menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Kegiatan Seru untuk Memperkenalkan Makna Idul Adha pada Anak

Hi Yupiers!

Menyambut Idul Adha merupakan momen penting bagi umat Islam. Idul Adha bukan sekadar tradisi turun temurun, tetapi juga momen istimewa untuk menanamkan nilai - nilai yang baik kepada anak - anak. Melalui kegiatan edukatif yang seru dan menarik, kita bisa membantu anak memahami makna di balik kurban, pentingnya kepedulian, dan rasa syukur atas limpahan berkah dari Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan seru yang dapat Yupiers lakukan untuk mengenalkan makna Idul Adha pada anak:

1. Menceritakan kisah Nabi Ibrahim dan Ismail

Bantu anak - anak memahami kisah penuh ketaatan dan pengorbanan dari Nabi Ibrahim AS. Jelaskan bagaimana beliau rela mengorbankan putranya Ismail sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, dan bagaimana Allah SWT kemudian menggantikan Ismail dengan seekor kambing. Pada kisah ini, kita dapat memberikan makna pentingnya menuruti perintah Allah SWT. Anak juga dapat belajar bahwa ketika kita ikhlas dan ridho atas nama Allah SWT, Allah SWT akan memberikan pertolongan.

2. Libatkan anak dalam prosesi kurban

Ajaklah anak - anak ke tempat penyembelihan hewan kurban. Berikan informasi tentang hewan apa saja yang boleh disembelih pada saat Idul Adha. Pada saat pemotongan hewan, biarkan anak mengamati para panitia kurban yang sibuk dengan tugasnya masing - masing, dari mulai menyembelih, memotong, membersihkan, menimbang, dan membagikan daging. Makna dari kegiatan ini merupakan kerja sama dan gotong royong yang dilakukan saat Idul Adha bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh anak.

3. Berikan anak kesempatan untuk membantu membagikan daging kurban

Ajaklah anak - anak membantu mengantarkan daging kurban kepada tetangga, fakir miskin, dan kaum dhuafa. Hal ini mengajarkan pentingnya berbagi pada orang lain dan menumbuhkan rasa empati, kepedulian, dan kebahagiaan di dalam diri mereka.

4. Masak hidangan spesial Idul Adha bersama anak - anak
Ajaklah anak - anak membantu memasak hidangan khas Idul Adha, seperti sate dengan membiarkan anak membantu mencuci bahan, memberikan bumbu, menusuk daging pada tusukan, atau mengipas sate saat dibakar. Jelaskan pada mereka untuk merasa bersyukur karena telah mendapatkan rezeki dan telah berbagi dengan sesama. Melalui proses ini, anak dapat merasakan kegembiraan karena dapat berpartisipasi dalam memasak yang akan disantap untuk bersama - sama.

Dengan mengenalkan anak melalui cerita, pengamatan, dan partisipasi langsung, kita dapat membantu mereka memahami dan menghayati makna sejati di balik Idul Adha.

Dan di sela - sela kegiatan Yupiers saat Idul Adha, jangan lupa untuk membeli box Yupi bertanda khusus di warung terdekat, dan dapatkan #YupiSurprise mainan seru langsung tanpa diundi! Jangan lupa mainkan dan menangkan hadiah Smart TV, Camera Vlog, Nintendo Switch, Smart Watch, Smart Phone, Scooter, dan E-Money senilai total 25 juta, dengan ikutan challenge membuat Reels atau Tiktok video berdurasi maksimal 1 menit yang menampilkan kreasi menarik dari koleksi mainan seru #YupiSurprise. Dan jangan lupa untuk gunakan hashtag #YupiSurprise yaa! Daftarkan dirimu disini dan dapatkan lebih banyak #Yupiness!

Home Our Story Events Games Profile