cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Hi Yupiers! Ngga kerasa ya kita sudah memasuki bulan ke-6 tahun 2022 ini! Di mana setiap bulan Juni, khususnya tanggal 1 kemarin, diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila! Hayo Yupiers ada yang hafal ngga nih ke-5 butir Pancasila? Nih Yumin kasih tau lagi deh biar inget!

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Nah sudah ingat kan? Sekarang Yumin mau kasih tau Yupiers nih, apa saja yang bisa Yupiers lakukan sebagai wujud penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari, Yupiers Wajib Tahu!

Pada setiap sila di Pancasila, tentu saja ada makna didalamnya. Seperti yang kita ketahui, Pancasila merupakan dasar negara yang wajib kita laksanakan sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Adapun makna dan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, simak dibawah ini, ya :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pertama, sesuai dengan sila 1 yaitu Yupiers berhak memilih dan menentukan agama serta kepercayaannya sendiri dan rajin beribadah ya! Walaupun di Indonesia ini terdapat 5 agama yang berbeda, namun tetap saja kita harus menghargai perbedaan agama satu dengan yang lainnya, ya!

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Kemudian, Yupiers harus memiliki toleransi yang tinggi, jangan merendahkan sesama. Dalam sila ini, kita sebagai makhluk sesama manusia wajib untuk besikap adil dan tidak membeda-bedakan satu dengan lainnya.

3. Persatuan Indonesia.

Ketiga, pastinya Yupiers harus bangga jadi warga Indonesia dan tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Dalam hal ini juga wujud dari semboyan negara kita yaitu "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Taat dengan semua aturan yang berlaku di lingkungan negara Indonesia. Apalagi negara Indonesia merupakan negara hukum yang menganut UUD 1945. Maka dari itu, hukum di Indonesia harus kita laksanakan dengan baik tanpa melanggar peraturan yang dikeluarkan oleh pemimpin.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Dari bunyi sila ke-5 tersebut dapat dilihat bahwa seluruh rakyat Indonesia harus mendapatkan keadilan sosial yang merata. Itu artinya, setiap masyarakat Indonesia memiliki derajat yang sama di mata hukum dan juga negara. Dengan demikian, sila ke-5 Pancasila sangat menggambarkan harapan Indonesia supaya bangsa dan negara dapat menerapkan keadilan sosial.

Nah itu dia penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa juga untuk selalu bangga dengan produk lokal! #Cintaiprodukdalamnegeri

Yupi yang kenyal, healthy, dan bikin hepi ini bisa didapatkan di Yupi Gummy Store saat berada di Yupiland. Kamu bisa temukan Yupi favorit kamu secara lengkap di sini, gratis ongkir serta dapatkan banyak promo menarik lainnya! Yupi punya merchandise yang ga kalah menarik, lho!

Dapatkan lebih banyak #Yupiness!