cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Apa itu Gelatin? Ini Jenis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pasti Yupiers bertanya-tanya, sebenarnya apa itu gelatin? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak postingan ini sampai selesai, ya!

Selain zat untuk mengenyalkan pangan dan non pangan, gelatin juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, sehingga

Yupi Gummy tertarik untuk membahas jenis-jenis gelatin yang seringkali digunakan sebagai bahan dasar dari permen ini.

Permintaan gelatin di Indonesia yang kian meningkat, membuat zat ini diperlukan dimana-mana. Kebutuhan gelatin sendiri saat ini dipenuhi dari produk impor diantaranya China, Thailand, India, Australia, New Zealand, dan lain-lain.

Nah, daripada Yupiers berlama-lama menunggu, dan semakin penasaran dengan mengenal jenis-jenis gelatin dan manfaat gelatin untuk kesehatan, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu Gelatin? Ini Pengertiannya!

Gelatin adalah ekstrak protein yang berasal dari kolagen hewan dan dikeringkan, fungsinya digunakan untuk zat pembuat gel pada makanan. Gelatin terbuat dari ekstraksi kolagen yang biasanya berasal dari tulang rawan dan kulit hewan misalnya sapi, babi, dan ikan.

Lantas banyak yang bertanya apakah gelatin itu haram? dan gelatin mana yang halal? Jadi, untuk umat muslim yang tidak boleh mengkonsumsi babi, maka untuk produk gelatin yang dibuat menggunakan kulit hewan babi memang haram. Namun, untuk produk gelatin dengan tulang rawan atau kulit hewan sapi atau ikan termasuk halal dan boleh dikonsumsi oleh siapa saja.

Untuk mengetahui lebih jelas, yuk mengenal jenis-jenis gelatin yang berkualitas tinggi dan aman digunakan pada produk-produk makanan.

Baca Juga : Macam-Macam Yupi dan Permen Jadul 90an, Bikin Nostalgia!

Jenis-Jenis Gelatin yang Digunakan untuk Berbagai Produk

Jenis-jenis gelatin ada banyak, namun hanya ada beberapa yang dipasarkan di Indonesia. Berikut adalah jenis gelatin yang dapat Yupiers temui.

1. Gelatin Sapi

Gelatin Sapi

Jenis gelatin yang berkualitas tinggi adalah gelatin sapi. Produk dengan gelatin sapi diambil dari tulang dan kulit jangatnya, jika produk makanan seperti permen menggunakan jenis gelatin ini, maka permen tersebut akan lebih lembut sehingga dapat mudah dibentuk.

Yupi Gummy adalah salah satu pengguna gelatin sapi, sehingga dinyatakan bahwa permen Yupi halal dan bisa dikonsumsi oleh Muslim.

2. Gelatin Babi
gelatin babi

Gelatin babi diambil dari kulit babi, jenis gelatin ini juga diproses untuk dijadikan bahan makanan dan produk lainnya. Namun sayangnya, masyarakat muslim tidak dapat mengkonsumsi makanan yang berbahan gelatin babi.

Semisal ada dessert atau produk makanan yang menggunakan gelatin babi, maka diharuskan untuk memberikan label, agar masyarakat muslim tidak terkecoh dengan makanan tersebut.

3. Gelatin Ikan

gelatin ikan

Selain gelatin sapi dan babi, beberapa jenis kulit dan tulang ikan juga bisa dijadikan gelatin. Ikan yang biasa diproses menjadi gelatin antara lain adalah tuna, patin, tenggiri, dan lain-lain.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa gelatin tidak hanya digunakan untuk pangan saja, namun bisa juga untuk non pangan, misalnya untuk skincare, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Inilah Manfaat Mengkonsumsi Permen Halal Yupi

Manfaat Gelatin untuk Kesehatan

Setelah mengenal jenis-jenis gelatin, Yupiers juga harus tahu nih apa saja manfaat zat gelatin untuk kesehatan. Menurut seorang ahli kesehatan, ada beberapa manfaat yang bisa Yupiers dapatkan diantaranya adalah:

1. Merawat Kesehatan Kulit dan Rambut

kesehatan kulit dan rambut


Semakin bertambahnya usia, maka produksi kolagen di dalam tubuh pun berkurang. Sehingga kulitmu juga akan mudah kering dan keriput. Dengan mengkonsumsi gelatin yang mengandung kolagen, maka kulitmu akan lebih terawat.

Begitu juga dengan kesehatan rambut, suplemen gelatin dipercaya dapat menjaga ketebalan rambut, sehingga tidak mudah rontok.

2. Menjaga Kualitas Tidur

kualitas tidur

Gelatin mengandung asam amino glisin di dalamnya, sehingga dipercaya dapat menjaga kualitas tidurmu lebih baik. Yupiers dapat mengkonsumsi 1-2 sendok makan gelatin sebelum tidur dimalam hari.

3. Mengurangi Resiko Nyeri Sendi

nyeri sendi

Yupiers sering mengalami nyeri sendi? Coba deh untuk rutin mengkonsumsi suplemen gelatin. Dengan mengkonsumsi setiap hari, dipercaya rasa nyeri sendi mu akan lebih berkurang.

Yupi Gummy Candies adalah Produk Permen Halal

Bagi kamu yang masih mengkhawatirkan produk-produk permen Yupi, maka tak perlu khawatir lagi. Pihak PT. Yupi Indo Jelly Gum telah menegaskan bahwa Yupi memiliki sertifikat yang halal dari MUI sejak tahun 2012.

Jenis gelatin yang digunakan pada Permen Yupi Gummy adalah jenis gelatin yang berkualitas tinggi yaitu gelatin sapi yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat muslim.

Tak hanya itu, selain halal, permen Yupi juga sudah dinyatakan aman serta mengandung vitamin C, D dan Zinc di dalamnya.

Gimana Yupiers sudah tidak ragu lagi kan dengan produk-produk Yupi? Yuk segera beli Yupi Gummy di minimarket terdekat! Semoga pembahasan tentang mengenai apa itu gelatin dan jenis-jenis gelatin diatas bisa membantu ya Yupiers!