menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Apa itu Vitamin C? Yuk Ketahui Manfaat dan Cara Mendapatkannya!

Vitamin C atau yang dikenal juga dengan nama asam askorbat merupakan salah satu vitamin yang kini manfaatnya sudah bukan menjadi hal baru bagi banyak orang. Dari berbagai manfaat vitamin C salah satunya yang paling terkenal adalah dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Namun selain itu, ada berbagai manfaat vitamin C lainnya yang ternyata sangat penting untuk tubuh Yupiers, apa sajakah manfaat-manfaat tersebut? Simak informasi tentang beragam manfaat vitamin C dan dari masa sajakah kita bisa mendapatkan vitamin C berikut ini ya.

Apa saja Manfaat Vitamin C?

1. Meredakan Flu dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebelum kita membahas berbagai macam manfaat vitamin C, mari kita mulai dengan salah satu manfaat vitamin C yang paling terkenal, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan flu.

Penelitian dari National Library of Medicine yang berjudul Vitamin C in Disease Prevention and Cure: An Overview menunjukkan bahwa mengkonsumsi dosis tinggi vitamin C dapat mengurangi keparahan dan durasi gejala flu selama periode infeksi. 

Penelitian ini juga menunjukkan manfaat yang lebih besar saat vitamin C dikonsumsi dalam dosis yang lebih tinggi setelah gejala flu muncul.

Tidak hanya itu, studi juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel T. 

Sel T membantu tubuh melawan infeksi dengan memproduksi sitokin dan membantu sel B dalam melawan infeksi. Mekanisme ini menjelaskan bagaimana vitamin C dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi, terutama selama periode rhinitis atau flu biasa

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Masih dari studi yang sama, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa salah satu manfaat vitamin C adalah dapat membantu dalam proses penyembuhan luka dengan merangsang produksi kolagen, yaitu protein yang diperlukan untuk memperbaiki dan memperkuat jaringan yang rusak. 

Oleh karena itu, penting tubuh untuk mendapatkan suplemen vitamin C dalam dosis yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu dalam penyembuhan luka yang terkena radiasi, serta dalam kasus cedera yang kompleks.

3. Mencegah Kekurangan Zat Besi dan Anemia

Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka anemia bisa terjadi pada tubuh, dan anemia adalah suatu kondisi dimana sel darah merah tidak memiliki cukup zat besi. 

Fungsi dari sel darah merah sendiri adalah untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Kondisi dimana sel darah merah kekurangan zat besi juga dikenal dengan anemia defisiensi besi.

Manfaat vitamin C yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari kekurangan zat besi. 

Dalam sebuah studi yang dilampirkan oleh National Library of Medicine, National Center for Biotechnology Information: Effect of vitamin C supplementations on iron deficiency anemia in Chinese children, pada 65 anak penderita anemia dan membaginya menjadi 5 kelompok, hasilnya adalah vitamin C cukup efektif mengendalikan anemia pada anak-anak.

Karena itulah, tanpa zat besi, tubuh akan kekurangan sel darah darah merah, dimana oksigen dan nutrisi yang seharusnya dikirimkan ke sel-sel tubuh akan berkurang. Salah satu gejala yang paling umum saat tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia adalah kelelahan.

4. Menjaga Kesehatan dan Penampilan Kulit

Salah satu manfaat vitamin C yang paling menarik perhatian banyak orang selain karena dari sisi kesehatan, adalah dari sisi penampilan atau dapat meningkatkan penampilan seseorang. 

Vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan luka seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain itu juga dapat memperlambat proses penuaan dini, mencegah keriput, menjaga keremajaan dan kecerahan kulit. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Hal tersebut dapat terjadi karena vitamin C dapat mendorong produksi kolagen yang dapat melindungi sel kulit dari kerusakan. Kolagen sendiri adalah salah satu protein yang membentuk struktur kulit, dimana struktur kulit ini dapat menurun akibat radikal bebas dari lingkungan dan penuaan. 

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat vitamin C yang cukup penting bagi panca indra pada tubuh kita adalah dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin C dapat memperlambat proses terjadinya katarak dan degenerasi makula, atau gangguan mata pada bagian retina.

Dalam sebuah studi dengan judul Vitamin C and the Lens: New Insights into Delaying the Onset of Cataract dalam Nutrient, kandungan antioksidan pada vitamin C sangat baik bagi mata karena dapat mencegah timbulnya penyakit katarak.

Selain itu juga, dalam salah satu penelitian dalam jurnal Ophthalmology mengatakan bahwa rutin mengkonsumsi vitamin C dapat mengurangi risiko katarak pada mata sebanyak 20 sampai 33 persen karena vitamin C dapat memberikan perlindungan ekstra pada area sekitar lensa mata.

6. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah sel-sel rusak yang berada di dalam tubuh dan bisa membuat tubuh semakin stress apabila terus menumpuk serta bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Berdasarkan informasi dari jurnal Antioxidants dengan judul Therapeutic Perspective of Vitamin C and Its Derivatives, vitamin C, vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat kuat dan mampu menangkal radikal bebas yang bisa masuk ke dalam tubuh.

Antioksidan pada tubuh ini dapat mencegah kerusakan oksidatif pada lipid dan makromolekul lainnya dengan cara mendonorkan elektron untuk menetralisir radikal bebas.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Sebelumnya Yupi sudah mengatakan bahwa vitamin C adalah antioksidan alami bagi tubuh, antioksidan ini dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas, apabila tubuh kekurangan antioksidan, maka tubuh akan mudah mengalami kerusakan, atau mudah terserang berbagai penyakit kronis dan berbahaya bagi tubuh seperti jantung dan stroke.

Dalam hasil jurnal penelitian yang dilampir oleh The American Journal of Clinical Nutrition, dengan judul Antioxidant Vitamins and Coronary Heart Disease Risk: a Pooled Analysis of 9 Cohorts, yang melakukan analisa terhadap 9 penelitian dengan peserta sebanyak 293.172 selama 10 tahun. 

Menghasilkan hasil penelitian yang mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin C setiap hari dapat menurunkan 25 persen resiko terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak.

Baca juga: Kekurangan Vitamin C Pada Anak, Waspadai Tanda dan Gejalanya 

Apa saja Sumber Vitamin C dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Setelah mengetahui berbagai manfaat vitamin C, selanjutnya adalah dari mana sajakah kita bisa mendapatkan vitamin C ini?

Mengutip informasi dari Harvard School of Public Health: Vitamin C, vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran, berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1. Buah-Buahan

Kita mulai dari daftar buah-buahan yang mengandung vitamin C, berikut ini adalah beberapa daftar buah-buahan yang mengandung vitamin C:

  • Jambu Biji
  • Jeruk
  • Strawberry
  • Leci
  • Kiwi

Baca juga: 12 Buah Penambah Imun Tubuh yang Bagus, Cek Disini! 

2. Sayuran

Berikutnya adalah daftar sayur-sayuran yang mengandung vitamin C, berikut ini adalah daftar sayur-sayuran yang mengandung vitamin C:

  • Brokoli
  • Bayam
  • Kembang kol
  • Kale
  • Paprika merah
  • Kentang

3. Suplemen Multivitamin

Selain dari buah dan dan sayur, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian bagi tubuh bisa juga dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu dengan mengkonsumsi multivitamin. Apa itu multivitamin?

Multivitamin adalah suplemen yang memiliki ragam kandungan vitamin di dalamnya, dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk salah satunya adalah mencukupi kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Saat ini ada berbagai macam multivitamin yang tersedia dengan berbagai bentuk, salah satunya yang paling populer adalah multivitamin gummy, yaitu multivitamin yang praktis dikonsumsi dengan tekstur seperti jeli empuk, dan bahkan anak-anak juga pasti menyukainya.

Yupi CDZ

Rekomendasi multivitamin gummy terbaik dari Yupi adalah Yupi CDZ. Mengapa Yupi CDZ? Yupi CDZ adalah multivitamin gummy yang namanya sendiri bahkan terinspirasi dari kandungan vitamin di dalamnya, yaitu vitamin C, vitamin D dan zinc.

Ketiga kandungan di dalamnya tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk salah satunya adalah manfaat vitamin C yang kita bahas pada pembahasan kali ini.

Selain itu juga, Yupi CDZ, merupakan multivitamin gummy dengan rasa buah yang lezat, tekstur yang menarik, dibuat tanpa pengawet, gluten-free, tanpa lemak dan pastinya 100% halal.

Itulah informasi tentang berbagai manfaat vitamin C kali ini dari Yupi, mulai dari meredakan flu hingga mencegah berbagai penyakit kronis dan berbahaya seperti jantung serta stroke. Semoga informasi tentang manfaat vitamin C dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya.

 

Referensi:

https://telemed.ihc.id/artikel-detail-226-Manfaat-Vitamin-C-dan-Bagaimana-Cara-Mengonsumsinya.html 

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/ketahui-10-manfaat-vitamin-c-yang-menyehatkan-tubuh#mcetoc_1hball7u31b 

https://www.halodoc.com/artikel/11-manfaat-vitamin-c-bagi-tubuh-dan-kulit-yang-jarang-diketahui 

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/1642785/ 

https://www.rs-jih.co.id/rsjihpurwokerto/article-detail/manfaat-vitamin-c-bagi-tubuh/TDc2WWs1TzNvSVlCM2tQZnBjMlU4QT09 

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-vitamin-c/ 

https://www.alodokter.com/daftar-makanan-yang-mengandung-vitamin-c-tinggi 

https://www.halodoc.com/artikel/sumber-vitamin-c-yang-bagus-dari-buah-dan-sayur 

https://www.alodokter.com/baca-ini-dulu-sebelum-mengonsumsi-multivitamin

Home Our Story Events Games Profile