menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Ketahui Macam-macam Vitamin dan Sumber Makanannya

Memahami pentingnya vitamin dalam menjaga kesehatan adalah langkah awal yang baik untuk menjaga keseimbangan nutrisi harian. Vitamin adalah zat organik esensial, yang berfungsi sebagai mikronutrien yang sangat penting dalam mendukung berbagai fungsi organ tubuh.

Melansir informasi dari LMS-SPADA Kemendikbud RI secara umum vitamin terbagi menjadi dua kategori, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air beberapa diantaranya adalah vitamin B dan vitamin C. Sementara itu, vitamin yang larut dalam lemak meliputi Vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan masih banyak lagi.

Setiap vitamin bisa didapatkan dari sumber yang berbeda-beda, dan fungsinya juga berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, vitamin A bisa diperoleh dari wortel, dan berfungsi untuk kesehatan mata, vitamin C yang bisa didapatkan dari buah jeruk dan berfungsi untuk imun tubuh, serta masih banyak lagi vitamin lainnya.

Pembahasan tentang vitamin dari Yupi kali ini akan sangat bermanfaat untuk Yupiers, jadi simak penjelasan tentang macam-macam vitamin dari Yupi kali ini ya.

Vitamin A

Kita mulai dari vitamin A atau yang dikenal juga dengan nama retinol. Melansir informasi dari Healthline: Vitamin A: Benefits, Deficiency, Toxicity, and More, vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin A memiliki manfaat penting bagi kesehatan, termasuk memelihara penglihatan, meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung pertumbuhan janin, menjaga kesehatan kulit, pertumbuhan tulang dan gigi dan juga berfungsi sebagai antioksidan.

Di sisi lain, kekurangan vitamin A dapat berakibat serius, termasuk menyebabkan rabun senja, yang mengganggu kemampuan melihat di malam hari atau dalam kondisi cahaya redup, dan keratomalasia, yang adalah kekeringan pada kornea mata.

Adapun sumber makanan yang kaya vitamin A termasuk sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, serta buah-buahan berwarna jingga seperti wortel dan mangga, yang dijelaskan dalam literatur kesehatan dan gizi. Selain itu, vitamin A juga bisa didapat dari suplemen untuk menjamin asupan yang adekuat.

Vitamin C

Selanjutnya adalah vitamin C, atau yang dikenal juga dengan asam karbonat dan termasuk vitamin yang larut dalam air. Melansir informasi dari Healthline: 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body, ada beberapa manfaat dari vitamin C bagi tubuh kita.

Beberapa manfaat vitamin C bagi tubuh adalah sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi tekanan darah tinggi, dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, dapat menurunkan kadar asam urat dan mencegah asam urat, serta dapat membantu mencegah kekurangan zat besi.

Kemudian masih melansir dari Healthline namun dari rujukan yang berbeda, yaitu kali ini adalah dari Healthline: Vitamin C: Everything You Need to Know, ada beberapa makanan yang bisa menjadi sumber vitamin C, beberapa makanan tersebut adalah seperti buah jeruk, strawberry, paprika, tomat dan masih banyak lagi.

Vitamin C adalah vitamin yang terkenal memberikan banyak manfaat bagi tubuh, karena hal tersebut, beberapa produk permen Yupi memiliki kandungan vitamin C di dalamnya, seperti diantaranya adalah Yupi Bolicious Strawberry yang merupakan salah satu varian rasa dari Yupi Bolicious, Yupi Baby Bears yang memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk anak-anak dengan bentuk yang menarik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Vitamin D

Dalam penjelasan macam-macam vitamin kali ini, kita akan berlanjut ke vitamin D, atau yang dikenal juga sebagai kalsiferol. 

Vitamin D memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, beberapa manfaat vitamin D bagi tubuh tersebut adalah seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, mendukung penyerapan kalsium serta fosfor, yang krusial untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta berperan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit tulang seperti osteomalacia, rakitis, dan osteoporosis.

Sebenarnya tubuh manusia secara alami bisa memperoleh vitamin D melalui paparan sinar matahari pagi, namun kemampuan ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Karena hal tersebut vitamin D akan lebih baik jika didapatkan dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan tertentu.

Melansir informasi dari National Institute of Health: Vitamin D, beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah seperti beberapa jenis ikan seperti ikan tuna dan ikan salmon, beberapa jenis daging merah seperti daging sapi dan daging ayam, serta beberapa makanan lainnya seperti hati sapi, kuning telur dan susu.  

Vitamin D juga menjadi salah satu vitamin yang menginspirasi multivitamin gummy dari Yupi, yaitu Yupi CDZ, yang mana namanya terinspirasi dari kandungan vitamin di dalamnya, yaitu vitamin C, vitamin D dan Zinc.

Vitamin E

Selanjutnya adalah vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak dan secara ilmiah dikenal dengan nama alfa tokoferol. Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Vitamin E memiliki manfaat membantu pembentukan sel darah merah, mengoptimalkan penggunaan vitamin K, menjaga kesehatan kulit, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu juga, melansir informasi dari National Institute of Health: Vitamin E, vitamin E dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, kelainan pada mata seperti katarak, serta memperlambat penurunan fungsi kognitif pada tubuh.

Lalu beberapa makanan yang bisa menjadi sumber vitamin E mencakup minyak nabati, sayuran hijau seperti bayam, dan brokoli, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan seperti mangga, serta kiwi.

Vitamin K

Jenis vitamin yang selanjutnya adalah vitamin K, yang termasuk ke dalam vitamin yang larut dalam lemak. 

Mengutip informasi dari Harvard School of Public Health: Vitamin K, vitamin K terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis pertama disebut phylloquinone yang banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti sawi, kangkung, dan bayam, lalu jenis yang kedua adalah menaquinone yang banyak ditemukan di beberapa makanan hewani serta makanan fermentasi.

Vitamin K memiliki beberapa manfaat utama bagi tubuh, manfaat utama vitamin K bagi tubuh tersebut adalah membantu menghentikan pendarahan pada luka, mencegah terjadinya penggumpalan darah di jantung dan paru-paru, dapat meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang, serta dapat mencegah penyakit jantung karena dapat mencegah pengerasan arteri pada jantung.

Vitamin B Kompleks

Jenis vitamin dalam macam-macam vitamin yang terakhir dari Yupi kali ini adalah vitamin B kompleks, yang terdiri 8 jenis vitamin B.

8 Jenis vitamin B tersebut adalah vitamin B1 yang disebut tiamin, vitamin B2 yang disebut riboflavin, vitamin B3 yang disebut niasin, vitamin B5 yang disebut asam pantotenat, vitamin B6 yang disebut piridoksin, vitamin B7 yang disebut biotin, vitamin B9 yang disebut asam folat, dan vitamin B12 yang disebut kobalamin. Setiap vitamin ini memiliki fungsi spesifik dalam mendukung kinerja tubuh yang optimal.

Melansir informasi dari Harvard School of Public Health: Vitamin B, berikut ini adalah beberapa manfaat dan sumber makanan dari masing-masing vitamin B tersebut:

  • Vitamin B1 (tiamin): Memiliki manfaat mencegah gagal jantung kongestif karena dapat membantu darah terpompa lebih baik ke seluruh tubuh, dan bermanfaat mencegah masalah masalah neurologis seperti penurunan kognitif. Vitamin B1 atau tiamin ini bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, dan yogurt.
  • Vitamin B2 (riboflavin): Memiliki manfaat mengurangi stress dan peradangan saraf yang merupakan penyebab migrain, menjaga kesehatan otak serta jantung. Vitamin B2 atau riboflavin ini bisa didapatkan dari beberapa jenis daging seperti daging sapi dan daging ayam, ikan salmon, bayam, kacang almond, telur, susu beserta olahannya seperti yogurt atau keju.
  • Vitamin B3 (niasin): Memiliki manfaat mencegah penyakit kardiovaskular seperti arteri koroner, serangan jantung, stroke, dan mencegah penurunan kognitif seperti amnesia dan demensia. Vitamin B3 atau niasin ini bisa didapatkan dari daging merah seperti daging sapi atau hati sapi, ikan, beras merah, kacang-kacangan dan pisang.
  • Vitamin B5 (asam pantotenat): Memiliki manfaat membantu proses pemecahan lemak dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Vitamin B5 atau asam pantotenat ini bisa didapatkan dari susu, yogurt, kentang, telur, beras merah, gandum, brokoli, alpukat, daging sapi dan daging ayam.
  • Vitamin B6 (piridoksin): Memiliki manfaat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke, mencegah penyakit, demensia, alzheimer, dan penurunan kognitif, mencegah terkena penyakit kanker, serta mual pada pagi hari seperti pada saat kondisi seseorang sedang hamil. Vitamin B6 atau piridoksin ini bisa didapatkan dari hati sapi, ikan tuna dan ikan salmon, serta beberapa jenis sayur-sayuran berdaun hijau.
  • Vitamin B7 (biotin): Memiliki manfaat mendukung kesehatan kulit, rambut dan kuku. Vitamin B7 atau biotin ini bisa didapatkan dari hati sapi, ikan salmon, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Vitamin B9 (asam folat): Memiliki manfaat membantu mencegah kelainan janin, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker dan membantu melawan perkembangan kanker, membantu mencegah demensia serta alzheimer. Vitamin B9 atau asam folat ini bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan telur.
  • Vitamin B12 (kobalamin): Memiliki manfaat mencegah penyakit jantung dan stroke, mencegah penyakit alzheimer, demensia serta penurunan kognitif. Vitamin B12 atau kobalamin ini bisa didapatkan dari ikan, kerang, telur, susu dan produk olahannya yaitu keju serta yogurt.

Apa yang Terjadi jika Tubuh Kekurangan Vitamin?

Secara umum, ada beberapa kondisi atau penyakit yang bisa terjadi pada diri seseorang tergantung dari jenis vitamin seperti apa yang kurang pada tubuh seseorang. 

Sebagai contoh, seseorang akan mengalami masalah pada indera penglihatan atau matanya seperti rabun senja, keratomalasia, karena kekurangan vitamin A. Daya tahan tubuh atau imun tubuh seseorang juga bisa berkurang karena kekurangan vitamin C sehingga radikal bebas bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Bahkan seseorang bisa sampai terkena beberapa penyakit berat seperti penyakit jantung, stroke dan kanker karena kekurangan vitamin B kompleks.

Karena hal tersebut, sangat penting bagi Yupiers untuk menjaga kesehatan dengan rutin mengonsumi makanan-makanan yang mengandung berbagai macam vitamin, serta bisa juga ditambah dengan mengonsumi multivitamin gummy dari Yupi.

Semoga informasi tentang macam-macam vitamin dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya!

Home Our Story Events Games Profile