cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Dengan Permen Yupi Gummy

Hi Yupiers, kalian sedang mencari cara membuat bolu ketan hitam kukus yang lembut, enak, dan tidak seret? Tenang aja, Yupi punya resep rahasianya lho!
 
Seperti namanya, bolu ketan hitam terbuat dari tepung ketan hitam. Hal ini yang membuat kebanyakan kue bolu ketam hitam terasa kasar dan seret. Tapi, dengan takaran dan bahan yang pas kita bisa membuat bolu ketan hitam menjadi lembut, empuk, dan bebas seret. Namun, bolu ketan hitam ini merupakan makanan manis yang menyehatkan, lho! Jadi, tak perlu khawatir untuk mencoba membuatnya.
 
Pasti Yupiers sudah penasaran kan? Yuk, langsung saja simak cara membuat bolu ketan hitam yang lembut dan enak dibawah ini!

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus yang Lembut dengan Yupi Gummy

 8 
Siapa nih disini yang suka banget makan yang manis-manis? Yumin mau ajak Yupiers bikin bolu ketan hitam kukus yang pastinya enak dan bikin nagih. Cocok juga buat Yupiers yang lagi cari resep bolu gluten free! Ikutin Yumin cara bikinnya yuk!

Alat yang digunakan :
  • Mangkuk besar
  • Loyang untuk bolu
  • Spatula
  • Saringan
  • Mixer
  • Dandang kukus
  • Kain bersih

Baca Juga : Resep Puding Buah Dengan Yupiness, Enaknya Bikin Nagih!

Resep dan bahan bolu ketan hitam kukus:

  • 4 Butir telur (4 eggs)
  • 125 gr Gula pasir (Sugar)
  • 6 gr Emulsifier
  • 180 gr Tepung beras ketan hitam (Black sticky rice flour)
  • 1/2 sdt Baking powder
  • 100 ml Minyak
  • 65 ml Santan
  • Margarin
  • Yupi Little Star

Langkah-langkah cara membuat bolu ketan hitam kukus yang lembut dan enak :

  1. Masukkan telur 
 bolu ketan hitam 
   2. Masukkan emulsifier
 bolu ketan 
   3. Mix telur dan emulsifier sampai mengembang ya Yupiers
 bolu hitam 
   4. Setelah telur dan emulsifier mengembang, masukkan gula perlahan sampai putih pucat dan mengembang
 bolu ketan hitam kukus 
   5. Ayak dan masukkan baking powder

cara membuat bolu ketan hitam yang lembut dan enak 
   6. Ayak dan masukkan juga tepung beras ketan hitam pelan-pelan ya

tepung ketan hitam
   
   7. Mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata aja ya Yupiers, jangan kelamaan nanti encer hihi

16 
   8. Masukkan santan

25 
   9. Terus di folding pakai spatula
 17 
   10. Masukkan minyak

18 (2)
    11. Di folding lagi biar ngga menggumpal dibawahnya
    12. Oles margarin ke loyang (biar ngga nempel)
    13. Masukkan adonan ke loyang diameter 20cm

19

14. Abis itu loyangnya di hentak-in ya biar ngga ada udara di bolunya
15. Rebus air dalam dandang sebentar lalu kukus adonan selama 30 menit, jangan lupa tutup dandangnya dipakein kain ya biar uapnya ngga tumpah ke adonan (Note: selama 30 menit, jangan buka dandangnya ya Yupiers!)
16. Pas sudah 30 menit, Yupiers bisa buka dan cek kematangannya pakai tusuk sate. Kalau masih ada adonan basah, berarti perlu di kukus sebentar lagi.
17. Apabila bolu sudah dipastikan matang, keluarkan bolu dari loyangnya
18. Hias dengan Yupi Litte Star

Baca Juga : Cara Membuat Bubur Sagu Mutiara yang Enak Ala #Yupiness


20 
Jadi deh! Gimana Yupiers? Susah atau gampang nih? Walaupun banyak banget langkah-langkahnya, tapi pas Yupiers cobain bolu ketan hitam kukus ngga akan nyesel deh! Dijamin lembut, enak, manisnya pas dan nggak bikin seret!

Yuk abadikan kreativitas Yupiers ini dan jangan lupa untuk tag akun Instagram di @yupi.gummy yaa! Dapatkan juga Yupi favorit kamu secara lengkap dan gratis ongkir di Yupi Gummy Store. Ada merchandise juga yang ngga kalah menarik lho, Yupiers!

Yuk temukan #KreasiYupiness di Yupiland.