cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

5 Contoh Kegiatan Kreatif Untuk Anak TK, Yuk Cobain!

Sebagai orang tua, tentunya Yupiers akan senang bila melihat buah hati tumbuh menjadi anak yang kreatif. Untuk itu, Yupiers memberikan beberapa contoh kegiatan kreatif  yang menarik untuk anak TK maupun anak usia dini (paud).

Pada saat anak berusia di bawah 6 tahun atau pada saat sekolah TK merupakan saat yang paling tepat untuk mengasah kreativitas mereka. Untuk meningkatkan kreativitas anak-anak pada usia tersebut, tentunya perlu beberapa contoh keterampilan untuk anak TK yang perlu Yupiers ketahui agar kreativitas mereka dapat semakin terasah dengan baik.

Kreativitas pada anak adalah kemampuan mereka dalam menjalankan ide atau gagasan, kemampuan berekspresi terhadap suatu hal baru yang mereka temui dan bagaimana cara mereka menyelesaikan suatu masalah yang sedang mereka hadapi.

Adapun tujuan atau manfaat yang perlu Yupiers ketahui dengan menjadikan anak-anak menjadi pribadi yang mempunyai keterampilan seni.

Selain itu juga dapat memberikan kesenangan dan kepuasan pribadi bagi mereka, memperkenalkan cara mengekspresikan diri, dan memperkenalkan cara menyelesaikan suatu masalah.

Keterampilan ini juga menjadi basic skill yang mereka butuhkan untuk masa depan mereka. Supaya mereka menjadi pribadi yang berguna bagi diri mereka sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan negara.

Baca Juga : 
Skill yang Biasa Dilombakan dalam Ajang Pencarian Bakat

Contoh Kegiatan Kreativitas Untuk Anak TK

Setelah mengetahui kenapa sangat penting untuk menjadikan anak menjadi pribadi yang terampil dan kreatif, berikut ini adalah beberapa kegiatan kreatif untuk anak TK yang bisa Yupiers lakukan bersama anak-anak. 

Contoh kegiatan anak TK dibawah ini bisa Yupiers lakukan baik di sekolah maupun di rumah. Langsung saja simak berikut ini :

1. Bernyanyi dan Menari

Contoh kegiatan kreativitas anak TK maupun anak usia dini yang pertama adalah bernyanyi dan menari.

Bernyanyi dan menari merupakan kegiatan yang paling mudah untuk Yupiers lakukan bersama anak-anak di rumah. Kegiatan yang satu ini juga sering kali dilakukan saat mereka berada di sekolah TK.

Selain dapat mengasah kreativitas anak-anak, kegiatan yang satu ini juga dapat Yupiers lakukan untuk memperkenalkan berbagai macam hal seperti seni dan juga lagu-lagu yang dapat diterapkan untuk mengajarkan suatu hal.

Yupiers dapat mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan menari serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkreativitas sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Hal yang paling penting adalah tetap mengawasi mereka agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi mereka.

2. Bermain Alat Musik

Kegiatan kreatif untuk anak TK yang kedua adalah bermain alat musik. Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa anak-anak akan dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan kekuatan syaraf dengan lebih baik saat bermain alat musik.

Hal yang perlu Yupiers ketahui bahwa tujuan utama dari kegiatan yang satu ini bukanlah mendidik anak agar menjadi pemusik yang berbakat.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah agar mereka lebih mengenal berbagai macam hal tentang musik seperti tangga nada, tempo sampai beberapa alat musik seperti piano atau biola.

Dengan memperkenalkan mereka pada beberapa macam hal mengenai musik, Yupiers dapat memberikan kebebasan bagi anak-anak untuk berkreativitas dengan apa yang mereka ketahui tentang musik dan membuat mereka menjadi lebih imajinatif.

3. Bermain Peran

Contoh keterampilan untuk anak TK dan paud selanjutnya adalah bermain peran atau pretend play.

Dalam kegiatan yang satu ini, Yupiers dapat mengajak dan mengajarkan mereka untuk memainkan beberapa peran seperti menjadi koki dengan dibantu Yupi Noodles atau Yupi Pizza yang memiliki bentuk yang menarik dengan rasa yang enak, menjadi penjaga toko, dokter dan masih banyak lagi.

Selain untuk mengasah kreativitas, bermain peran atau pretend play ini juga akan membuat anak-anak melatih kemampuan untuk bersosialisasi.

Misalnya seperti kemampuan untuk mengontrol emosional mereka. Hal ini karena kegiatan yang satu ini umumnya dilakukan bersama-sama dengan beberapa anak-anak lainnya.

Yupiers dapat memberikan mereka kebebasan untuk memilih peran seperti apa yang mereka inginkan.

Dengan melakukan hal tersebut maka mereka akan menjadi sangat baik dalam mengatur suatu keadaan dan berimajinasi.

4. Membuat Kerajinan Tangan 

Apa saja kreativitas menarik untuk anak-anak? Salah satunya yaitu dengan mengajarkan keterampilan membuat prakarya yang sederhana untuk anak TK.

Misalnya saja dengan membuat kerajinan tangan kreasi dari kertas origami, bagi anak TK kegiatan ini sangat menyenangkan.

Membuat kerajinan tangan akan membantu mereka menyalurkan apa yang ada dalam imajinasi mereka dan membuat mereka menjadi lebih kreatif.

Hal yang paling penting dalam kegiatan ini adalah bukan dari bagus atau tidaknya kerajinan tangan yang anak-anak buat. Melainkan bagaimana mereka menyalurkan dan mengungkapkan apa yang ada dalam imajinasi mereka.

Selain kegiatan membentuk kertas origami menjadi sebuah karya yang menarik, Yupiers dapat melatih kreativitas anak TK dari barang bekas di sekitar mereka. Misalnya membuat pot tanaman dari botol bekas, melukis botol bekas, dan lainnya.

5. Menggambar dan Mewarnai

Selain beberapa kegiatan di atas, kegiatan menggambar dan mewarnai juga bisa mengasah kreativitas anak-anak. Kegiatan yang satu ini juga cukup sering dilakukan di sekolah dan bisa Yupiers lakukan bersama anak-anak di rumah.

Kegiatan kreatif untuk anak TK yang satu ini juga cukup menyenangkan bagi anak-anak dan pastinya mereka akan menyukainya.

Hal yang paling penting dalam kegiatan ini adalah jangan terlalu memberikan mereka arahan seperti warna apa yang seharusnya mereka gunakan.

Biarkan mereka berimajinasi dengan berbagai warna dan gambar yang mereka temui.

Untuk memulai kegiatan yang satu ini, Yupiers bisa memulai dari beberapa bentuk gambar dasar seperti lingkarang, kotak atau yang lainnya, lalu mulai meminta mereka untuk mewarnai beberapa gambar lainnya seperti daun, langit atau yang lainnya.

Baca Juga : 
Kreasi Seru Strawberry Milkshake dengan Yupi Bolicious Strawberry!

Kiat-Kiat Merangsang Kreativitas Pada Anak

Setelah mengetahui beberapa contoh kegiatan kreatif dan menarik untuk anak TK, berikut ini Yupi akan memberikan informasi beberapa tips penting atau kiat agar dapat merangsang kreativitas pada anak-anak. 

1. Bantu Anak Melatih Pola Pikir

Tips penting yang pertama adalah bantu anak-anak dalam melatih pola pikir mereka. Pola pikir yang dimaksud ini bantu mereka untuk mengenali beberapa hal dasar dalam berimajinasi seperti bentuk dan warna apa yang dapat mereka gunakan.

Salah satu contohnya adalah seperti Yupiers dapat memberikan contoh seperti apa bentuk zebra, warna apa saja yang terdapat pada zebra, ukuran zebra, apa saja yang zebra makan dan berbagai macam hal lainnya. 

Dengan melakukan hal ini, maka anak-anak akan lebih mudah dalam berimajinasi.

2. Memberikan Contoh

Anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun sangat sering meniru berbagai macam hal termasuk apa yang Yupiers lakukan. Hal ini dapat Yupiers manfaatkan untuk memberikan contoh kepada mereka.

Melalui beberapa kegiatan yang telah disebutkan sebelumnya, Yupiers dapat memberikan contoh bagaimana cara yang benar untuk melakukannya namun jangan paksakan hal tersebut dan biarkan anak-anak dalam berimajinasi.

3. Memberikan Fasilitas Pendukung

Tips yang selanjutnya adalah memberikan beberapa fasilitas pendukung. Beberapa fasilitas pendukung seperti pensil warna, dan alat bermain untuk melatih kreativitas lainnya perlu Yupiers berikan kepada anak-anak.

Dengan adanya fasilitas pendukung yang dapat menarik minat mereka, dengan sendirinya mereka akan menggunakannya dan dapat melatih kreativitas mereka.

Baca Juga : 
Permainan Anak yang Menyenangkan dan Manfaatnya

4. Memberikan Kesempatan untuk Melakukan Sendiri

Setelah beberapa tips sebelumnya telah Yupiers lakukan, tips yang berikutnya adalah memberikan kesempatan anak-anak untuk melakukan sendiri beberapa contoh keterampilan kreativitas untuk anak TK yang telah disebutkan pada poin sebelumnya

Hal yang paling penting pada saat ini adalah tetap mengawasi anak-anak agar mereka tetap aman dan dapat mengembangkan kreativitas mereka dengan maksimal.

5. Beri Apresiasi dan Jangan Memarahi

Tips selanjutnya adalah beri anak-anak apresiasi setelah mereka beraktivitas menyalurkan imajinasi mereka seperti pujian atau hadiah. Selain itu juga selama proses mengembangkan imajinasi, jangan pernah memarahi anak-anak.

Kedua hal tersebut akan membuat anak-anak semakin termotivasi untuk mengembangkan imajinasi mereka karena ada beberapa Yupiers terus mendukung mereka.

6. Berkreasi Sambil Bermain

Tips yang terakhir adalah ajak mereka untuk berkreasi sambil bermain. Anak-anak seringkali merasa bosan jika melakukan suatu hal yang tidak menyenangkan. Karena hal tersebut sangat penting bagi Yupiers untuk mengajak mereka berkreasi sambil bermain.

Untuk membuat kegiatan yang menyenangkan, Yupiers juga dapat mengajak anak-anak untuk membuat kreasi buket dengan permen Yupi

Dengan berkreasi sambil bermain, maka anak-anak tetap dapat mengembangkan kreativitas mereka dengan senang hati dan bahagia tanpa merasa terbebani atau tertekan.

Peran Permainan untuk Melatih Kreativitas Anak Usia Dini/TK

Setelah mengetahui beberapa ide keterampilan yang menarik untuk anak TK dan juga beberapa tips untuk mengasah kreativitas mereka, maka Yupiers dapat menyimpulkan bahwa kegiatan atau permainan yang mengasah kreativitas sangat penting bagi mereka.

Melalui beberapa kegiatan atau permainan tersebut, maka mereka akan dapat mengasah kreativitas mereka dengan cara yang menyenangkan dan mereka sukai tanpa merasa terbeban.

Selain itu juga dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk anak TK tersebut juga bisa menjadi sarana untuk membangun komunikasi yang harmonis dalam sebuah keluarga.

Semoga informasi tentang beberapa kegiatan kreatif yang menarik untuk anak TK dari Yupi ini dapat membantu Yupiers dalam mengembangkan kreativitas anak-anak dan membantu mereka bisa tumbuh serta berkembang dengan maksimal.