini membuat film menjadi lebih seru dan menarik bagi penonton. 

Film action juga biasanya dibintangi oleh aktor-aktor yang memiliki kharisma dan ketangkasan seperti Dwayne Johnson, Jason Statham, Tom Cruise. Kehadiran bintang film tersebut tentu akan meningkatkan minat penonton.

Banyak juga film action yang menampilkan efek-efek khusus dan scene yang spektakuler seperti ledakan, mobil terbang, dan lainnya. Aspek-aspek ini tentu mampu mendukung film yang memiliki alur cerita yang seru sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Nah, kali ini, Yumin ingin berbagi rekomendasi film action terbaik dengan alur cerita menarik dan rating tinggi. Yuk, simak selengkapnya disini!

1. The Dark Knight (2008)
The Dark Knight (2008)

Film ini merupakan sekuel dari film Batman Begins dan kedua dari The Dark Knight Trilogy.

Cerita dimulai dengan Batman dan Gordon yang berusaha memecahkan serangkaian pembunuhan oleh seorang psikopat bernama Joker. Joker mulai melakukan aksi kriminal dan ancaman bom di seluruh Gotham City. Selain menghadapi teror Joker, Batman juga berkonflik dengan mafia lokal. Diawal film dia berhasil menangkap Two-Face setelah melukai Harvey Dent. Namun Joker kemudian membalikkan kepribadian baik Dent menjadi jahat.

Genre: action, crime

Durasi: 2 jam 32 menit

Sutradara: Christopher Nolan

Pemeran: Christian Bale, Gary Oldman, dan Heath Ledger

2. Inception (2010)
Inception (2010)

Inception menceritakan tentang seorang pencuri yang memiliki spesialis untuk mencuri rahasia dari alam bawah sadar korbannya. Pencuri ini bernama Dom Cobb. Ia mencuri dari korbannya saat korbannya terlelap dan mencuri melalui alam bawah sadar. Dom Cobb lantas menjadi buronan internasional karena hal ini.

Genre: action, adventure

Durasi: 2 jam 28 menit

Sutradara: Christopher Nolan

Pemeran: Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Tom Hardy, dan Cillian Murphy

3. Terminator 2: Judgement Day (1991)
Terminator 2 Judgement Day (1991)

Ceritanya berlatar tahun 1997, 11 tahun setelah peristiwa di film pertama. John Connor (Edward Furlong) sekarang hidup bersama ibu dan ayah angkatnya. Namun, Skynet telah bangkit dan mengirim terminator T-1000 (Robert Patrick) untuk membunuh John sebelum ia tumbuh dewasa. Untungnya, John mendapat bantuan dari Arnold Schwarzenegger sebagai Terminator T-800, kali ini bertugas melindungi John bukan membunuh. 

Genre: action, sci-fi

Durasi: 2 jam 17 menit

Sutradara: James Cameron

Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton, Robert Patrick, Edward Furlong

 4. Avengers: Infinity War (2018)
Avengers Infinity War (2018)

Film ini menampilkan semua superhero dari MCU dan Avengers untuk pertama kalinya. Mereka harus bersatu melawan musuh terbesar mereka, Thanos. Dia mulai mengincar Infinity Stones dan bersiap menghapus setengah populasi alam semesta dengan jentikkan jari. Thor, Iron Man, Hulk, Captain America dan rekan-rekan Avengers lain bertarung melawan pasukan Thanos. Sementara Doctor Strange, Spiderman, dan Guardians of the Galaxy berusaha menghentikannya mendapatkan semua Infinity Stones.

Genre: action, adventure, sci-fi

Durasi: 2 jam 29 menit

Sutradara: Anthony & Joe Russo

Pemeran: Robert Downey Jr, Chris Evans, Chris Hemsworth, dan Mark Ruffalo

5. 1917 (2019)

Tahun 1917, di masa Perang Dunia 1. Dua prajurit Inggris, Schofield (George MacKay) dan Blake (Dean-Charles Chapman) mendapat misi rahasia menyampaikan pesan yang sangat penting untuk menghentikan serangan besar yang akan mengirim 1600 prajurit ke dalam perangkap maut. Mereka harus melalui daratan musuh Jerman untuk menyampaikan pesan tersebut sebelum terlambat. Perjalanan mereka penuh tantangan, seperti menghindari pertempuran, hingga melewati desa yang sudah hancur dilahap api.

Genre: war, drama, action

Durasi: 1 jam 59 menit

Sutradara: Sam Mendes

Pemeran: George MacKay, Richard Madden, Andrew Scott, Benedict Cumberbatch, dan Dean-Charles Chapman

6. Mission: Impossible Dead Reckoning: Part One (2023)

Ceritanya, Ethan Hunt dan pasukannya bergabung kembali untuk menyelesaikan misi paling sulit mereka. Dalam kali ini, IMF dikhianati dan Ethan serta rekannya dijadikan buronan massa. Misi mereka adalah mengumpulkan bukti untuk membersihkan nama serta mengungkap siapa dalang di balik pengkhianatan tersebut. Namun, musuh kali ini adalah bunuh diri yang dilengkapi dengan senjata dan teknologi super canggih.

Genre: action, adventure, thriller

Durasi: 2 jam 43 menit

Sutradara: Christopher McQuarrie

Pemeran: Tom Cruise, Rebecca Ferguson, Vanessa Kirby, dan Hayley Atwell 

7. Die Hard (1988)
Die Hard (1988)

Jalan ceritanya adalah, McClane yang merupakan seorang polisi NYPD terbang ke Los Angeles untuk menghadiri pesta Natal perusahaan istrinya. Saat pesta berlangsung di Menara Nakatomi Corporation, tiba-tiba sekelompok teroris yang dipimpin Hans Gruber mengambil alih gedung. Gruber dan anak buahnya menyandera seluruh tamu pesta sebagai sandera. Mereka berpura-pura sebagai pencuri brankas biasa, padahal rencana sebenarnya adalah mencuri emas dari brankas perusahaan.

Genre: action, thriller

Durasi: 2 jam 12 menit

Sutradara: John McTieran

Pemeran: Bruce Willis, Alan Rickman, Bonnie Bedelia

8. Top Gun: Maverick (2022)

Ceritanya berlatar tiga dekade setelah film pertama. Pete Mitchell kini menjabat sebagai instruktur pilot di Top Gun Maverick. Ia ditugaskan untuk mengolah calon-calon pilot dalam misi khusus yang mustahil. Salah satu siswa Maverick adalah Bradley Bradshaw, anak dari teman baik Maverick, Nick Bradshaw. Hubungan mereka dulu menjadi masa lalu yang kelam bagi Maverick. Dalam pelatihan berat di bawah bimbingan keras Maverick, para calon pilot termasuk Bradley harus mengasah ketangkasan dan kemampuannya sebagai pilot jet tempur.

Genre: action, drama

Durasi: 2 jam 10 menit

Sutradara: Joseph Kosinski

Pemeran: Tom Cruise, Jennifer Connelly, Miles Teller

9. Avengers: Endgame (2019)
Avengers Endgame (2019)

Ceritanya mengambil tempat setelah kejadian di Infinity War, di mana Thanos berhasil menggunakan Infinity Stones untuk menghapus setengah populasi alam semesta. Mereka kemudian mendapat ide untuk melakukan perjalanan ke masa lalu dengan mesin waktu, guna mencari cara membalikkan apa yang dilakukan Thanos.

Genre: action, adventure, drama

Durasi: 3 jam 1 menit

Sutradara: Anthony & Joe Russo

Pemeran: Robert Downey Jr, Chris Evans, Chris Hemsworth, dan Mark Ruffalo

10. John Wick: Chapter 3 Parabellum (2019)
John Wick Chapter 3 Parabellum (2019)

John Wick: Chapter 3 Parabellum adalah film aksi Amerika Serikat tahun 2019 yang merupakan sekuel dari John Wick (2014) dan John Wick: Chapter 2 (2017). Ceritanya dimulai dengan John Wick masih buronan setelah membunuh orang dalam Hotel Continental. Atas tindakannya itu, Wick dinyatakan "excommunicado" oleh organisasi pembunuh bayaran internasional. Ia hanya memiliki satu jam kekebalan sebelum menjadi buruan seluruh pembunuh di dunia. Wick harus berjuang untuk tetap hidup sambil berusaha membersihkan namanya.

Genre: action, thriller

Durasi: 2 jam 11 menit

Sutradara: Chad Stahelski

Pemeran: Keanu Reeves, Halle Berry, Ian McShane

11. Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark (1981)

Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark adalah film petualangan fenomenal tahun 1981 yang disutradarai Steven Spielberg dan dibintangi Harrison Ford. Tahun 1936, Indy mendapat misi rahasia dari pemerintah AS untuk mencari Tabut Perjanjian sebelum diperoleh oleh Nazi. Tabut tersebut berisi benda gaib yang dikabarkan bisa memberikan kekuasaan mutlak bagi pemegangnya.

Genre: action, adventure

Durasi: 1 jam 55 menit

Sutradara: Steven Spielberg

Pemeran: Harrison Ford, Karen Allen, Paul Freeman

12. Léon: The Professional (1994)

Ceritanya dimulai ketika keluarga Mathilda habis dibunuh oleh korup di DEA bernama Stansfield. Ia kehilangan seluruh keluarganya dan tinggal sendirian. Suatu hari ia bertemu Léon, seorang pembunuh profesional yang tinggal di apartemen sebelahnya. Mulai saat itu, Mathilda meminta Léon untuk mengajarinya menjadi pembunuh. Léon pun mengajari Mathilda berbagai teknik bertarung dan menembak. Walau awalnya menolak karena Mathilda masih kecil, Léon akhirnya luluh karena kasihan pada nasib gadis yatim piatu itu.

Genre: action, crime, drama

Durasi: 1 jam 50 menit

Sutradara: Luc Besson

Pemeran: Jean Reno, Gary Oldman, Natalie Portman

13. The Matrix (1999)
The Matrix (1999)

Ceritanya berkisah tentang Neo (Keanu Reeves) yang merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan dunia. Ia dihubungi oleh Morpheus (Laurence Fishburne) yang mengklaim bahwa apa yang dianggap nyata sebenarnya adalah sebuah simulasi komputer canggih bernama Matrix.

Genre: action, sci-fi

Durasi: 2 jam 16 menit

Sutradara: Lana & Lilly Wachowski

Pemeran: Keanu Reeves, Laurence Fishburne, Carrie-Anne Moss

Rekomendasi Tambahan Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Seru!

  1. Heat (1995)
  2. The Lord of The Rings The Fellowship of The Ring (2001)
  3. Gladiator (2000)
  4. The Dark Knight Rises (2012)
  5. All Quiet on The Western Front (2022)
  6. Furious 7 (2015)
  7. Expendables 4 (2023)
  8. The Equalizer 3 (2023)
  9. Meg 2: The Trench (2023)
  10. Aliens (1986)
  11. Avatar: The Way of Water (2022)
  12. Transformers: Rise of the Beasts (2023)
  13. The King's Man (2021)
  14. Kung Fu Hustle (2004)
  15. The Raid (2011)
  16. Police Story (1985)
  17. Star Wars A New Hope (1977)

Apa yang Dimaksud Genre Film Action?

Genre film action adalah genre film yang menampilkan adegan aksi fisik yang mendebarkan dan petualangan seru. Film action juga biasanya berfokus pada unsur aksi dan petualangan tokoh utama. Misalnya adegan perkelahian, kejar-kejaran, ledakan, dan sebagainya.

Genre film ini biasanya memiliki alur cerita yang dinamis dengan banyak plot twist mengejutkan untuk meningkatkan ketegangan. Tokoh utama film action biasanya seorang pahlawan atau agen rahasia yang memiliki keahlian bela diri untuk mengatasi berbagai masalah.

Film action juga seringkali mengambil latar belakang pelik seperti dunia kejahatan, terorisme, mata-mata, atau bencana alam.

Apa Bedanya Action dan Thriller?

Film action lebih menekankan unsur aksi fisik yang spektakuler seperti perkelahian, kecelakaan, ledakan. Sedangkan thriller lebih banyak fokus pada unsur ketegangan psikologis tanpa banyak adegan aksi.

Alur film action cenderung lebih cepat dan dinamis. Sedangkan thriller memiliki alur yang lebih lambat untuk membangun atmosfer mencekam. Film action juga cenderung menampilkan pahlawan yang sukses memenangkan pertarungan. Thriller seringkali memiliki akhir yang lebih kompleks dan ambigu.

Film action cenderung lebih nekat dengan latar belakang petualangan yang berbahaya, sedangkan thriller lebih misterius dengan latar belakang kehidupan sehari-hari. Film action lebih mementingkan hiburan melalui aksi. Sedangkan thriller lebih fokus pada aspek ketegangan melalui alur cerita misteri.

Jadi secara garis besar, perbedaan film action dan thriller adalah, film action lebih dinamis dan menonjolkan aspek aksi, sementara thriller lebih menegangkan melalui aspek misteri dan tegangannya.

Film action telah menjadi salah satu genre film paling populer berkat kemampuannya memberikan pengalaman hiburan yang seru dan mendebarkan melalui aksi fisik serta efek khusus yang meyakinkan. Popularitas jenis film ini terus meningkat seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Apalagi saat ini banyak sekali platform streaming yang dapat kalian akses secara mudah, jadi kalian bisa menonton film Disney terbaik di Disney+ hingga film Netflix terbaik di Netflix. Platform ini tentu menyediakan berbagai genre film, termasuk film action, bahkan hingga film kartun anak.

Itu dia beberapa rekomendasi film action terbaik sepanjang masa dan film yang wajib kalian tonton lainnya!

Jangan lupa untuk membawa Yupi Yogurt Gummy dan Yupi Peach Rings untuk menemani kalian menonton film dirumah bersama keluarga! Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, ya!

Home Our Story Events Games Profile