menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Cara Membuat Komik Di Buku Gambar Dengan Mudah, Yuk Cek!

Komik adalah sebuah cerita fiksi yang kini sudah tidak asing lagi. Ada banyak sekali komik yang dapat Yupiers baca dan nikmati, misalnya seperti komik pendidikanNamun ternyata, Yupiers dapat membuat komik yang menarik sendiri di rumah dengan mengetahui beberapa langkah cara membuat komik di buku gambar yang mudah dari Yumin kali ini.

Komik sendiri adalah sebuah karya seni yang menggunakan gambar tidak bergerak, yang kemudian disusun dengan sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah perjalanan alur cerita yang menarik.

Dalam komik sendiri, ada beberapa komponen yang perlu Yupiers ketahui terlebih dahulu. Beberapa komponen dalam komik adalah sebagai berikut.

Panel, yang merupakan kotak berisi isi dan ilustrasi dari sebuah komik yang kemudian saling terhubung satu sama lainnya hingga membentuk sebuah cerita.

  • Parit, ruang antara panel.
  • Balon kata, yang terdiri dari beberapa bagian berikut ini:
    • Balon berisi ucapan atau dialog dalam setiap tokoh dalam komik
    • Balon yang berisi kalimat pemikiran atau isi hati setiap tokoh dalam komik.
    • Balon atau kotak caption yang biasa menjadi narasi dalam sebuah komik.
  • Ilustrasi atau gambar.
  • Tema cerita

Dengan adanya beberapa komponen tersebut, maka cara membuat komik di buku gambar yang mudah akan bisa Yupiers lakukan. Lalu bagaimana caranya? Simak informasi selengkapnya di sini.

Cara Membuat Komik Di Buku Gambar Dengan Mudah

Berikut ini adalah urutan langkah cara membuat komik di buku gambar dengan mudah dari Yumin.

1. Menentukan Genre, Ide dan Cerita pada Komik

Langkah pertama dalam cara membuat komik di buku gambar dengan mudah adalah dengan menentukan genre, ide dan cerita pada komik yang akan dibuat.

Hal tentunya bertujuan agar nantinya isi keseluruhan komik bisa dibuat dengan lebih mudah, termasuk memiliki kesinambungan dan jalan cerita yang menarik.

Jika Yupiers bingung untuk mendapatkan genre, ide dan cerita pada komik yang akan dibuat, maka Yupiers bisa memulainya dengan beberapa ide dengan hal-hal atau suatu hal di sekitar Yupiers lalu mengubahnya menjadi sebuah imajinasi.

Setelahnya, maka Yupiers dapat memulai dengan membuat tema yang menarik, lalu berlanjut pada ide dan cerita pada komik yang akan Yupiers buat.

2. Membuat Judul Komik yang Menarik

Setelah genre, ide dan cerita pada komik telah siap, selanjutnya Yupiers bisa melanjutkan untuk membuat judul komik yang menarik.

Membuat judul haruslah judul yang menarik, namun hal ini mungkin tidaklah mudah. Yupiers tentunya harus menyesuaikan dengan genre, ide dan cerita dari komik yang akan Yupiers buat.

Ada beberapa tips membuat judul komik yang menarik dan bisa Yupiers coba, berikut ini adalah beberapa tips berikut.

  1. Menggunakan dua kata atau lebih hingga menjadi sebuah kalimat yang menarik.
  2. Menggunakan kata kunci atau ide cerita secara jelas dan menarik.
  3. Cobalah untuk membuat beberapa judul komik terlebih dahulu, lalu pilihlah yang terbaik.
  4. Gunakan kata kunci atau ide cerita yang bisa bersifat menjual.

3. Menyiapkan Plot dan Karakter dalam Komik

Cara membuat komik di buku gambar yang mudah kali ini berlanjut pada proses menyiapkan plot dan karakter dalam komik yang akan Yupiers buat.

Plot atau jalan cerita pada dasarnya adalah hasil pengembangan dari beberapa proses yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu mulai dari genre, ide, cerita dan judul komik. Hasil pengembangan dari semua hal tersebut akan menjadi plot atau jalan cerita yang lebih detail pada setiap adegan atau kejadian dalam komik Yupiers.

Dalam menentukan plot atau jalan cerita ini, Yupiers juga perlu menentukan hal lainnya seperti latar belakang tempat dan waktu cerita komik Yupiers, serta konflik apa yang akan ada dalam komik Yupiers.

Lalu untuk karakter, harusnya Yupiers tentunya pada tahap ini. Beberapa karakter yang selalu ada sebuah komik adalah seperti karakter tokoh utama, tokoh pendamping, tokoh antagonis, dan beberapa tokoh lainnya.

Yupiers dapat memulai dengan merencanakan dan menentukan seperti apa sifat sampai dengan penampilan beberapa tokoh yang telah disebutkan sebelumnya oleh Yumin.

4. Menyiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Tahap selanjutnya yang perlu Yupiers juga perhatikan adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat komik Yupiers sendiri.

Ada beberapa peralatan dan bahan yang perlu Yupiers persiapkan, berikut ini adalah beberapa peralatan dan bahan tersebut.

  1. Pensil.
  2. Kertas, bisa menggunakan kertas HVS dengan ukuran A4.
  3. Penggaris.
  4. Spidol
  5. dan peralatan lainnya.

Beberapa peralatan tersebut sudah cukup untuk seorang pemula yang baru memulai membuat komik hasil karyanya sendiri.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Buku Cerita Anak Bergambar, Cek Disini!

5. Membuat Isi Cerita dan Menentukan Jumlah Panel

Setelah perataan siap, kini saatnya Yupiers membuat isi cerita dan menentukan jumlah panel yang dibutuhkan dalam setiap halaman komik Yupiers buat.

Langkah pertama dalam tahap ini adalah Yupiers bisa membuat isi cerita secara keseluruhan komik Yupiers dalam sebuah catatan terlebih dahulu. Lalu setelah hal ini selesai, Yupiers bisa melanjutkannya dengan menentukan jumlah panel dalam setiap halaman komik yang akan Yupiers buat.

Untuk membuat panel ini, tidak ada jumlah batasan berapa jumlah panel yang harus dibuat, Yupiers bisa menyesuaikan sesuai dengan kemauan Yupiers.

6. Mulai Menggambar Komik di Buku Gambar

Langkah terakhir dalam cara membuat komik di buku gambar yang mudah dari Yumin kali ini adalah dengan mulai menggambar komik di buku gambar, sesuai dengan semua hal yang telah Yupiers persiapkan dan lakukan pada beberapa langkah sebelumnya.

Setelah semua peralatan, sudah membuat isi cerita dan juga jumlah panel yang ditentukan,  maka kini saatnya Yupiers. Semoga informasi tentang artikel cara membuat komik di buku gambar yang mudah kali ini, semoga bermanfaat.

Langkah-Langkah Membuat Komik di Buku Gambar yang Mudah (4 Panel)

Setelah mengetahui cara membuat komik di buku gambar, sebagai seorang pemula, membuat komik dengan 4 panel adalah langkah awal yang bisa Yupiers buat. 

Berikut ini adalah beberapa langkah membuat komik dengan 4 panel yang bisa Yupiers coba.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama membuat komik sederhana 4 panel adalah mempersiapkan alat dan bahan. 

Mempersiapkan alat dan bahan ini menjadi langkah awal untuk membuat komik sederhana 4 panel karena tentunya untuk membuat beberapa langkah awal Yupiers tetap memerlukan beberapa alat dan bahan seperti pensil dan kertas.

2. Menentukan Judul 

Setelah alat dan bahan siap, Yupiers bisa melanjutkan untuk menentukan dan membuat judul terlebih dahulu. Pada contoh kali ini, kita akan membuat komik  sederhana dengan menggunakan judul “Buku adalah Jendela Dunia”.

3. Membuat Ide Cerita Komik

Setelah judul siap, tentunya akan lebih mudah bagi Yupiers mengembangkan ide cerita termasuk didalamnya gambaran tentang bagaimana jalan cerita dari komik yang dibuat oleh Yupiers.

Jalan cerita dari ide cerita yang telah Yupiers tentukan sebelumnya bisa berlanjut pada pembuatan keempat panel pada komik sederhana yang akan kita buat kali ini. Sebagai contoh, berikut ini adalah isi dari setiap panel yang bisa Yupiers buat.

  1. Panel Pertama : “Buku adalah jendela dunia.”
  2. Panel Kedua : “Apakah kamu suka baca buku?”
  3. Panel ketiga: “Iya dong aku suka baca buku”
  4. Panel keempat: “Iya, rajin belajar untuk pendidikan yang lebih baik”

4. Membuat Karakter Komik
Membuat Karakter Komik

Tahap selanjutnya, Yupiers dapat membuat berbagai tokoh. Dalam contoh kali ini kita akan membuat komik sederhana dengan judul “Buku adalah Jendela Dunia”, maka Yupiers bisa menggunakan karakter yang melekat pada dan cocok untuk judul tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kita bisa menggunakan karakter sebuah  pensil dan juga sebuah buku.
cara membuat komik di buku gambar dengan mudah

5. Mulai Menggambar Komik
komik dibuku gambar

Setelah semua hal dilakukan, maka Yupiers bisa mulai menggambar komik karya Yupiers sendiri. Dan sebagai contoh, Yupiers dapat melihat contohnya berikut ini.

Itulah beberapa informasi menarik tentang komik, termasuk cara membuat komik di buku gambar yang mudah dan bisa langsung Yupiers coba.

Semoga informasi tentang komik dari Yumin kali ini bisa bermanfaat untuk Yupiers, dan selamat mencoba.

Home Our Story Events Games Profile