menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Mudah Dilakukan

Imun tubuh adalah suatu hal yang sangat penting bagi tubuh kita. Sistem imun tubuh adalah sistem daya tahan tubuh seseorang terhadap berbagai serangan zat atau mikroorganisme asing, baik yang berasal baik dari luar tubuh, maupun yang berasal dari dalam tubuh kita sendiri.

Karena hal tersebut, seseorang yang memiliki sistem imun tubuh yang baik akan memiliki tubuh yang sehat karena meminimalisir virus yang masuk ke tubuh, tidak cepat lelah, dan jika memiliki sebuah luka, maka luka tersebut akan cepat sembuh. 

Lalu pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara meningkatkan imun tubuh dengan mudah untuk mendapatkan tubuh yang sehat? Kali ini Yupi akan membagikan beberapa tips meningkatkan imun tubuh dengan mudah, jadi simak selengkapnya ya.

1. Menjaga Pola Makan Sehat dan Seimbang

Cara meningkatkan imun tubuh yang pertama akan kita bahas dan bisa Yupiers segera lakukan adalah dengan menjaga pola makan sehat dan seimbang.

Melansir dari Centers for Disease Control and Prevention menjaga pola makan sehat dan seimbang akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Bagi orang dewasa, menjaga pola makan sehat dan seimbang akan memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Dapat membantu menjadi hidup lebih lama
  2. Menjaga kesehatan kulit, gigi, dan mata
  3. Mendukung otot
  4. Meningkatkan kekebalan
  5. Memperkuat tulang
  6. Menurunkan risiko penyakit jantung
  7. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
  8. Menurunkan risiko terkena kanker
  9. Mendukung kehamilan dan menyusui yang sehat
  10. Membantu fungsi sistem pencernaan
  11. Membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat

Sementara pada anak-anak, menjaga pola makan sehat dan seimbang akan memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan kulit, gigi, dan mata
  2. Mendukung otot
  3. Membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat
  4. Memperkuat tulang
  5. Mendukung perkembangan otak
  6. Mendukung pertumbuhan yang sehat
  7. Meningkatkan kekebalan
  8. Membantu fungsi sistem pencernaan

Menjaga pola makan sehat dan seimbang bukan berarti Yupiers membatasi untuk mengkonsumsi sesuatu, melainkan lebih kepada mengatur asupan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh.

Mengatur asupan makanan yang masuk ke tubuh bisa dimulai dari mengkonsumsi berbagai jenis makanan sesuai dengan kebutuhan, seperti mengkonsumsi sayur dan buah untuk meningkatkan imunitas tubuh dan untuk mendapatkan vitamin serta mineral, mengkonsumsi nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, mengkonsumsi daging untuk mendapatkan protein serta masih banyak lagi.

Selain mengatur asupan makanan yang masuk ke tubuh, menjaga pola makan sehat dan seimbang juga bisa dilakukan dengan cara mengatur jadwal makan secara teratur setiap harinya, mulai dari sarapan, makan siang sampai makan malam.

2. Aktif Berolahraga

Cara meningkatkan imun tubuh yang kedua adalah dengan aktif berolahraga. Masih melansir dari CDC, ketika kita rajin berolahraga, maka tubuh akan merasakan beberapa manfaat seperti mengurangi risiko terkena penyakit, meningkatkan kesehatan otak, memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Aktif berolahraga dapat dilakukan secara rutin selama 30 menit dalam satu hari, minimal 3 sampai 5 kali dalam 1 minggu. Yupiers tidak perlu langsung melakukan olahraga yang berat, Yupiers bisa memulai dengan melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging, berjalan kaki, senam aerobik, yoga dan masih banyak lagi.

Lalu seiring berjalannya kebiasaan baik ini, intensitasnya bisa ditingkatkan menjadi 6 sampai 7 kali dalam 1 minggu. Lenny Jusup, seorang ahli gizi juga menganjurkan untuk melakukan olahraga di bawah sinar matahari pagi sambil menghirup udara segar.

Aktif dalam melakukan olahraga tentunya akan memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
  2. Memperlancar sistem peredaran darah
  3. Memperlancar asupan nutrisi bagi tubuh sehingga bagi tubuh sehingga dapat tersalurkan dengan baik
  4. Mencegah obesitas
  5. Mencegah risiko penyakit kardiovaskular
  6. Mencegah penyakit osteoporosis
  7. Mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan
  8. Meringankan stres
  9. Memperbaiki suasana hati
  10. Meningkatkan rasa percaya diri

3. Tidur dan Istirahat yang Cukup 

Cara meningkatkan imun tubuh tidak harus selalu dengan cara melakukan suatu hal, tidur dan istirahat yang cukup juga termasuk salah satu cara dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Waktu tidur atau durasi tidur yang dianjurkan adalah 7 sampai 9 jam per harinya.

Perlu Yupiers ketahui, tubuh manusia memiliki protein yang bernama sitokin. Protein sitokin ini memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh, melawan peradangan dan infeksi. Jika kurang tidur dan beristirahat, maka tubuh akan sedikit memproduksi sitokin, karena hal tersebut, tidur dan beristirahat yang cukup akan membantu tubuh dalam memproduksi sitokin.

Selain itu juga memiliki waktu tidur dan istirahat yang berkualitas akan membantu tubuh melakukan penyembuhan dan regenerasi.

4. Membatasi Asupan Gula yang Masuk

Cara meningkatkan sistem imun tubuh yang selanjutnya adalah membatasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Membatasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh juga dapat membantu mencegah terkena diabetes.

Perlu Yupiers ketahui, mengkonsumsi asupan gula secara berlebih dapat meningkatkan protein penyebab inflamasi seperti IL-6, CRP, dan TNF-alpha, yang dapat menyebabkan penurunan sistem imun tubuh sehingga tubuh akan rentan terserang virus dan bakteri sehingga mudah sakit.

5. Mengendalikan Stres

Stres adalah salah satu penyebab muncul berbagai penyakit termasuk salah satunya penurunan sistem imun tubuh. Karena hal tersebut, sangat penting bagi seseorang untuk mengendalikan stress.

Saat seseorang mengalami stress, maka tubuhnya akan memproduksi hormon kortisol yang memiliki potensi untuk menurunkan daya tahan tubuh. Karena hal tersebut, ada beberapa cara untuk mengendalikan stress seperti memperbaiki suasana hati, menjalankan hobi, melakukan meditasi, menyaksikan film, mencurahkan isi hati, melakukan perawatan diri dan masih banyak lagi.

6, Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Berjemur di bawah sinar matahari ternyata juga dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Hal tersebut karena berjemur di bawah sinar matahari dapat memberikan vitamin D bagi tubuh.

Cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi antara jam 8 sampai 10 pagi selama 10 sampai 15 menit setidaknya 3 kali dalam 1 minggu. Selain berjemur, Yupiers juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang kaya akan vitamin D seperti serela, tahu, tempe, dan kuning telur.

7. Mencukupi Kebutuhan Cairan Bagi Tubuh

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dapat memicu sakit kepala, mudah merasa lelah, kesulitan fokus, sampai dapat menurunkan sistem imunitas tubuh.

Karena hal tersebut, pastikan Yupiers memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rutin mengkonsumsi setidaknya 2 liter air mineral setiap harinya.

8. Menghindari Rokok

Merokok merupakan salah satu gaya hidup tidak sehat yang kini sangat banyak dilakukan seseorang. Yupiers tentunya mengetahui bahwa dalam sebatang rokok, terdapat berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh termasuk salah satunya adalah menurunkan sistem imun tubuh.

Selain itu seseorang yang sering terpapar asap rokok juga dapat terkena berbagai efek buruk dari rokok tersebut. Karena hal tersebut, penting bagi Yupiers untuk menghindari rokok baik menghindari untuk mengkonsumsinya maupun menghindari asap rokok tersebut.

9. Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Diri Sendiri

Menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri juga termasuk salah satu cara meningkatkan imun tubuh. 

Seperti yang telah diketahui, salah satu akibat dari melemahnya sistem imun tubuh adalah mudahnya masuk mikroorganisme seperti virus dan bakteri yang berasal dari luar tubuh ke dalam tubuh, karena hal tersebut, menjaga kebersihan lingkungan dapat meminimalisir masuknya kedua hal tersebut ke dalam tubuh.

Sementara menjaga kebersihan diri bukan hanya baik dari sisi penampilan saja, namun lebih dari pada itu. Menjaga kebersihan diri memiliki arti juga rajin membersihkan diri, mulai dari mandi, menggosok gigi, membersihkan rambut, tangan, dan sering mengganti pakaian.

Dengan menjaga kebersihan diri sendiri, akan mengurangi mudahnya penularan penyakit dari orang lain atau masuknya mikroorganisme seperti bakteri dan virus ke dalam tubuh.

10. Mengkonsumsi Suplemen Vitamin Tambahan

Cara meningkatkan sistem imun tubuh yang terakhir adalah dengan rutin mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Sistem imun tubuh akan semakin bekerja secara optimal apabila didukung oleh asupan gizi yang cukup ke dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi tersebut, maka salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan.

Beberapa suplemen vitamin tambahan yang dapat Yupiers pilih adalah seperti suplemen yang mengandung vitamin C, vitamin D, zinc dan vitamin E.

Melansir dari jurnal yang diterbitkan Nutrients, kekurangan vitamin C dapat menurunkan imunitas tubuh, karena hal tersebut, nantinya tubuh akan rentan terkena penyakit. 

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C saja, akan lebih baik jika Yupiers juga mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan.

Yuk Terapkan Kebiasaan Sehat dengan YUPI CDZ, Agar Tubuh Kita Terlindungi dari Ancaman Berbagai Penyakit!
Yupi CDZ

Setelah mengetahui berbagai cara meningkatkan sistem imun tubuh, ada cara juga cara mudah yang bisa langsung Yupiers lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi Yupi CDZ.

Yupi CDZ adalah salah satu produk multivitamin gummy yang nama produknya sendiri terinspirasi dari kandungan vitamin di dalamnya, yaitu vitamin C, vitamin D dan Zinc.

Yupi CDZ bisa menjadi solusi bagi para orang tua yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin anak-anak, karena memberikan asupan nutrisi vitamin kepada anak-anak tidaklah mudah, namun hal tersebut sangat penting untuk mereka untuk mencegah anak-anak kekurangan gizi dan vitamin.

Itulah informasi tentang beberapa cara meningkatkan sistem imun tubuh, mulai dari menjaga pola makan, aktif berolahraga, sampai mulai rutin mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan, semua cara tersebut bisa mulai Yupiers lakukan agar menjadi suatu kebiasaan yang baik untuk tubuh.

Semoga informasi tentang cara meningkatkan sistem imun tubuh dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya.

Home Our Story Events Games Profile