menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia? Yuk, Pahami Disini!

Dalam sejarah bangsa Indonesia ada banyak sekali hari-hari penting bersejarah yang perlu Yupiers ketahui, salah satunya adalah Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Sebenarnya, apa arti pancasila bagi bangsa indonesia? Apakah begitu penting? Untuk mengetahuinya, simak hingga akhir ya.

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila karena pada tanggal tersebut adalah sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI. Dimana dalam sidang tersebut membahas tentang dasar-dasar Indonesia merdeka.

Setelah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, maka pada tahun 2016, pemerintah menetapkan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni tersebut sebagai salah satu Hari Besar Nasional.

Pancasila bukan hanya merupakan sebuah simbol negara Indonesia saja, namun ada nilai-nilai kehidupan dan arti tersendiri dalam setiap sila atau isi Pancasila tersebut yang sangat penting bagi semua orang di Indonesia.

Karena hal tersebut, kali ini Yumin akan membahas tentang apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia dan informasi penting lainnya, simak selengkapnya di sin.

Pahami Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila

Sebelum mengetahui tentang apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia, Yumin kali ini akan menjelaskan singkat dengan lebih rinci tentang bagaimana sejarah lahirnya Pancasila. 

Pada awalnya setelah kekalahan Jepang pada perang pasifik, pemerintah Jepang membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai atau yang dikenal juga dengan nama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada tanggal 29 April 1945.

Setelah terbentuk, sidang BPUPKI yang pertama kali diadakan pada tanggal 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945 di Gedung Chuo Sangi In atau yang sekarang dikenal dengan nama Gedung Pancasila dengan agenda pembahasan tentang dasar-dasar negara.

Setelah sidang yang berlangsung selama beberapa hari tersebut, pada tanggal 1 Juni 1945 Soekarno menyampaikan ide dan gagasannya tentang dasar-dasar negara yang kemudian dinamakan “Pancasila”. 

Panca dapat Yupiers artikan lima dasar bagi negara Indonesia. Kelima dasar bagi negara Indonesia tersebut adalah dimana untuk Sila pertama merupakan “Kebangsaan”, sila kedua merupakan “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga merupakan “Demokrasi”, sila keempat merupakan “Keadilan sosial” dan juga sila yang kelima merupakan “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Untuk kembali menyempurnakan rumusan Pancasila dan Undang-Undang Dasar dengan berdasarkan kelima asas yang telah disebutkan Yumin sebelumnya, maka BPUPKI kemudian membentuk panitia sembilan.

Panitia sembilan ini berisi Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokrosoejoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Abdul Kahar Muzakir, Achmad Soebardjo, Mr. AA Maramis dan Mohammad Yamin.

Setelah itu, setelah kemerdekaan Indonesia, atau lebih tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945, Pancasila akhirnya disahkan dalam Sidang PPKI dan dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia?

Setelah mengetahui sejarah singkat tentang Pancasila, lalu apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia? Berikut ini adalah arti Pancasila yang perlu Yupiers ketahui.

Sila 1 : Ketuhanan Yang Maha Esa

Dalam sila pertama dari Pancasila ini berisi tentang perwujudan rasa percaya dan juga ketakwaan setiap warga negara Indonesia dengan disesuaikan pada ajaran agama masing-masing warga negara Indonesia.

Dalam sila pertama ini juga berisi nilai bahwa setiap warga negara Indonesia harus saling mengingatkan tentang menghargai dan menghormati terhadap kepercayaan setiap warga negara Indonesia sehingga bisa tercipta kerukunan antar umat beragama.

Sila 2 : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Dalam sila kedua Pancasila, berisi tentang setiap warga negara Indonesia diminta untuk memahami kesamaan derajat. Hal tersebut memiliki arti harus saling menyayangi dan menghormati tanpa kecuali.

Dalam sila kedua Pancasila ini juga dapat memiliki arti jika terdapat perbedaan agama, suku, golongan dan ras, bukanlah menjadi alasan untuk kita tidak membantu atau enggan dalam saling menjaga sesama. 

Karena hal tersebut, bagi setiap warga negara Indonesia haruslah saling membela dalam kebenaran dan keadilan di Negara Indonesia.

Sila 3 : Persatuan Indonesia

Dalam sila Pancasila yang ketiga berisi tentang dimana setiap warga negara Indonesia harus mengutamakan kepentingan negara dibandingkan kepentingan pribadi atau kepentingan suatu golongan.

Dari hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa setiap warga negara Indonesia harus memiliki pribadi yang rela berkorban demi negara Indonesia, mencintai Indonesia, dan bangga pada negara Indonesia.

Sila 4 : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Dalam sila keempat Pancasila ini, berisi tentang mengajak setiap warga negara Indonesia untuk tidak memaksakan kehendaknya pada orang lain.

Dalam sila keempat Pancasila ini, tidak juga menampik bahwa bisa terjadinya perbedaan dalam pendapat dan cara pandang dalam setiap warga negara Indonesia, namun perbedaan tersebut harus didiskusikan dengan dasar kepentingan untuk bersama daripada kepentingan pribadi.

Sila 5 : Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dalam sila kelima atau sila terakhir Pancasila ini, berisi tentang pentingnya untuk berbuat baik dengan cara kekeluargaan atau bergotong royong, pentingnya bersikap adil dan menghormati orang lain.

Salah satu contoh sikap adil yang sikap adil tersebut adalah menjaga keseimbangan antara hak dan juga kewajiban. Dalam sila kelima Pancasila ini juga berarti jangan sampai warga negara Indonesia hanya menuntut hak saja namun pada akhirnya melupakan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia.

Apa Saja Fungsi Pancasila?

Setelah mengetahui apa arti pancasila bagi bangsa Indonesia dalam setiap nilai sila Pancasila. Berikut ini adalah beberapa fungsi Pancasila yang perlu Yupiers ketahui.

1. Pancasila Sebagai Ideologi

Fungsi pancasila yang pertama adalah sebagai ideologi atau kumpulan ide, gagasan, akidah, yang kemudian melahirkan berbagai aturan dalam kehidupan.

Karena Pancasila memiliki fungsi sebagai ideologi, maka nilai-nilai Pancasila akan diimplementasikan dalam berbagai macam hal seperti pembangunan nasional dan mengatur sikap warga negara Indonesia untuk mewujudkan kehidupan yang aman, tentram, tertib serta aman.

2. Pancasila Sebagai Dasar Negara

Fungsi Pancasila yang kedua adalah sebagai dasar negara atau juga dapat berarti Pancasila menjadi dasar penyelenggaraan pemerintahan.

Fungsi ini juga ditegaskan dalam Ketetapan MPR No.XVII/MPR/1998 tentang pencabutan P4 dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara. 

Dalam ketentuan tersebut menyatakan bahwa Pancasila adalah dasar negara yang harus dilaksanakan secara konsekuen dan konsisten.

3. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Fungsi Pancasila yang ketiga adalah sebagai pandangan hidup. Hal tersebut berarti bahwa penerapan Pancasila harus dilakukan dalam setiap aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari dan juga harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila tersebut.

Karena memiliki fungsi sebagai pandangan hidup, maka Pancasila merupakan petunjuk agar semua warga Indonesia bisa hidup dengan bahagia dan sejahtera.

4. Pancasila Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

Fungsi Pancasila yang berikutnya adalah sebagai dasar dari segala hukum yang ada di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka berarti Pancasila merupakan kumpulan nilai-nilai yang harus menjadi latar belakang dan petunjuk dalam keseluruhan hukum di Indonesia.

5. Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila terakhir yang akan dibahas oleh Yumin kali ini adalah sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

Hal tersebut tentunya memiliki makna Pancasila merupakan acuan dan menjadi arah tujuan Bangsa dan Negara Indonesia. 

Itulah beberapa informasi tentang apa arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia dan juga fungsi Pancasila dari Yumin kali ini. 

Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi berbagai camilan lezat dari Yupi seperti Yupi Strawberry Kiss, Yupi Bolicious Blackberry, dan masih banyak lagi. Semoga informasi tentang Pancasila dari Yumin kali ini dapat bermanfaat untuk Yupiers.

Home Our Story Events Games Profile