menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Apa itu Hari Kesaktian Pancasila? Ini Makna, Sejarah & Tanggal Diperingatinya

Sebagai warga negara Indonesia, sudah kewajiban kita untuk mengingat hari-hari penting yang memperingati jasa-jasa pahlawan yang membangun negara ini seutuhnya, salah satunya yakni Hari Kesaktian Pancasila.

Dilansir dari Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Hari Kesaktian Pancasila merupakan bentuk penghormatan bagi para pahlawan yang gugur saat mempertahankan nilai-nilai Pancasila, dan sebagai pengingat perjuangan pahlawan yang gugur dalam usaha menjaga ideologi bangsa untuk meningkatkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme yang mulai luntur.

Karena sebelumnya Pancasila sebagai ideologi Indonesia pernah ditentang oleh beberapa kelompok, yang salah satunya adalah Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Lalu sebenarnya apa itu Hari Kesaktian Pancasila? Kapan Hari Kesaktian Pancasila diperingati? Yuk, simak pembahasan lengkapnya mulai dari makna hingga sejarah Hari Kesaktian Pancasila disini!

Apa itu Hari Kesaktian Pancasila? Ini Maknanya!

Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen untuk memperingati, menghormati, dan mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup yang dapat mempersatukan rakyat Indonesia.

Salah satu alasan kenapa Hari Kesaktian Pancasila perlu diperingati adalah karena Pancasila dulunya sebagai ideologi bangsa Indonesia pernah ditentang oleh beberapa kelompok untuk diganti dengan ideologi lain. Kelompok ini salah satunya adalah Partai Komunis Indonesia (PKI).

Oleh karena itu, Hari Kesaktian Pancasila diperingati sebagai hari untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan dan memperjuangkan nilai-nilai Pancasila, karena pada saat itu PKI melakukan pemberontakan yang kejam sehingga menjadikan beberapa anggota TNI Angkatan Darat korban dari peristiwa ini. Peristiwa yang dilakukan oleh PKI ini dikenal sebagai Gerakan 30 September PKI, atau yang biasa disebut G30S PKI.

Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga diharapkan dapat meningkatkan sikap nasionalisme dan patriotisme bagi seluruh masyarakat Indonesia, agar seiring perubahan zaman, masyarakat Indonesia tetap menjaga dan memperjuangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun lingkungan yang sejahtera.

Kapan Hari Kesaktian Pancasila Diperingati?

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila.

Mengapa Tanggal 1 Oktober Diperingati Sebagai Hari Kesaktian Pancasila? Ini Sejarahnya!

Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila karena merupakan hari besar nasional untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur. Namun, Hari Kesaktian Pancasila memiliki latar belakang sejarah yang cukup kelam.

Peristiwa Gerakan 30 September PKI atau yang biasa disebut G30S PKI adalah asal mula tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pada saat itu, PKI ingin mengubah ideologi bangsa Indonesia menjadi komunisme. Maka dari itu, mereka berusaha menggulingkan Soekarno dengan segala cara.

PKI mencoba merebut kekuasaan dengan menyingkirkan para pejabat TNI Angkatan Darat satu persatu, karena PKI dikenal tidak memiliki hubungan baik dengan TNI.

Peristiwa mengenaskan ini menewaskan beberapa petinggi TNI AD seperti Jenderal Ahmad Yani, Letnan Jenderal R. Soeprapto, Letnan Jenderal S. Parman, Mayor Jenderal M.T. Haryono, Mayor Jenderal D.I. Pandjaitan, Mayor Jenderal Sutoyo, dan Jenderal A.H. Nasution. Mereka dieksekusi dengan cara diculik terlebih dahulu.

Para pasukan PKI mendatangi satu persatu rumah anggota TNI AD dan mengaku sebagai Cakrabirawa yang merupakan pasukan pengaman Istana dan menyebutkan bahwa mereka anggota TNI AD dipanggil oleh Presiden Soekarno. Setelah tiba di tempat tujuan, mereka di eksekusi dan dibuang jasadnya ke dalam lubang yang saat ini kita kenal dengan sebutan Lubang Buaya.

Jenderal A.H. Nasution berhasil selamat dari peristiwa ini, dan Ahmad Yani, D.I. Panjaitan, serta M.T. Haryono dieksekusi di rumahnya masing-masing, di hadapan keluarganya. Peristiwa kejam ini terjadi pada 30 September 1965, namun para jasad korban baru ditemukan di sumur tua pada 4 Oktober 1965. 

Proses pengangkatan jasad korban dipimpin langsung oleh Mayor Jenderal Soeharto pada saat itu. Beberapa saat setelah pengangkatan jasad korban, Presiden Soekarno langsung memimpin upacara pemakaman para korban G30S PKI di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

Yuk Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Bersama Hero Yupi!
Hero Hero Yupi

Secara historis, tanggal 1 Oktober menjadi titik awal dan dasar yang kuat bagi jati diri bangsa Indonesia sebagai negara yang berdaulat dengan prinsip Pancasila. Untuk menenangkan nasib bangsa dan mempersatukan pandangan, maka penting memperingati hari kelahiran Pancasila ini sebagai identitas dan kesatuan bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila bukan sekadar ritual belaka, melainkan mengingatkan kita kembali pada nasionalisme dan semangat persatuan bangsa yang menjadi warisan berharga dari para pendiri negara.

Hal ini penting bagi kita untuk terus memperingati hari kesaktian Pancasila sebagai wadah persatuan bangsa. Hal ini penting agar kita tak terjerumus kembali pada politik yang menjurus ke perpecahan seperti di masa lalu.

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, sebagai masyarakat Indonesia, kita wajib melestarikan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila, mengingat kembali perjuangan para pendiri bangsa yang berkorban untuk mencetuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara, dan membangun kesadaran akan pentingnya memelihara dan mempertahankan ideologi Pancasila di tengah dinamika sosial bangsa.

Untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang berkaitan dengan pahlawan yang berjasa, kali ini Yumin akan memperkenalkan Yupiers dengan beberapa hero dari Yupi dengan segala kepribadian dan keunikannya.

Yupi memiliki hero yang terbagi ke 4 lokasi, yakni Yupi Jungle, Yupi Space, Yupi City, dan Yupi Sea. Masing-masing lokasi ini memiliki beberapa hero yang memiliki kemampuan dan kepribadian yang berbeda.

  • Di Yupi Jungle, Yupi memiliki hero bernama Berry Straw sebagai sosok yang ceria dan positif, Milly Moos yang peduli dengan keadaan sekitar, Ngo Ngo yang ahli dalam meyakinkan orang lain, dan Mayor Dinono yang dapat berlari dengan cepat.
  • Sedangkan di Yupi Space, ada Gummy Fangs yang merupakan hero yang setia menolong agar mood Yupiers menjadi lebih baik, lalu ada Yuro yang merupakan peri laki-laki ceria dan pemberani, serta yang terakhir ada Twinkle yang merupakan hero yang dapat mengabulkan segala keinginan.
  • Yupi City juga memiliki hero yang tak kalah hebat. Yupi City memiliki Armand yang merupakan hero yang cerdas dan energik, BB yang merupakan beruang yang dapat menjadi pendengar yang baik, Siska gadis cilik yang baik hati, Burger yang mudah bergaul dan disayangi semua orang, hingga yang terakhir ada Master Calcio Abrakada yang merupakan penyihir bijaksana.
  • Di lokasi terakhir, yakni Yupi Sea, ada beberapa hero yang tak kalah keren juga dari yang lain. Yang pertama ada Roletto yang merupakan kura-kura yang tak mudah menyerah, lalu ada Sharky Shark yang merupakan hiu sang penjaga kedamaian, dan yang terakhir adalah Snix yang merupakan cacing yang cerdik dan berhati mulia.

Hero-hero ini dapat Yupiers perkenalkan kepada anak-anak di rumah untuk memberikan pandangan bagaimana pahlawan itu dapat berjasa bagi lingkungan sekitarnya. Yupiers juga bisa memberi si kecil Yupi Little Star atau Yupi Neon Stix kepada si kecil sambil memperkenalkan hero-hero keren yang Yupi miliki.

Jadi, sebagai masyarakat yang bermartabat dan cinta terhadap bangsa Indonesia, kita wajib mengetahui hari-hari besar di negara kita tercinta ini untuk menghormati, mengenang, dan memperingati jasa-jasa para pahlawan yang gugur mendahului kita dalam membangun bangsa ini hingga merdeka. 

Salah satu hari yang perlu diingat adalah Hari Kesaktian Pancasila yang ditetapkan setiap 1 Oktober. Peristiwa mengenaskan di masa lalu harus bisa menjadi motivasi kita sebagai masyarakat yang hidup di zaman sekarang untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memahami apa arti Pancasila yang sebenarnya.

Itu dia pembahasan tentang apa itu Hari Kesaktian Pancasila lengkap dengan makna hingga sejarahnya! Gimana menurut Yupiers? Apa kalian sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

Home Our Story Events Games Profile