menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

15 Komik Pendidikan yang Seru & Cocok Untuk Anak Belajar

Belajar merupakan aspek krusial dalam kehidupan setiap individu, terutama bagi anak-anak. Sayangnya, proses belajar seringkali dianggap membosankan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu alternatif yang menarik adalah melalui pembacaan komik yang memiliki nilai edukasi atau pendidikan.

Menurut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, komik atau cergam adalah bentuk narasi visual yang disampaikan melalui gambar, di mana teks jalannya cerita ditempatkan di dalam atau di bawah gambar-gambar tersebut. Media ini digunakan untuk menyampaikan gagasan dengan mengombinasikan gambar dengan teks atau informasi visual lainnya. Struktur komik sering terdiri dari urutan panel yang disusun secara berdampingan, menciptakan narasi yang komprehensif dan menarik secara visual.

Menggunakan komik sebagai media pendidikan tidak hanya menyajikan ilustrasi menarik, tetapi juga mengandung kisah inspiratif yang sarat dengan pembelajaran positif. Karakteristik yang ringan dan bahasa yang mudah dimengerti membuat komik pendidikan menjadi sarana yang efektif untuk memperkaya proses belajar anak-anak.

Dengan pendekatan ini, pembelajaran tidak hanya menjadi lebih mudah dipahami, tetapi juga lebih menyenangkan, menjauhkan kesan membosankan. Sejumlah komik pendidikan, seperti yang direkomendasikan oleh Yumin, dapat menjadi sumber daya berharga bagi Yupiers dalam mengajarkan berbagai konsep kepada anak-anak.

Ada berbagai contoh komik pendidikan yang bisa Yupiers gunakan untuk mengajarkan anak-anak tentang berbagai macam hal. Nah berikut ini adalah 15 contoh rekomendasi komik pendidikan terbaik dan penuh pesan moral dari Yumin yang bisa Yupiers gunakan.

1. Komik Pendidikan Tema Mencintai Lingkungan
Komik Pendidikan Tema Mencintai Lingkungan

(Sumber gambar dari website: https://superapp.id/blog/parenting/komik-pendidikan/

Rekomendasi komik pendidikan pertama dari Yumin kali ini adalah komik pendidikan dengan judul jangan mengotori alam.

Sesuai dengan namanya, komik pendidikan ini akan mengajarkan semua orang termasuk anak-anak tentang pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Melalui komik ini anak-anak akan lebih paham tentang pentingnya kedua hal tersebut dimanapun mereka berada.

Komik pendidikan ini bercerita tentang sebuah keluarga yang beranggotakan ayah, ibu, dan dua orang anaknya yang sedang menaiki kapal yang menuju ke Jakarta dengan berangkat dari pelabuhan Bakauheni.

Perjalanan kali ini adalah kali pertama bagi anak kedua atau sang adik dalam keluarga ini, dimana ada hal ini terlihat saat sang adik yang pertama kali melihat ada banyak orang yang mengantri untuk masuk ke kapal feri yang akan mereka naiki.

Ketika sudah naik di atas kapal laut dan kapal laut ini berjalan, sang adik ditemani kakaknya melihat-lihat pemandangan lautan dari atas kapal. Sang adik lalu merasa kagum akan keindahan lautan yang dilihatnya, namun sayangnya pemandangan di laut tersebut juga menyajikan berbagai macam sampah yang mengalir ke laut.

Sang kayak kemudian menjelaskan bahwa hal tersebut adalah hasil perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat laut menjadi tercemar oleh sampah. 

Sang kakak kemudian memberikan nasihat penting bagi sang adik sekaligus bisa menjadi pesan bagi semua orang yaitu jangan membuang sampah di lautan.

2. Komik Pendidikan Mengenai Demokrasi
Demokrasi

(Sumber gambar dari link: https://www.facebook.com/100159731394312/posts/festival-demokrasi/300079088069041/

Rekomendasi komik pendidikan yang kedua dari Yumin kali ini adalah komik pendidikan yang berjudul festival demokrasi.

Komik ini bercerita tentang seorang anak dan temannya yang merupakan seekor monyet dan mereka berdua sama-sama menggunakan baju atau seragam sekolah dasar. Ketika mereka berdua sedang berjalan, mereka berdua mendapati atau melihat ada banyak poster dan spanduk pemilu yang dipasang.

Sang monyet kemudian menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena sebentar lagi akan ada acara demokrasi. Sang anak kecil ini kemudian bertanya tentang apa itu demokrasi.

Kemudian sang monyet menjelaskan berbagai macam hal tentang demokrasi, mulai dari apa itu demokrasi, lalu apa hubungannya antara pemilu dengan demokrasi, dan apa manfaatnya memilih wakil rakyat dalam pemilu.

Baca Juga : 
Rekomendasi Buku Untuk Remaja yang Seru & Menambah Wawasan

3. Petualangan Andi dalam Buah Kejujuran
Komik Pendidikan Tentang Buah Kejujuran

(sumber gambar dari website: https://keepo.me/lifestyle/komik-pendidikan/

Komik pendidikan yang selanjutnya adalah komik yang sederhana namun memiliki pesan yang sangat penting.

Komik pendidikan dengan judul buah kejujuran ini adalah komik yang menceritakan Andi yang telah menyelesaikan sebuah ujian namun tidak puas dengan hasil yang didapatkan dan khawatir tidak mendapatkan hadiah dari ibunya.

Sesampainya dirumah, ibu Andi menanyakan hasil ujian Andi. Pada saat ditanya, Andi sempat bingung apakah akan berkata jujur atau berbohong agar tetap mendapatkan hadiah dari ibunya.

Pada akhirnya Andi berkata jujur bahwa nilai ujiannya kurang memuaskan dan mendapatkan nilai 50. Namun Andi terkejut, karena meskipun mendapatkan nilai 50, ibunya tetap memberikan hadiah kepada Andi.

Setelah memberikan hadiah, ibu Andi menjelaskan bahwa dirinya sebenarnya telah diberitahukan oleh guru Andi bahwa terjadi kesalahan dalam proses penilaian, dimana sebenarnya Andi mendapatkan nilai 90 dan merupakan nilai tertinggi di kelas dalam ujian tersebut.

Dari sinilah kita mendapatkan pelajaran bahwa berkata jujur, pada akhirnya akan mendapatkan balasan yang baik kepada diri kita. 

4. Komik Pendidikan Tentang Jangan Menindas yang Lemah
jangan menindas yang lemah

(Sumber gambar: https://keepo.me/lifestyle/komik-pendidikan/

Komik pendidikan selanjutnya adalah komik yang berjudul jangan menindas yang lemah.

Komik dibuka dengan bertemunya Rima dan Dini saat mereka akan berangkat sekolah. Ketika sedang dalam perjalanan, Rima dan Dini melihat Tono yang sedang ditindas oleh Rendi dan teman-temannya dengan cara dimintai uang secara paksa.

Secara sigap dan tegas, Rima dan Dini kemudian memarahi perbuatan Reni dan teman-temannya tersebut. Tidak hanya itu, Rima dan Dini juga memberitahukan hal tersebut kepada guru di sekolah mereka semua.

Pada akhirnya, Rendi dan teman-temannya yang menindas Tono dengan cara meminta uang secara paksa ini diberikan teguran keras dari pihak sekolah melalui guru tersebut, dan bahkan diperingatkan akan dikeluarkan dari sekolah jika masih melakukan hal tersebut.

5. Menyayangi Sesama Makhluk Hidup
menyayangi sesama makhluk hidup

(Sumber gambar dari website: https://keepo.me/lifestyle/komik-pendidikan/

Komik pendidikan selanjutnya adalah komik pendidikan yang berjudul menyayangi sesama makhluk hidup dan menceritakan kisah yang sederhana, namun patut untuk dicontoh anak-anak karena akan mengajarkan nilai kasih sayang kepada semua makhluk hidup.

Komik ini menceritakan tentang seorang anak kecil yang melihat dan menemukan seekor anak burung yang terjatuh dari sarangnya di atas pohon. Anak kecil tersebut kemudian secara sigap mengembalikan anak burung tersebut kembali ke sarangnya di atas pohon.

6. Komik Pendidikan Tentang Bahaya Radikalisme
Komik Pendidikan Tentang Bahaya Radikalisme

(Sumber gambar dari website: https://superapp.id/blog/parenting/komik-pendidikan/

Isu radikalisme adalah salah satu isu yang cukup sensitif di masyarakat, namun hal ini tentunya juga perlu untuk anak-anak ketahui.

Komik pendidikan dengan judul bahaya radikalisme bercerita tentang seorang pemuda bernama Abeng, seorang gadis bernama Meilan, dan seorang tentara yang bernama Binsa.

Pada suatu hari, Abeng, yang bertemu dengan Meilan dan Binsa bertanya kepada Binsa tentang apa itu radikalisme. Binsa kemudian menjelaskan kepada Abeng tentang apa itu radikalisme dan bahaya dengan dibantu oleh Meilan.

Perlu Yupier ketahui juga, pendidikan radikalisme adalh salah satu bentuk pendidikan yang perlu diperkenalkan kepada anak-anak agar terhindari lingkungan yang dapat membuatnya salah dalam bertindak.

7. Memaknai dan Merayakan Hari Kemerdekaan
Memaknai dan Merayakan Hari Kemerdekaan

(Sumber gambar: https://www.brilio.net/ngakak/12-komik-strip-lucu-obrolan-anak-sekolah-ini-bikin-ketawa-181221f.html

Komik pendidikan yang satu ini juga cukup menarik dan bisa dibilang sesuai dengan zaman digital seperti saat ini. Komik dengan judul memaknai kemerdekaan ini tentunya sangat cocok untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya hari kemerdekaan di Indonesia.

Karena hal tersebut, ada berbagai cara untuk mewarnai hari kemerdekaan Indonesia di era digital seperti saat ini, dan salah satunya adalah dengan melakukan upload foto di sosial media dengan menggunakan hastag yang sesuai dengan kemerdekaan Indonesia.

8. Selalu Ada yang Melihat
selalu ada yang melihat

(Sumber gambar dari website: https://www.brilio.net/ngakak/12-komik-strip-lucu-obrolan-anak-sekolah-ini-bikin-ketawa-181221f.html

Komik pendidikan berikutnya adalah komik yang akan sangat mengajarkan anak-anak tentang keberadaan Tuhan Yang Maha Esa.

Komik ini bercerita tentang seorang anak yang bernama Ujang yang diperintahkan untuk menyembelih seekor ayam. Namun setelah diberikan perintah tersebut, Ujang kembali ke pakdenya dengan raut muka yang sedih.

Ujang lalu meminta maaf dan berkata bahwa dirinya tidak dapat menemukan tempat untuk menyembelih ayam tersebut karena selalu ada yang melihat dan mengawasinya, yaitu Tuhan.

Melalui komik ini, anak-anak akan mendapatkan pelajaran bahwa dimanapun dan kapanpun mereka berada, akan selalu ada yang mengawasi serta memperhatikan mereka, yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga : 
7 Rekomendasi Buku Cerita Anak Bergambar, Cek Disini!

9. Pendidikan Pertama Dimulai Dari Keluarga
pendidikan pertama dimulai dari keluarga

(Sumber gambar dari website: https://i.pinimg.com/originals/8a/9b/59/8a9b59177a3de2a166b67c2560d1555e.jpg

Komik pendidikan yang satu ini sangat penting bagi orang tua pahami. Komik ini bercerita tentang seorang anak yang malas dalam belajar dan kedua orang tuanya kesulitan dalam menangani hal tersebut.

Melalui komik ini, Yupiers sebagai orang tua yang baiknya tentunya harus sangatlah paham, bahwa tempat anak-anak belajar pertama kali adalah keluarganya, bukan di sekolah. Melalui pendidikan yang diberikan oleh keluarga inilah, nilai moral-moral yang penting ditanamkan dan diajarkan kepada anak-anak.

10. Pentingnya Berkendara Sesuai dengan Aturan Demi Keselamatan Bersama
pentingnya berkendara (1)

(Sumber gambar dari : https://drive.google.com/file/d/1awIGcYyXlAuQyna7u3csaTQ3nvAV7iDL/view

Komik pendidikan yang akan dibahas oleh Yumin kali ini adalah sebuah komik pendidikan tentang pentingnya berkendara dengan mengikuti aturan demi keselamatan bersama.

Komik ini menceritakan tentang keluarga Pak Mono, yang terdiri dari Pak Mono, Bu Mono, dan putra serta putri yang bernama Hana, Hani dan Hula. Setiap harinya mereka berlima selalu berkendara dengan menggunakan sepeda motor yang mana hal ini telah dilarang karena motor tersebut tentunya akan kelebihan muatan beban.

Meskipun sudah ditegur oleh tetangganya, Pak Mono tidak mendengarkan dan tetap melakukan hal tersebut. Pada suatu ketika setelah hujan reda, Pak Mono bersama dengan istri dan 3 orang anaknya mengalami kecelakaan karena kondisi jalan yang licin setelah diguyur hujan.

Dalam kecelakaan tersebut, yang paling mengalami luka berat adalah ketiga anak Pak Mono. Setelah kecelakaan tersebut jugalah Pak Mono baru kemudian menyesal dan mengakui kesalahan yang dilakukannya.

Dari komik pendidikan singkat ini, kita dapat mengambil pelajaran untuk berkendara sesuai dengan aturan yang berlaku serta ada baiknya juga kita mendengarkan nasihat orang lain yang memang baik untuk kita.

11. Berani Karena Benar
Berani Karena Benar

(Sumber gambar dari: https://www.pinterest.com/pin/597219600607662172/)

"Berani Karena Benar" adalah sebuah komik yang mengisahkan dua anak, di mana satu anak seenaknya membuang sampah sembarangan, sedangkan yang lainnya memberikan teguran dengan cara yang baik dan sopan. Sinopsis singkatnya sebagai berikut:

Dalam kisah ini, kita mengikuti dua anak, seorang yang secara sembarangan membuang sampah, dan yang lainnya yang memiliki keberanian untuk menegurnya. Anak yang melempar sampah mendapat teguran dengan sikap yang baik dan sopan dari temannya. Melalui dialog yang penuh pengertian, anak yang melempar sampah diberi pemahaman tentang dampak negatif dari perilakunya.

Pesan moral dari komik "Berani Karena Benar" adalah menyoroti keberanian untuk berbicara dan menegur dengan cara yang baik ketika melihat perilaku yang tidak benar. Komik ini mengajarkan pentingnya sikap sopan, kesadaran lingkungan, dan kepedulian terhadap kebersihan. Dengan demikian, pembaca diajak untuk memahami bahwa kebenaran bisa diutarakan dengan cara yang baik dan mengedukasi, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk semua.

12. Mata Ciptaan Tuhan
Mata Ciptaan Tuhan

(Sumber gambar dari: https://komik.pendidikan.id/online/komik/mata_ciptaan_tuhan/#p=1)

Dalam komik ini, dua anak perempuan menjadi narator yang mengajak pembaca untuk merenungi keajaiban dunia melalui indahnya anugerah Tuhan berupa sepasang mata. Mereka menggambarkan pengalaman melihat matahari pagi, gunung yang menjulang tinggi, wajah sahabat, serta kecantikan bunga dan pepohonan. Dengan akhir yang penuh makna, mereka menyampaikan bahwa ketika kita menutup mata, kita kehilangan kemampuan melihat.

Pesan moral yang disampaikan melalui komik ini adalah tentang penghargaan terhadap indahnya ciptaan Tuhan dan pentingnya mensyukuri anugerah berupa indera penglihatan. Komik ini mengajarkan pentingnya menyadari dan merenungkan keindahan di sekitar kita, serta menjaga kesadaran akan nilai-nilai positif dalam hidup. Dengan fokus pada mata sebagai alat melihat, pembaca diajak untuk memahami bahwa setiap detik hidup adalah kesempatan untuk mensyukuri keberadaan dan keindahan di dunia ini.

13. Jangan Takut
Jangan Takut

(Sumber gambar dari: https://www.pinterest.com/pin/327285097937918052/)

komik selanjutnya berjudul "Jangan Takut," yang menceritakan seorang anak keturunan Tionghoa sedang asyik membaca buku di taman ketika tiba-tiba didatangi oleh sekelompok remaja yang melakukan intimidasi terhadapnya. Mereka merendahkan anak tersebut dengan mencuri kacamatanya dan merendahkan dengan komentar rasis. Bahkan, kekerasan fisik pun terjadi ketika mereka menendangnya hingga terjatuh. Namun, keberanian datang dari seorang wanita berhijab yang menyaksikan kejadian tersebut. Wanita tersebut mengambil tindakan dengan melempar batu ke arah remaja yang berbuat kasar, membuat mereka lari. Wanita tersebut kemudian menolong anak keturunan Tionghoa tersebut dan membentuk persahabatan yang kuat.

Pesan Moral: "Pesan moral dari komik ini adalah tentang pentingnya berani berdiri melawan ketidakadilan dan diskriminasi. Peristiwa tersebut mengajarkan kepada pembaca bahwa kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai keberanian dan keadilan, serta melawan perilaku rasis dan kekerasan. Persahabatan yang terbentuk antara anak Tionghoa dan wanita berhijab menggambarkan kekuatan solidaritas dan persatuan di dalam menghadapi tantangan. Komik ini mengajak kita untuk tidak takut berbicara dan bertindak untuk membela kebenaran serta menciptakan lingkungan yang inklusif dan penuh toleransi.

14. Jujur
Jujur

(Sumber gambar dari: https://www.pinterest.com/pin/928937860611207555/)

Dalam komik "Jujur," kita diajak masuk ke dalam ruang kelas anak SD. Seiring berakhirnya pelajaran, salah satu dari tiga anak sedang bersiap pulang saat tiba-tiba melihat sebatang pulpen yang tertinggal. Tanpa ragu, ia memutuskan untuk mengumumkan di kelas agar bisa menemukan pemiliknya. Tak lama berselang, salah satu temannya mengaku bahwa pulpen tersebut adalah miliknya, sebuah hadiah dari ayahnya.

Pesan Moral: Pesan moral yang disampaikan melalui komik ini adalah pentingnya kejujuran dan tanggung jawab. Anak yang menemukan pulpen tersebut memilih untuk berbicara dan mengumumkan, meskipun ia bisa saja memilih untuk memilikinya tanpa mengatakan apa-apa. Sementara itu, teman yang kehilangan pulpen juga menunjukkan sikap jujur dengan mengaku bahwa pulpen tersebut adalah miliknya. Komik ini mengajarkan bahwa kejujuran dan tanggung jawab adalah nilai-nilai yang membangun kepercayaan dan menguatkan hubungan antar teman sekelas.

15. Menjaga Rahasia
Menjaga Rahasia

(Sumber gambar dari: https://www.pinterest.com/pin/26247610320051265/)

Dalam komik "Menjaga Rahasia," dua anak perempuan berhijab menjadi tokoh utama. Salah satu dari mereka mengalami masalah ketika celananya robek akibat terkena ranting pohon. Tanpa ragu, teman yang lain segera bertindak dengan meminjamkan jaketnya untuk menutupi robekan tersebut, menjaga rahasia dan memahami perlunya saling menolong.

Pesan Moral: Pesan moral yang diterapkan melalui komik ini adalah tentang empati, kerelaan membantu, dan menjaga rahasia teman. Sikap baik teman yang memberikan jaketnya untuk menutupi celana yang robek menunjukkan kepedulian terhadap masalah orang lain dan keinginan untuk membantu tanpa membuatnya merasa malu atau terpapar. Selain itu, menjaga rahasia menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi dalam persahabatan, menciptakan ikatan yang kuat antara kedua karakter. Komik ini mendorong nilai-nilai persahabatan yang hangat dan kesediaan untuk saling berbagi beban dalam setiap situasi.

Apa Manfaat Komik Pendidikan Untuk Anak-Anak?

Berikut ini adalah beberapa manfaat komik pendidikan untuk anak-anak yang perlu Yupiers ketahui:

  1. Membuat anak menjadi lebih suka membaca.
  2. Mendapatkan banyak ilmu.
  3. Meningkatkan daya imajinasi anak-anak.
  4. Meningkatkan kreativitas anak-anak.
  5. Anak-anak lebih mudah dalam memahami konsep.
  6. Meningkatkan daya ingat anak-anak.
  7. Dapat menghibur anak-anak

Apa Kriteria Komik Pendidikan yang Tepat Untuk Anak?

Berikut ini adalah beberapa kriteria komik pendidikan anak yang tepat:

  1. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.
  2. Proporsional antara gambar dan teks.
  3. Penggambaran tokoh yang sederhana.
  4. Terdapat pesan atau nilai moral yang bisa dijadikan contoh untuk anak-anak.

Bagaimana Cara Membuat Komik yang Mudah?

Beberapa cara membuat komik yang mudah antara lain: 
  1. Menentukan Ide dan Cerita pada Komik, bisa jadi cerita fiksi atau non-fiksi
  2. Membuat Judul yang menarik
  3. Menyiapkan Plot
  4. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
  5. Membuat isi cerita
  6. Mulai menggambar panel
Untuk penjelasan lebih lengkap dan detailnya, kunjungi artikel tersebut.

Itulah beberapa informasi tentang komik pendidikan dari Yumin kali ini. Membaca komik pendidikan merupakan salah satu aktivitas yang akan menyenangkan bagi anak-anak. Dalam setiap komik yang telah kita eksplorasi, kita menemukan cerita-cerita yang memancarkan makna dan pesan moral.

Dengan menggali kebijaksanaan dari setiap cerita, kita dapat merangkai kisah tentang kebaikan, keberanian, dan nilai-nilai positif yang dapat membentuk masyarakat yang lebih baik. Semoga artikel ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi pembaca untuk lebih peduli dan bertindak positif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kita dapat bersama-sama menciptakan dunia yang lebih harmonis dan penuh kasih.

Jika contoh gambar komik di atas masih kurang, Yupiers juga bisa membaca cerita rakyat atau cerita sebelum tidur berikut untuk menambah wawasan tentang pesan moral kehidupan dari berbagai sudut pandang.

Agar aktivitas ini semakin menyenangkan, maka Yupiers bisa memberikan beberapa camilan permen dari Yupi seperti Yupi Milly Moos, Yupi Jungle Fun, Yupi Dino Land, dan masih banyak lagi camilan permen Yupi lainnya untuk menemani anak-anak membaca komik-komik pendidikan tersebut.

Semoga informasi tentang komik pendidikan dari Yumin kali ini bermanfaat untuk Yupiers dan selamat membaca.

Home Our Story Events Games Profile