menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

7 Rekomendasi Buku Cerita Anak Bergambar, Cek Disini!

Membaca merupakan salah satu kemampuan dasar yang esensial bagi setiap individu, termasuk anak-anak. Salah satu metode yang paling efektif untuk memperkuat kemampuan membaca pada anak-anak adalah melalui penyediaan buku cerita yang menarik dan mudah dipahami oleh mereka.

Buku cerita anak merupakan bentuk karya sastra yang diciptakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan intelektual dan emosional anak-anak. Biasanya, buku-buku ini mengandung cerita-cerita yang tidak hanya menghibur, tetapi juga membangkitkan imajinasi, dan menyematkan nilai-nilai moral atau nasihat penting terkait dengan cita-cita dan masa depan mereka.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan, terdapat pula keuntungan lain dengan memberikan atau membacakan buku cerita anak kepada mereka.

Yupiers mungkin bertanya, "Buku cerita anak mana yang sesuai untuk mereka?" Untuk menjawab pertanyaan ini, kali ini Yumin akan memberikan beberapa rekomendasi buku cerita anak bergambar yang menarik, beserta tips dalam memilih buku cerita anak. Mari simak informasi bermanfaat dari Yupi tentang buku cerita anak ini.

1. Yuk! Mengenal Profesi!

Sebagai orang tua yang baik tentunya Yupiers ingin anak-anak tumbuh dewasa secara maksimal dan meraih profesi apa yang mereka cita-citakan. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, tentunya sangat penting untuk memperkenalkan berbagai macam profesi kepada mereka sejak dini.

Konsep memperkenalkan profesi ini akan lebih mudah bagi anak-anak jika menggunakan bantuan buku cerita anak yang berjudul Yuk! Mengenal Profesi!. 

Melalui buku ini nantinya anak-anak akan memahami berbagai macam profesi yang bisa mereka pilih untuk masa depan mereka mulai dari polisi, guru, arkeolog, astronom, tentara, dan masih banyak lagi.

2. Dongeng Asli Nusantara

Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya, cerita rakyat, dan warisan leluhur. Karena hal tersebut salah satu buku cerita anak yang sampai saat ini masih sering diberikan dan dibacakan para orang tua kepada anak-anak mereka adalah buku cerita anak Dongeng Asli Nusantara.

Buku cerita rakyat adalah buku yang menceritakan berbagai macam kisah-kisah rakyat nusantara yang penuh dengan pesan moral yang penting bagi kehidupan, namun ditulis dengan bahasa yang ringan, mudah dibaca, dan mudah dimengerti oleh anak-anak.

Selain beberapa kemudahan tersebut, buku cerita anak ini juga memiliki berbagai macam gambar menarik yang dapat membuat anak-anak memiliki daya imajinasi yang kuat terhadap cerita di dalamnya.

3. Buku Seri Ayo Berkata Baik

Rekomendasi buku cerita anak berikutnya yang bisa kamu berikan kepada mereka adalah buku Seri Ayo Berkata Baik. Seri buku ini terdiri dari 4 buku yang masing-masingnya tentunya mengajarkan nilai-nilai kebaikan yang harus ada dalam setiap pribadi seseorang 

Keempat buku tersebut masing-masing memiliki judul sebagai berikut:

  • Sisi Bilang Terima Kasih
  • Tiko Bilang Tolong
  • Alfa Bilang Maaf
  • Mimi Bilang Permisi 

Melalui buku ini anak-anak akan lebih mengerti 4 kata yang harus benar-benar mereka pahami tersebut, yaitu maaf, tolong, terima kasih dan permisi. Melalui kata-kata tersebut juga, anak-anak menjadi pribadi yang memiliki nilai kesopanan yang tinggi.

Baca Juga : 10 Daftar Film Kartun Anak yang Mendidik & Seru

4. Dongeng Fabel Dinosaurus

Selama masa pertumbuhannya akan ada banyak hal yang dapat membuat anak-anak tertarik, dan salah satu halnya adalah fauna atau hewan. Baik itu hewan peliharaan, hewan liar yang ada di sekitar mereka, sampai dengan hewan yang sudah punah yaitu dinosaurus.

Untuk memperkenalkan berbagai macam jenis dinosaurus maupun cerita tentang dinosaurus dengan lebih mudah kepada anak-anak dan memancing perhatian mereka untuk belajar, maka dongeng fabel dinosaurus yang berisi tentang kisah berbagai macam dinosaurus mulai dari Triceratop, Tyrex, Andromax, dan masih banyak lagi, maka kamu bisa menggunakan Dongeng Fabel Dinosaurus ini.

Memperkenal berbagai jenis dinosaurus ini akan menjadi kegiatan yang sangat menghibur bagi anak-anak jika ditemani oleh Yupi Dino Land yang merupakan camilan sehat dan enak dari Yupi dengan bentuk dinosaurus yang lucu.

5. Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri

Rekomendasi buku anak bergambar yang selanjutnya adalah buku Aku Anak Pemberani, Percaya Diri dan Mandiri. Buku ini sangat cocok bagi Yupiers yang memiliki ke khawatir jika anak-anak harus berada di rumah sendirian, tersesat, terkena bullying bahkan sampai anak diculik.

Hal tersebut karena melalui buku ini anak-anak akan mendapatkan berbagai macam tips untuk menjaga dirinya sendiri saat sedang tidak bersama Yupeirs. Sehingga juga akan meningkatkan kepercayaan diri pada anak dan anak menjadi lebih mandiri. Selain itu juga karena buku ini adalah buku cerita anak tentunya buku ini memiliki halaman-halaman dengan tampilan yang menarik bagi mereka.

6. 365 Dongeng Dunia Binatang

Fauna atau hewan akan selalu menjadi suatu hal yang sangat menarik bagi anak-anak, cerita atau dongeng tentang dunia binatang pun sangat banyak. Karena hal tersebut buku yang berjudul 365 Dongeng Dunia Binatang ini tentunya termasuk salah satu buku yang dapat kamu suguhkan kepada anak-anak.

Melalui buku ini, anak-anak akan mengenal berbagai jenis binatang dalam bentuk kartun yang lucu, mendapatkan berbagai kisah tentang binatang dengan cerita yang menarik, serta disetiap kisah binatang tersebut terdapat pesan moral yang bermanfaat untuk anak-anak.

7. Mom, Dad, I Love You

Rekomendasi buku cerita anak berikutnya adalah buku yang berjudul Mom, Dad, I Love You yang ditulis oleh Arleen A. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah salah satu buku yang dapat mengajarkan kepada anak-anak tentang peran orang tua mereka dalam keluarga.

Melalui buku ini juga anak-anak akan bisa dengan lebih mudah memahami betapa besar kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya. 

Keunggulan lainnya dari buku ini adalah buku ini juga menggunakan bahasa Inggris, sehingga akan lebih memudahkan Yupiers untuk memperkenalkan bahasa Inggris sejak dini kepada anak-anak.

Tips Memilih Buku Cerita Untuk Anak-Anak

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi buku cerita anak yang menarik, berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih judul buku cerita untuk anak-anak.

  1. Menyesuaikan dengan kemampuan membaca pada anak
  2. Pilihlah buku yang tidak terlalu tebal
  3. Pilihlah cerita yang mudah dipahami sesuai dengan usia anak-anak
  4. Memilih bentuk dan juga jenis buku yang aman bagi anak-anak 
  5. Isi buku memiliki visual yang menarik
  6. Pilihlah buku cerita yang dapat memberikan pesan moral  bermanfaat bagi anak-anak 

Baca Juga : Rekomendasi Cerita Novel Persahabatan (Spesial Hari Buku)

Manfaat & Pentingnya Memberikan Buku Cerita Untuk Anak

Informasi terakhir tentang buku cerita anak yang perlu kamu ketahui adalah beberapa manfaat dari membaca buku cerita tersebut kepada anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari hal tersebut.

  • Dapat membantu meningkatkan daya ingat
  • Membantu meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak-anak
  • Membantu mengembangkan daya imajinasi anak
  • Memperluas wawasan dan juga informasi anak 
  • Memperkaya kosakata yang dimiliki oleh anak-anak
  • Anak-anak akan dapat dengan lebih mudah mempelajari hal-hal di sekitar mereka 
  • Melatih dan meningkatkan kemampuan otak anak-anak untuk fokus dan juga berkonsentrasi
  • Memberikan gambaran mengenai kemungkinan pilihan anak memilih cita-cita anak di masa depan

Itulah beberapa informasi dari Yupi mengenai buku cerita anak bergambar menarik yang perlu Yupiers ketahui hingga tips memilih buku cerita dan beberapa manfaat dari memberikan buku cerita ini.

Ketika membacakan rekomendasi buku cerita anak bergambar ini, Yupiers dan anak-anak bisa sambil menikmati berbagai camilan sehat dari Yupi seperti Yupi Jungle Fun, Yupi Milly Moos, dan Yupi School Of Fish yang memiliki bentuk seperti binatang dengan rasa yang enak.

Semoga dengan informasi tentang buku cerita anak dari Yupi kali ini dapat mendukung tumbuh kembang anak-anak secara maksimal.

Baca Juga: 15 Komik Pendidikan yang Seru & Cocok Untuk Anak Belajar

Home Our Story Events Games Profile