menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Urutan Film Marvel Berdasarkan Alur Cerita dan Tahun [Terlengkap]

Marvel Cinematic Universe atau MCU merupakan salah satu franchise film superhero yang sangat terkenal. Walaupun sudah sangat terkenal, bagi beberapa orang, mengikuti rangkaian urutan film Marvel ternyata cukup sulit untuk dilakukan.

Menonton rangkaian urutan film Marvel tentunya akan mempermudah penontonnya mengetahui alur cerita dari cinematic universe ini dan tentunya film Marvel yang ditonton akan semakin berkesan.

Bagi Yupiers yang masih bingung menonton urutan film Marvel, kali ini Yumin akan membahas dengan lengkap urutan-urutan film tersebut, simak informasi selengkapnya dari Yumin berikut ini ya.

Urutan Film Marvel Berdasarkan Tahun Rilis (Phase 1-4)

Untuk mengetahui urutan film Marvel dengan benar, maka Yupiers perlu mengetahui beberapa fase dalam Marvel Cinematic Universe atau MCU ini. Sampai saat ini, setidaknya ada 4 fase MCU yang terbagi menjadi mulai dari fase pertama hingga fase keempat.

Setiap fase MCU ini juga tentunya terdiri dari beberapa film Marvel. Berikut ini adalah informasi urutan film Marvel lengkap berdasarkan fase-fase dalam MCU.

Phase 1 - Membangun Dasar MCU (2008-2012)
urutan film marvel phase 1

Berikut ini adalah beberapa film pada fase pertama MCU yang tayang dengan rentang waktu mulai dari tahun 2008 sampai 2012 dan perlu Yupiers ketahui.

1. Iron Man (2008)

Dalam urutan film Marvel fase pertama dibuka oleh film dari tokoh pahlawan Iron Man. Film perdana Iron Man ini yang tayang pada 2008 ini sekaligus menjadi pembuka dari seluruh film dalam MCU.

Film Iron Man ini menceritakan Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr yang diculik oleh sekelompok teroris bersenjata. Untuk membebaskan dirinya, Tony Stark kemudian membuat baju besi dengan senjata lengkap untuk meloloskan diri. 

Tony Stark kemudian mengembangkan baju besi bersenjata tersebut hingga akhirnya menjadi sosok pahlawan yang dikenal dengan nama Iron Man.

2. The Incredible Hulk (2008)

Fase pertama dalam urutan film Marvel berlanjut dengan film perdana dari salah satu karakter Marvel yang bernama Hulk dengan judul film perdananya adalah The Incredible Hulk yang tayang pada tahun 2008.

Pada film perdana Hulk ini, menceritakan awal mula bagaimana karakter yang bernama Bruce Banner bisa menjadi sosok Hulk. Ketika menonton film The Incredible Hulk ini, Yupiers akan mengetahui bahwa penyebab Bruce Banner bisa menjadi Hulk adalah akibat dari paparan sinar radiasi Gamma.

Hal yang perlu Yupiers ketahui adalah pada film perdananya ini, sosok Bruce Banner pada film ini diperankan oleh Edward Norton, namun nantinya sosok Bruce Banner ini akan diperankan oleh Mark Ruffalo.

3. Iron Man 2 (2010)

Pada fase pertama MCU ini, Iron Man kembali mendapatkan film solonya, yang berjudul Iron Man 2 yang rilis pada tahun 2010. 

Pada film kedua Iron Man ini, Iron Man akan berhadapan dengan Ivan Vanko dan juga sekaligus menghadapi tekanan dari pemerintah yang menginginkan teknologi Iron Man karena dianggap terlalu berbahaya.

Hal menarik pada film kedua Iron Man ini, akan ada beberapa karakter lainnya dari Marvel yang dihadirkan seperti Black Widow dan War Machine.

4. Thor (2011)

Salah satu karakter Marvel yang cukup banyak penggemarnya adalh Thor, dan film perdana Thor rilis pada tahun 2011.

Pada film perdana Thor ini, akan bercerita tentang Thor yang diperankan oleh Chris Hemsworth dan tinggal di Asgard, namun kemudian diasingkan ke bumi oleh ayahnya yang bernama Odin karena dianggap terlalu arogan dalam bertindak, dan dalam menggunakan kekuatan serta kekuasaannya.

Selama diasingkan ke bumi inilah, sosok Thor menjadi lebih bijak dan menjadi lebih dewasa. Film ini juga pertama kali menghadirkan salah satu tokoh favorit lainnya dalam MCU yaitu Loki, yang merupakan adik dari Thor.

5. Captain America: The First Avenger (2011)

Tidak kalah terkenal dengan Iron Man dan Thor, Captain America juga merupakan salah satu karakter favorit dalam MCU.

Jika melihat dari filmnya, film perdana dari karakter Captain America yang memiliki nama asli Steve Rogers dan diperankan oleh Chris Evan ini mengambil latar waktu jauh sebelum beberapa film beberapa MCU sebelumnya, atau lebih tepatnya lagi, film perdana Captain America ini mengambil latar waktu tahun 1941 saat masa perang dunia kedua.

Dalam film ini Yupiers selain akan mengetahui kisah awal mula munculnya sosok Captain America, Yupiers juga mengetahui tentang Tesseract, yang merupakan salah satu dari infinity stone yang akan memerankan peran penting dalam kelanjutan MCU.

6. The Avengers (2012)

Film penutup fase pertama MCU ini adalah film yang sangat fantastis, yaitu dimana banyak karakter Marvel berkumpul dalam satu film yang sama, film penutup fase pertama MCU ini adalah The Avengers, yang rilis pada tahun 2012.

Dalam film ini, beberapa karakter Marvel yang telah hadir pada beberapa film sebelumnya, seperti Iron Man, Hulk, Thor, Captain America, Black Widow, Loki, dan juga Hawkeye, berkumpul dalam film ini.

Film The Avengers ini bercerita tentang para karakter pahlawan Marvel yang melawan invasi dari para alien yang didatangkan oleh Loki ke bumi dengan menggunakan Tesseract yang telah dikuasainya.

Phase 2 - Perluasan dan Pertemuan (2013-2015)
film marvel phase 2

Setelah melalui fase pertama, film-film dalam MCU kemudian berlanjut pada fase kedua yang dimana pada fase kedua ini hadir beberapa film Marvel dengan rentang waktu penayangannya adalah mulai dari tahun 2013 sampai 2015. Berikut ini adalah beberapa film dalam fase kedua MCU.

1. Iron Man 3 (2013)

Film perdana dalam urutan film Marvel fase kedua ini adalah lanjutan kisah dari karakter Iron Man, dengan judul Iron Man dan tayang pada tahun 2013.

Film Iron Man 3 ini memiliki latar waktu setelah perang besar yang terjadi dalam film The Avengers. Dalam film Iron Man 3 ini, kondisi mental Tony Stark cukup terpukul akibat kejadian pada perang di film The Avengers sebelumnya. 

Kondisi mental tersebut membuat Tony Stark terobsesi untuk membuat berbagai baju tempur Iron Man, atau Iron Man lainnya yang dapat dikendalikan, namun sayangnya hal tersebut tidak membantu mengatasi masalah Tony Stark.

2. Thor: The Dark World (2013)

Film kedua dalam fase kedua MCU ini adalah film kedua dari karakter Thor, dengan judul Thor: The Dark World dan tayang pada tahun 2013.

Dalam film kedua Thor ini, Thor akan berhadapan dengan sosok para dark elf yang dipimpin oleh Malekith untuk memperebutkan Aether, yang secara tidak sengaja masuk ke dalam diri kekasih Thor yang bernama Jane Foster, yang diperankan oleh Natalie Portman.

Aether ini nantinya akan menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam kelanjutan beberapa film Marvel selanjutnya karena merupakan salah satu infinity stone dalam MCU.

3. Captain America: The Winter Soldier (2014)

Film ketiga Captain America yang berjudul Captain America: The Winter Soldier masuk ke dalam fase kedua MCU dan tayang pada tahun 2014.

Setelah perang besar dalam film The Avengers, Captain America kemudian melanjutkan memimpin Avengers di bawah organisasi SHIELD yang dipimpin oleh Nick Fury yang diperankan oleh Samuel L Jackson.

Dalam film ini, Captain America akan menghadapi temannya sendiri, yaitu Bucky yang diperankan oleh Sebastian Stan dan merupakan sosok winter soldier dalam film ini. Captain America menghadapi sahabatnya sendiri karena Bucky berada dalam pengaruh hipnotis.

Karakter Bucky ini nantinya juga akan memiliki banyak peran dalam beberapa film MCU selanjutnya.

4. Guardians of the Galaxy (2014)

Berlanjut dalam fase kedua MCU, jika pada beberapa film sebelumnya menghadirkan satu tokoh utama Marvel, film perdana Guardians Of The Galaxy yang tayang pada tahun 2014 akan menghadirkan beberapa karakter Marvel yang pada akhirnya akan membentuk sebuah tim.

Film The Guardians Of The Galaxy ini akan menghadirkan beberapa karakter Marvel yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu Star Lord, Nebula, Gamora, Rocket, Groot dan Drax.

Selain itu juga, film The Guardians Of The Galaxy adalah film pertama Marvel yang mengambil latar tempat di luar planet bumi.

Perlu Yupiers ketahui juga, Film Guardians Of The Galaxy menjadi salah satu film yang sangat penting dalam MCU. 

Beberapa alasan kenapa film The Guardians Of The Galaxy sangat penting adalah dalam film ini, Yupiers akan lebih mengetahui tentang infinity stones yang memainkan peran penting dalam beberapa film Marvel kedepannya. 

Selain itu juga dalam film ini pertama kalinya sosok Thanos diperkenalkan, dimana Thanos akan menjadi sosok penjahat utama dalam MCU.

5. Avengers: Age of Ultron (2015)

Film kedua Avengers yang dimana banyak karakter Marvel berkumpul berjudul Avengers: Age Of Ultron dan tayang pada tahun 2015.

Dalam film ini, para karakter pahlawan Marvel kembali berkumpul untuk menghadapi Ultron, sosok AI yang kemudian memiliki tubuh dan keinginannya tersendiri, yaitu untuk menghancurkan Avengers.

Selain karena banyak karakter pahlawan MCU yang hadir dalam film ini, film Avengers: Age Of Ultron adalah film yang harus Yupiers saksikan karena dalam film ini akan ada beberapa karakter baru dari Marvel.

Karakter baru tersebut adalah Scarlet Witch yang memiliki nama asli Wanda Maximoff dan diperankan oleh Elizabeth Olsen, serta ada juga Vision yang diperankan oleh Paul Bettany, yang merupakan sosok yang hidup karena salah satu infinity stones.

6. Ant-Man (2015)

Film penutup fase kedua MCU ini adalah film perdana dari karakter Marvel yang bernama Ant-Man yang memiliki nama asli Scott Land dan diperankan oleh Paul Rudd.

Dalam film perdananya ini, Yupiers bisa mengetahui tentang bagaimana awal mula Scott Lang mempunyai kekuatan untuk merubah dirinya menjadi sangat kecil.

Phase 3 - Perpecahan dan Ketegangan (2016-2019)
film marvel phase 3

Faset ketiga MCU bisa dikatakan sebagai fase puncak dari beberapa fase pertama dan kedua sebelumnya. Dalam fase ketiga MCU ini, hadir beberapa film Marvel yang tayang dengan rentang tahun penayangan mulai dari tahun 2016 sampai 2019. Berikut ini adalah beberapa film Marvel yang tayang pada fase ketiga ini.

1. Captain America: Civil War (2016)

Fase ketiga MCU dibuka dengan film Marvel yang berjudul Captain America: Civil War yang tayang pada tahun 2016.

Meskipun menggunakan nama Captain America, pada film ini tidak hanya Captain America saja yang hadir. Dalam film Captain America: Civil War ini bahkan menghadirkan banyak sekali karakter Marvel, dan bahkan ada beberapa karakter baru Marvel yang belum pernah muncul dalam film-film Marvel sebelumnya.

Beberapa karakter Marvel dalam film Captain America: Civil War ini adalah:

  1. Captain America.
  2. Iron Man.
  3. Black Widow.
  4. Winter Soldier.
  5. Falcon.
  6. War Machine.
  7. Hawkeye.
  8. Black Panther.
  9. Vision.
  10. Scarlet Witch.
  11. Ant-Man, dan
  12. Spiderman.

Film bercerita tentang terjadinya perpecahan dalam Avengers dan pada akhirnya terjadilah pertarungan para karakter pahlawan Marvel dalam film ini.

2. Doctor Strange (2016)

Film perdana salah satu karakter Marvel yang cukup penting bernama Doctor Strange yang memiliki nama asli Stephen Strange dan diperankan oleh Benedict Cumberbatch ini, tayang pada tahun 2016.

Pada film ini menceritakan bagaimana Stephen Strange mendapatkan kekuatannya hingga pada akhirnya dipercaya untuk menjaga time stone, yang merupakan salah satu dari infinity stones.

3. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)

Film kedua Guardians Of The Galaxy, tayang pada tahun 2017. Film kedua Guardians Of The Galaxy ini akan menceritakan karakter Star Lord yang ternyata merupakan keturunan dari seorang Celestial.

Salah satu hal menarik pada film ini adalah pada bagian post credit scene, akan menghadirkan sosok misterius yang akan muncul pada film Marvel kedepannya nanti.

4. Spider-Man: Homecoming (2017)

Jika dibandingkan beberapa karakter pahlawan dari Marvel, karakter Spiderman termasuk karakter tokoh pahlawan yang sudah ada sejak jauh beberapa tahun sebelum beberapa film Marvel hadir.

Karakter Spiderman ini akhirnya masuk dalam MCU dengan diperankan oleh Tom Holland. Film perdana Spiderman dalam MCU ini mengambil latar waktu setelah film Captain America: Civil War.

5. Thor: Ragnarok (2017)

Film ketiga Thor hadir dalam fase ketiga MCU ini dengan judul Thor: Ragnarok dan tayang pada tahun 2017.

Film ketiga Thor ini juga menghadirkan Hulk dalam ceritanya. Dalam film ketiga Thor ini, menceritakan tentang Thor dan Loki yang melawan anak pertama dari Odin, yaitu Hella, yang sekaligus merupakan kakak dari Thor dan Loki. Film ini juga menjadi akhir dari planet Asgard dan berpindahnya penduduk planet Asgard ke bumi.

6. Black Panther (2018)

Film perdana karakter Marvel yang bernama Black Panther yang sebelumnya sudah muncul dalam Captain America: Civil War hadir pada tahun 2018. 

Karakter Black Panther yang memiliki nama asli T’Challa dan diperankan oleh Chadwick Boseman, adalah seorang pemimpin dari suku yang bernama Wakanda. Dalam film perdananya ini, Black Panther akan menghadapi musuh yang tercipta akibat kesalahan masa lalu ayahnya.

7. Avengers: Infinity War (2018)

Film para karakter Marvel yang berkumpul menjadi satu film yaitu Avengers memasuki babak baru, menghadapi musuh utama dalam MCU, yaitu Thanos.

Dalam film Avengers: Infinity War yang rilis pada tahun 2018 ini, menceritakan tentang perlawanan banyak anggota Avengers untuk menghentikan upaya Thanos melakukan genosida atau menghilangkan separuh makhluk di alam semesta dengan menggunakan infinity stones.

Namun sayangnya, pada film ini para karakter Marvel mengalami kekalahan sehingga separuh makhluk di alam semesta, termasuk bumi dan juga termasuk beberapa karakter Marvel hilang menjadi debu. 

8. Ant-Man and the Wasp (2018)

Film kedua Ant-Man ini berjudul Ant-Man dan The Wasp, dan rilis pada tahun 2018. Film kedua Ant-Man ini mengambil latar waktu setelah film Captain America: Civil War.

Meskipun dalam film kedua Ant-Man ini tidak terlalu berkaitan dengan garis besar alur cerita dalam MCU, pada akhir film ini, yaitu post credit scene, Yupiers akan menemukan hal menarik yang akan sangat berhubungan dalam cerita MCU.

9. Captain Marvel (2019)

Salah satu karakter Marvel paling kuat yaitu Captain Marvel, memulai film perdananya pada tahun 2019 dengan judul Captain Marvel.

Berdasarkan garis waktu MCU, film Captain Marvel ini akan mengambil latar waktu pada zaman dahulu, atau lebih tepatnya setelah film Captain America.

Captain Marvel sendiri memiliki nama asli Carol Danver, yang diperankan oleh Brie Larson. Dalam film perdana Captain Marvel ini, akan menceritakan tentang kisah Carol Danver, dan awal mula dia bisa mendapatkan kekuatan dan menjadi Captain Marvel.

10. Avengers: Endgame (2019)

Melanjutkan film Avengers: Infinity War, film dengan judul Avengers: Endgame yang memiliki durasi film 3 jam dan rilis pada tahun 2019 ini bisa dikatakan adalah film puncak dalam MCU. Dimana dalam film ini akan melanjutkan kisah para pahlawan Marvel yang sebelumnya kalah dari Thanos di film Avengers: Infinity War.

Setelah kalah dari Thanos, para pahlawan Marvel yang tersisa menemukan cara untuk mengembalikan keadaan akibat genosida yang dilakukan Thanos, sekaligus mengalahkannya. Cara tersebut adalah dengan memanfaatkan Quantum Realm untuk berpindah waktu.

Melalui Quantum Realm, para pahlawan Marvel kemudian berpencar untuk mendapatkan infinity stones sebelum Thanos berhasil melakukannya.

Film puncak MCU ini sayangnya ditutup dengan kematian salah satu karakter penting Marvel demi bisa mengalahkan Thanos.

11. Spider-Man: Far From Home (2019)

Spiderman mendapatkan film keduanya dalam MCU, dengan judul Spiderman: Far From Home dan tayang pada 2019. 

Film kedua Spiderman ini adalah film pertama yang mengambil latar waktu setelah Thanos berhasil dikalahkan sekaligus menjadi penutup fase ketiga MCU.

Phase 4 - Awal Baru (2021-2023)
film marvel phase 4

Fase terakhir dari beberapa film Marvel yang sudah tayang adalah fase keempat, yang tayang melalui beberapa film dan serial film dengan rentang waktu penayangan mulai dari tahun 2021 sampai 2023. Berikut ini adalah beberapa film dan serial film Marvel dalam fase keempat in.

1. WandaVision (2021) - Serial TV

Fase keempat MCU dibuka dengan serial TV perdana dari karakter Marvel Scarlet Witch dan Vision, yaitu berjudul WandaVision serta rilis pada tahun 2021.

Serial TV ini akan menceritakan bagaimana rasa kasih sayang Wanda kepada Vision, hingga Wanda membangun realitas dimana dirinya hidup bahagia dengan Vision sebagai sebuah keluarga yang normal bersama dengan dua orang anaknya, yaitu Billy dan Tommy.

Namun sayangnya, semua hal indah tersebut hanyalah kenyataan palsu yang tercipta dari kekuatan Wanda.

2. The Falcon and The Winter Soldier (2021) - Serial TV

Fase keempat MCU ini kemudian berlanjut dalam serial TV Marvel yang berjudul The Falcon and The Winter Soldier dan rilis pada tahun 2021.

Sesuai dengan judulnya, serial TV Marvel ini menceritakan tentang The Falcon, yang memiliki nama asli Sam Wilson dan diperankan oleh Anthony Mackie, serta The Winter Soldier yang memiliki asli Bucky dengan diperankan oleh Sebastian Stan.

3. Loki (2021) - Serial TV

Dalam fase keempat ini kemudian berlanjut dengan serial tv Marvel yang berjudul Loki, yang merupakan adik dari Thor dan rilis pada tahun 2021.

Serial TV Loki ini memainkan peran yang cukup penting dalam MCU. Karena dari film ini, Yupiers akan mengetahui tentang konsep multiverse yang ada dalam MCU. Selain itu juga, dalam serial Loki ini menghadirkan sosok Kang, yang akan menjadi karakter musuh dalam MCU selanjutnya setelah Thanos.

4. Black Widow (2021)

Jika pada fase keempat dibuka dengan beberapa serial TV, film perdana Marvel pada fase keempat ini adalah film dari Black Widow yang rilis pada tahun 2021.

Bagi Yupiers yang menyukai karakter Black Widow yang selalu muncul dalam berbagai film Marvel, maka film tentang asal usul Black Widow ini adalah salah satu film Marvel yang harus Yupiers saksikan.

5. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021)

Setelah film Black Widow, pada tahun yang sama Marvel juga menghadirkan karakter baru dalam MCU, yaitu Shang-Chi, dengan film perdananya berjudul Shang-Chi and The Legend Of The Ten Rings pada tahun 2021.

Film perdana Shang-Chi ini akan mengambil latar waktu pada tahun 1996 dan juga termasuk film yang harus Yupiers masukan ke dalam daftar urutan film Marvel.

6. What If...? (2021) - Serial TV

Berbeda dengan beberapa film Marvel sebelumnya, bagi Yupiers yang tertarik untuk menonton film Marvel dalam versi animasi kartun, maka serial TV Marvel dengan judul What If yang tayang pada tahun 2021 ini harus Yupiers saksikan.

7. Eternals (2021)

Dalam urutan film Marvel fase keempat ini, film Marvel dengan judul Eternals dan rilis pada tahun 2021, adalah salah satu film yang harus Yupiers saksikan.

Film Marvel ini bercerita tentang sekelompok pahlawan yang berasal dari luar angkasa dan memiliki kekuatan supernya masing-masing. Para pahlawan ini sudah ada sejak abad pertengahan namun menghindar atau menyembunyikan diri mereka.

Setelah sempat terpisah dan menjalani kehidupannya masing-masing, para pahlawan dalam film ini kembali bergabung untuk melawan karakter jahat yang bernama Deviants.

8. Hawkeye (2021) - Serial TV

Hawkeye termasuk salah satu karakter yang selalu mendapatkan peran dalam berbagai film Marvel, dan pada akhirnya, pada tahun 2021, Hawkeye mendapatkan filmnya sendirinya, yaitu serial TV dengan judul Hawkeye.

Serial TV ini akan mengambil latar waktu setelah perang pada film Avengers: Endgame. Hawkeye yang memiliki nama asli Clint Barton dan diperankan oleh Jeremy Renner ini akan mencerita tentang perlawan Hawkeye bersama dengan Kate Bishop melawan seorang musuh yang berasal dari masa lalu Hawkeye

9. Spider-Man: No Way Home (2021)

Film Spiderman dalam MCU berlanjut ke film ketiganya, yaitu Spiderman: No Way Home yang rilis pada tahun 2021.

Film Spiderman: No Way Home termasuk salah satu film yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta karakter Spiderman. 

Bagaimana tidak, dalam film Spiderman: No Way Home ini, tidak hanya karakter Spiderman yang diperankan oleh Tom Holland saja yang dihadirkan, melainkan karakter Spiderman lainnya dari universe yang berbeda, yaitu Spiderman yang diperankan Tobey Maguire, dan Spiderman yang diperankan Andrew Garfield.

Bisa dikatakan juga dalam film ini para pemeran Spiderman tersebut berkumpul dalam satu film. Selain itu juga, hadir juga beberapa karakter musuh dari masing-masing Spiderman tersebut seperti Green Goblin, Dr Octopus, Sandman, Lizard dan Electro.

Semua hal tersebut bisa terjadi karena konsep multiverse yang hadir dalam MCU.

10. Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

Film Marvel pada fase keempat ini berlanjut dengan film dari Dr Strange, yang berjudul Doctor Strange In The Multiverse Of Madness dan rilis pada tahun 2022.

Film Doctor Strange ini akan sangat berhubungan dan mengambil latar waktu setelah serial TV WandaVision.

Dalam film ini, Wanda yang awalnya bekerja sama dengan Doctor Strange pada akhirnya melawan dan berkhianat dengan Doctor Strange karena menginginkan kekuatan America Chagez yang diperankan oleh xochitl Gomez.

11. Thor: Love and Thunder (2022)

Film solo Thor kembali hadir dalam MCU. Dengan hadirnya film keempat dari Thor ini, Thor menjadi karakter Marvel yang paling banyak memiliki film solonya sendiri. 

Dalam film Thor: Love And Thunder yang hadir pada tahun 2022 ini, akan menghadirkan juga sosok Jane Foster, kekasih Thor yang kini juga menjadi pahlawan karena bisa menggunakan mjolnir.

12. Black Panther: Wakanda Forever (2022)

Film dari Black Panther kembali hadir dalam MCU, dengan judul Black Panther Wakanda Forever yang tayang pada tahun 2022.

Film kedua Black Panther ini akan mengambil latar waktu setelah kematian T’Challa, raja Wakanda, yang mana memang dalam kehidupan nyata, sang aktor yaitu Chadwick Boseman memang sudah meninggal, dan film ini adalah film penghormatan atas dirinya.

13. Ant-Man and the Wasp: Quantumania (2023)

Film Marvel fase keempat ditutup dengan film dari Ant-Man yang ketiga, yaitu Ant-Man and The Wasp: Quantumania.

Film terakhir dalam fase keempat Marvel ini juga akan menjadi pembuka bagi fase kelimat Marvel, dimana dalam film ini, Kang yang diperankan oleh Jonathan Majors dan merupakan musuh selanjutnya para pahlawan Marvel, mendapatkan peran yang lebih banyak dalam film ini.

Inilah Jadwal Film Marvel yang Akan Tayang Selanjutnya
Jadwal Film Marvel

Setelah mengetahui urutan film Marvel berdasarkan fase MCU, berikut ini adalah beberapa film Marvel yang akan tayang pada tahun 2023.

1. Guardians of the Galaxy Vol. 3 (5/5/2023)

Film Guardians Of The Galaxy Vol 3 akan menjadi film terakhir dari kelompok Guardians, yaitu Star Lord, Gamora, Nebula, Rocket, Groot dan Drax. Film Guardians Of The Galaxy ini tayang pada tanggal 5 Mei 2023.

2. The Marvels (28/6/2023)

Film kedua dari karakter Captain Marvel dengan judul The Marvels ini direncanakan tayang pada tanggal 28 Juni 2023, namun kabarnya penayangan film The Marvels ini akan diundur hingga November 2023.

3. Captain America: New World Order (3/5/2024)

Film Captain America juga mendapatkan tempatnya pada fase kelima Marvel ini. Hingga saat ini, masih belum banyak informasi pasti dan terpercaya tentang seperti apa film ini nantinya, namun untuk waktu penayangannya diperkirakan adalah Mei 2024.

4. Thunderbolts (26/6/2024)

Berbeda dengan semua film Marvel sebelumnya, dalam film Thunderbolts yang direncanakan rilis pada Juni 2024 ini akan menceritakan sekelompok penjahat super dalam MCU.

5. Fantastic Four (28/11/2024)

Salah satu kelompok pahlawan super yang sudah cukup terkenal adalah Fantastic Four. Kabar baiknya, kelompok pahlawan super ini akan memulai film perdananya dalam MCU pada November 2024 nanti.

6. Avengers: The Kang Dynasty (2/5/2025)

Fase kelima MCU kembali menghadirkan film Avengers, dimana pada fase kelima ini, akan film Avengers akan dibuka dengan judul film Avengers: The Kang Dynasty dan direncanakan tayang pada Mei 2025 nanti.

7. Avengers: Secret Wars (7/11/2025)

Fase kelimat MCU juga akan ditutup oleh film Avengers dengan judul Avengers: Secret Wars dan direncanakan tayang pada November 2025 nanti.

Tips Menonton Film Marvel, Berdasarkan Tahun Rilis atau Kronologi Cerita?

Itulah beberapa informasi urutan film Marvel yang perlu Yupiers ketahui. Setelah mengetahui informasi lengkap tersebut, mungkin sebagian dari Yupiers ada yang bertanya lebih baik menonton urutan film Marvel berdasarkan tahun rilis atau kronologi cerita?

Jawaban dari pertanyaan tersebut tentunya kembali kepada Yupiers, baik menonton berdasarkan tahun rilis ataupun kronologi cerita, keduanya sama-sama tetap akan menyenangkan untuk disaksikan.

Agar menonton film Marvel semakin menyenangkan, maka saat menonton Yupiers bisa didampingi oleh beberapa camilan permen Yupi seperti Yupi Strawberry Kiss, Yupi Choco Glee, dan masih banyak lagi camilan enak, lezat dan bergizi dari Yupi.

Selain beberapa informasi tersebut, Yumin juga memiliki beberapa informasi seputar film lainnya, beberapa diantaranya adalah seperti rekomendasi film keluarga Indonesia, rekomendasi film Disney, rekomendasi anime terbaik dan masih banyak lagi lainnya yang bisa Yupiers simak.

Semoga informasi tentang urutan film Marvel lengkap dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers dan selamat menyaksikan.

Home Our Story Events Games Profile