menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Nama-Nama Planet Dalam Tata Surya Beserta Gambarnya

Planet dan tata surya selalu menjadi hal yang sangat menarik untuk diperbincangkan, baik bagi orang dewasa, termasuk juga bagi anak-anak. Bagi anak-anak sendiri, mengetahui nama-nama planet tentunya merupakan suatu hal menarik bagi mereka. 

Mengetahui nama-nama planet juga bisa menjadi pengetahuan dasar bagi anak-anak untuk dapat mengetahui berbagai macam hal dengan lebih luas dan tidak terbatas dengan apa yang dapat mereka lihat saja.

Karena perbincangan tentang planet dan tata surya ini sangatlah menarik untuk diulas, kali ini Yumin akan menjelaskan banyak hal tentang planet, tata surya, dan tentu saja nama-nama planet dalam tata surya kita, simak terus pembahasan kali ini ya.

Apa itu Planet dan Tata Surya?

Sebelum mengetahui tentang nama-nama planet, ada baiknya Yupiers kembali mengetahui tentang apa itu planet dan tata surya terlebih dahulu.

Pertama dari tata surya, berdasarkan beberapa sumber seperti Wikipedia, tata surya adalah sekumpulan benda-benda langit yang mengitari sebuah bintang utama yaitu matahari dan terikat oleh gaya gravitasinya. 

Sementara planet, adalah benda-benda atau objek langit yang mengitari matahari dengan orbit atau lintasan yang berbentuk elips.

Sampai saat ini, setidaknya ada delapan planet yang diakui keberadaannya. Delapan planet tersebut kemudian tersusun berdasarkan jarak masing-masing planet dengan matahari.

Delapan planet dalam tata surya kita tersebut diawali dari merkurius, diakhir dengan neptunus dan termasuk di antara daftar delapan planet tersebut adalah bumi, planet tempat kita tinggal saat ini, nantinya Yumin juga akan menjelaskan masing-masing dari planet tersebut.

Pada zaman dahulu, sekitar tahun 1473 sampai 1543, banyak orang berpendapat bahwa bumi adalah inti dari sebuah tata surya, dan bukan matahari, matahari dianggap mengitari bumi.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi teori tersebut terbantahkan dan akhirnya diketahui bahwa inti dari sebuah tata surya adalah matahari, dan bumi serta planet-planet lainnya mengitari matahari sesuai dengan orbitnya masing-masing.

Sebelum mengenal nama-nama planet dalam sistem tata surya kita, ada istilah orbit dan rotasi yang perlu Yumin jelaskan kembali kepada Yupiers agar dapat membedakanya.

Orbit adalah jalur lintasan dan waktu tempuh sebuah planet mengelilingi matahari dalam satu putaran penuh. Sementara rotasi adalah waktu perputaran planet, setiap jali planet itu berputar. 

Jadi bisa Yupiers bayangkan juga, planet-planet yang mengelilingi matahari dalam sistem tata surya kita, itu mengelilingi matahari dengan kondisi berputar sesuai dengan porosnya.

Inilah Urutan dan Nama-Nama Planet di Tata Surya Beserta Gambarnya [Terlengkap]

Setelah mengetahui apa itu tata surya dan planet, berikut ini adalah nama-nama planet dimulai dari planet yang paling terdekat dengan matahari, sampai planet yang paling jauh dengan matahari.

1. Merkurius
planet Merkurius

Dalam urutan pertama nama-nama planet, kita akan memulai dari planet merkurius. Planet merkurius merupakan planet terkecil dalam tata surya kita dengan diameter 58,7 juta kilometer dan sekaligus yang paling dekat dengan matahari.

Planet merkurius juga memiliki suhu yang paling tinggi karena berada paling dekat dengan matahari, yaitu bisa mencapai 439 derajat celcius, namun pada malam hari, suhu merkurius bisa menjadi sangat dingin.

Karena suhu yang sangat tinggi inilah yang menyebabkan gaya gravitasi planet merkurius sangat lemah sehingga udara pada permukaan menguap dan atmosfer menjadi tipis. 

Dalam satu kali orbit, planet merkurius memerlukan waktu 88 hari. Bagian permukaan planet merkurius memiliki banyak kawah besar yang diduga akibat tabrakan dari meteorit.

2. Venus
planet venus

Dalam urutan kedua nama-nama planet, kita akan memasuki planet venus. Planet venus memiliki ukuran yang hampir sama dengan planet kita, bumi, yaitu memiliki diameter 12.104 kilometer. Jarak antara planet venus ini dengan matahari adalah 108,9 juta kilometer.

Meskipun memiliki ukuran yang hampir sama dengan planet bumi, planet venus diselimuti oleh karbon dioksida sehingga tidak memungkin manusia untuk bernafas di planet ini. Selain itu juga, planet venus diselimuti awan yang terbentuk dari asam belerang yang mematikan.

Planet venus juga memiliki arah rotasi yang berlawanan dengan planet bumi dan juga sangat lambat. Dalam satu kali rotasi atau perputaran planetnya, planet venus memerlukan waktu 243 hari di planet bumi. Sementara untuk waktu rotasi atau berapa lama planet venus mengitari matahari adalah 255 hari.

Suhu di planet venus juga tidak jauh berbeda dengan planet merkurius, yaitu bisa mencapai 463 derajat celcius.

3. Bumi
planet Bumi

Dalam urutan ketiga nama-nama planet, planet bumi, tempat kita tinggal adalah planet ketiga tersebut.

Tentunya Yupiers juga sudah mengetahui, bahwa bumi adalah satu-satunya planet yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

Alasan kenapa planet bumi menjadi satu-satunya planet yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup adalah karena planet bumi diselimuti oleh gas yang disebut atmosfer yang memberikan udara untuk bernafas sekaligus mencegah planet bumi dari tabrakan meteor atau batu langit di tata surya.

Atmosfer planet bumi terbuat dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan 1% zat lainnya.

Selain itu juga, jarak antara matahari dan planet bumi juga tepat, yaitu 149,7 juta kilometer. Dalam satu kali waktu orbit, planet bumi memerlukan 365 seperempat hari, sementara untuk waktu rotasinya adalah 24 jam.

Karena jarak yang tepat tersebut, membuat matahari dapat memberikan kehangatan dalam jumlah yang pas, sehingga makhluk hidup tidak merasa kepanasan, atau kedinginan dalam cuaca yang ekstrem.

Selain karena atmosfer dan jaraknya dengan matahari, 70% planet bumi juga diselimuti oleh air yang bisa menjadi sumber kehidupan bagi banyak makhluk.

4. Mars
planet Mars

Dalam urutan keempat nama-nama planet, kita akan mengenal planet merah atau planet mars yang memiliki diameter 6.779 kilometer. Planet mars mendapatkan julukan planet merah karena debu yang melapisi bagian permukaan planet ini.

Sebagai planet keempat, jarak antara planet mars dengan matahari adalah 250.67 juta kilometer. Planet mars sendiri memiliki waktu orbit selama 786 hari, namun untuk waktu rotasinya hanya memakan waktu 24,6 jam saja.

Hal yang menarik dari planet mars ini adalah masih adanya pertanyaan tentang apakah benar di planet ini pernah ada kehidupan atau tidak. Pertanyaan tersebut muncul karena pada permukaan planet mars terlihat adanya alur bekas sungai yang mengering, jurang yang dalam dan dataran bekas pantai. 

5. Jupiter
planet Jupiter

Dalam urutan kelima nama-nama planet, kita akan mengenal planet jupiter yang memiliki jarak dengan matahari sejauh 741.42 juta kilometer. Jupiter juga merupakan planet terbesar dalam tata surya kita dengan diameter mencapai 142 ribu kilometer.

Planet terbesar dalam tata surya kita ini memiliki waktu orbit selama 12 tahun, namun memiliki waktu rotasi yang singkat, yaitu hanya 9,8 jam saja. Planet terbesar dalam tata surya kita juga memiliki jumlah satelit yang paling banyak dibandingkan planet lainnya, yaitu sebanyak 63 satelit.

Para ahli astrologi juga menemukan titik merah besar di planet jupiter yang ukurannya tiga kali lebih besar dari bumi, dimana titik merah besar ini adalah badai raksasa yang telah ada selama 300 tahun.

6. Saturnus
Saturnus

Setelah mengenal planet terbesar dalam tata surya kita, planet keenam adalah planet saturnus. Meskipun ukurannya tidak sebesar jupiter, planet saturnus juga termasuk planet yang besar karena memiliki diameter 120 ribu kilometer.

Salah satu ciri khas atau hal yang sangat membedakan saturnus dengan planet lainnya adalah planet saturnus memiliki cincin yang merupakan kristal es dengan ketebalan mencapai 402 ribu kilometer yang melingkari planet saturnus.

Selain karena cincinnya, planet saturnus jua memiliki cukup banyak satelit, yaitu sebanyak 62 satelit.

Untuk waktu orbitnya, planet saturnus memerlukan waktu orbit selama 29,5 tahun untuk mengitari matahari, dan waktu rotasi planet ini hanya 10 jam saja.

7. Uranus
planet Uranus

Dalam sistem tata surya kita, planet ketujuh adalah planet uranus. Planet uranus adalah planet ketiga terbesar setelah jupiter pada urutan pertama, dan saturnus pada urutan kedua, dimana untuk diameter planet uranus adalah 50,724 kilometer.

Hal yang menarik dari planet uranus adalah planet ini memiliki poros putar yang miring dan juga mendapatkan julukan sebagai planet es terbesar karena suhu rata-rata di dalam planet uranus adalah -224 derajat celcius.

Selain itu juga ternyata planet uranus memiliki cincin yang mirip seperti saturnus, namun ukurannya sangat tipis.

Planet uranus membutuhkan waktu orbit selama 84 tahun untuk mengelilingi matahari dan waktu rotasi planet ini adalah 17 jam 14 menit.

8. Neptunus
KISAH-Neptunuswebp

Planet terakhir dalam sistem tata surya kita adalah planet neptunus. Planet terjauh ini memiliki jarak 4,5 miliar dari matahari dan memiliki diameter 49,244 kilometer. Neptunus memiliki waktu orbit atau durasi waktu tempuh mengelilingi matahari adalah selama 165 tahun, dengan waktu rotasi selama 15 jam 48 menit.

Pentingnya Mengetahui Nama-Nama dan Informasi Tentang Planet Dalam Tata Surya

Setelah mengetahui nama-nama planet, ada juga beberapa manfaat lainnya dengan mengetahui informasi tentang nama-nama planet tersebut.

Beberapa diantaranya melalui nama-nama planet tersebut, anak-anak juga bisa mengenal sejarah seperti nama-nama planet tersebut diambil dari nama-nama dewa pada masa romawi, berbagai macam teori tentang bagaimana tata surya kita terbentuk sampai dengan sejarah dinosaurus yang pernah ada di bumi.

Mempelajari planet-planet tersebut tentunya juga bisa nantinya Yupiers masukan penjelasan tentang bagaimana permukaan bumi yang dapat digambarkan melalui peta atau atlas dunia.

Dalam mempelajari dan mengenal nama-nama planet tersebut, tentunya juga akan semakin menyenangkan jika ditemani camilan permen dari Yupi.

Semoga informasi tentang nama-nama planet dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya.

Home Our Story Events Games Profile