cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Fun Ideas

Manis-manis Bolu Ketan Hitam #Yupiness

Hi Yupiers!

Siapa nih disini yang suka banget makan yang manis-manis? Yumin mau ajak Yupiers bikin bolu ketan hitam #Yupiness yang pastinya enak dan bikin nagih. Cocok juga buat Yupiers yang lagi cari resep bolu gluten free! Ikutin Yumin cara bikinnya yuk!
 8 
Alat:
- Mangkuk besar
- Loyang untuk bolu
- Spatula
- Saringan
- Mixer
- Dandang kukus
- Kain bersih
 
Bahan:
- 4 Butir telur (4 eggs)
- 125 gr Gula pasir (Sugar)
- 6 gr Emulsifier
- 180 gr Tepung beras ketan hitam (Black sticky rice flour)
- 1/2 sdt Baking powder
- 100 ml Minyak
- 65 ml Santan
- Margarin
- Yupi Little Star
 
Cara membuat:
  1. Masukkan telur 
 10 
   2. Masukkan emulsifier
 y 
   3. Mix telur dan emulsifier sampai mengembang ya Yupiers
 12 
   4. Setelah telur dan emulsifier mengembang, masukkan gula perlahan sampai putih pucat dan mengembang
 13 
   5. Ayak dan masukkan baking powder

14 
   6. Ayak dan masukkan juga tepung beras ketan hitam pelan-pelan ya

15
   
   7. Mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata aja ya Yupiers, jangan kelamaan nanti encer hihi

16 
   8. Masukkan santan

25 
   9. Terus di folding pakai spatula
 17 
   10. Masukkan minyak

18 (2)
    11. Di folding lagi biar ngga menggumpal dibawahnya
    12. Oles margarin ke loyang (biar ngga nempel)
    13. Masukkan adonan ke loyang diameter 20cm

19 
   14. Abis itu loyangnya di hentak-in ya biar ngga ada udara di bolunya
   15. Rebus air dalam dandang sebentar lalu kukus adonan selama 30 menit, jangan lupa tutup dandangnya         dipakein kain ya biar uapnya ngga tumpah ke adonan
Note: selama 30 menit, jangan buka dandangnya ya Yupiers!
  1. Pas sudah 30 menit, Yupiers bisa buka dan cek kematangannya pakai tusuk sate. Kalau masih ada adonan basah, berarti perlu di kukus sebentar lagi.
  2. Apabila bolu sudah dipastikan matang, keluarkan bolu dari loyangnya
  3. Hias dengan Yupi Litte Star
20 
Jadi deh! Gimana Yupiers? Susah atau gampang nih? Walaupun banyak banget langkah-langkahnya, tapi pas Yupiers cobain bolunya ngga akan nyesel deh! #Yupiness banget!
 
Yuk abadikan kreativitas Yupiers ini dan jangan lupa untuk tag akun Instagram di @yupi.gummy yaa!
 
Yuk dapatkan Yupi favorit kamu secara lengkap dan gratis ongkir di Yupi Gummy Store. Ada merchandise juga yang ngga kalah menarik lho, Yupiers!

Yuk temukan #KreasiYupiness di Yupiland.