cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Manfaat Mengajarkan Anak Dua Bahasa

Mengajarkan anak dua bahasa ternyata banyak manfaatnya lho!  Biasanya anak dikenalkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Bahkan tak jarang para orang tua memberi fasilitas les atau menyekolahkan anak ke tempat yang mengajarkan materi belajar dua bahasa ini. 

Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai faktor, misalnya pengaruh budaya, tujuan pendidikan atau untuk memperluas wawasan anak sejak dini. Apakah kamu juga menerapkan hal ini pada si kecil?

Ketahui 7 Manfaat Mengajarkan Anak Dua Bahasa

Perkembangan otak si kecil berkembang pesat di masa usia emasnya. Tidak hanya itu saja, masih ada 7 manfaat mengajarkan anak dua bahasa yang perlu kamu ketahui.

Menjadi Komunikator yang Baik

Anak yang diberikan pembelajaran dua bahasa nantinya bisa menjadi komunikator yang lebih baik. Hal ini bisa terjadi karena si kecil sudah terbiasa menerima dua bahasa yang secara tidak langsung dapat melatih kemampuan dasar untuk berkomunikasi. Wajar saja jika nantinya buah hatimu berpotensi memiliki kemampuan komunikasi yang lebih luas dibandingkan yang hanya memiliki kemampuan satu bahasa.

Memiliki Kemampuan Fokus yang Baik

Memberikan pembelajaran dua bahasa kepada si kecil ternyata membantu meningkatkan respon auditori pada batang otak. Inilah yang membuat anak yang belajar dua bahasa lebih fokus meskipun dalam suasana yang berisik sekalipun. Secara alami, anak juga dapat mendahulukan mana yang lebih penting untuk fokus terhadap hal tertentu.

Melatih Memecahkan Masalah

Si kecil yang memahami dua bahasa berpotensi mampu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Bahkan apabila anak sudah dikenalkan dengan dua bahasa sejak sebelum ia berbicara.

Selain dapat merangsang perkembangan bahasa anak, secara tidak langsung bagian otak si kecil lebih berkembang terutama untuk kemampuan kritis dan memecahkan masalah.

Meningkatkan Kemampuan Ingatan Lebih Kuat

Mempelajari dua bahasa yang berbeda kemungkinan besar meningkatkan kemampuan memori si kecil. Awalnya, ia memang lebih mengingat bahasa yang kamu ajarkan saja. 

Namun lambat laun kemampuan ini bisa saja semakin meningkat. Nantinya anak juga akan lebih mudah untuk menangkap informasi.

Melatih Memperhatikan Detail

Ternyata anak yang sudah mempelajari dua bahasa sejak dini mampu memperhatikan setiap detail tertentu dengan baik. Ini bisa terjadi karena kebiasaannya untuk memperhatikan perbedaan visual saat mempelajari dua bahasa. Anak akan memperhatikan dengan cermat saat seseorang mengucapkan bahasa yang berbeda dan melatih fokus pada hal-hal detail.

Memotivasi Untuk Belajar

Buah hatimu akan lebih mudah menyerap informasi dengan cara berinteraksi secara langsung. Kegiatan seperti ini bisa terjadi saat kamu ikut mengajari si kecil untuk belajar dua bahasa. Selain itu kegiatan pembelajaran seperti ini juga bisa meningkatkan motivasi anak untuk terus belajar. Nantinya wawasan si kecil bisa semakin luas.

Otak Tidak Cepat Menua dan Mencegah Demensia

Mengajarkan anak dua bahasa memang memiliki manfaat dapat meningkatkan kemampuan si kecil untuk menyerap informasi. Apabila hal ini dilakukan, maka nantinya saat anak sudah dewasa otaknya tidak akan cepat menua. Apalagi jika dua bahasa tersebut terus digunakan sehari-hari, manfaatnya akan membantu mencegah kepikunan, demensia, maupun sindrom yang menyebabkan penurunan kemampuan otak.

Agar anak lebih mudah diajarkan dua bahasa, kamu bisa memberikan asupan makanan ringan yang bergizi seperti permen Yupi. Permen kenyal dan menyehatkan ini memang memiliki banyak gizi baik untuk kesehatan.  Yuk, stok permen Yupi di rumah untuk si kecil yang sedang belajar dua bahasa.