cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Resep dan Cara Membuat Pie Buah yang Renyah & Anti Gagal

Buah adalah makanan sehat yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain dimakan secara langsung, ada berbagai macam kreasi makanan dari buah yang enak dan kini bisa dinikmati oleh Yupiers. Salah satu kreasi makanan tersebut adalah pie buah.

Membuat pie buah ternyata tidaklah sulit, namun ada beberapa tips penting membuat kue pie buah yang perlu Yupiers ketahui agar kue pie yang Yupiers buat bisa renyah, tidak rapuh dan memiliki rasa yang lezat. 

Lalu bagaimana cara membuat kue pie buah tersebut? Karena kue pie ini merupakan salah satu makanan manis penutup yang sangat lezat, kali ini Yupi akan memberikan informasi tentang resep pie buah dan beberapa tips pentingnya. Simak informasinya berikut ini.

Resep Pie Buah Renyah Anti Rapuh dan Tahan Lama Dengan Yupi Bolicious

Berikut ini adalah beberapa resep pie buah yang renyah dan anti gagal dari Yupi 

Bahan-Bahan yang Disiapkan Untuk Pie Buah

Bahan-bahan pie buah:

  • 250 gram tepung terigu.
  • Dua buah butir kuning telur.
  • 150 gram margarin.
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • Setengah sendok teh vanili bubuk.

Bahan Vla:

  • 250 liter susu UHT.
  • 1 sendok teh maizena.
  • 1 sendok teh margarin.
  • 3 sendok makan gula pasir.
  • 1 buah butir kuning telur.
  • Seperempat sendok teh garam.
  • Setengah sendok teh vanili bubuk.

Bahan agar-agar:

  • 1 sendok teh gula pasir.
  • 1 sendok teh agar-agar plain.
  • 150 ml air.

Bahan topping:

Cara dan Langkah Membuat Pie Buah Ala Yupi Bolicious

  1. Siapkan cetakan kulit pie buah, lalu oles tipis dengan minyak secukupnya.
  2. Campurkan semua adonan bahan untuk kulit pie buah tersebut.
  3. Ambil adonan secukupnya lalu tuang secara pipih dan merata pada cetakan kulit pie buah yang sudah di oles tipis dengan minyak secukupnya.
  4. Tusuk-tusuk adonan kulit pie buah dengan garpu agar kulit pie buah tidak gosong dan matang secara merata saat dipanggang.
  5. Panaskan oven lalu panggang adonan tersebut selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 180 derajat Celcius, atau bisa disesuaikan dengan oven milik Yupiers. 
  6. Sambil menunggu adonan matang, kini saatnya membuat vla. 
  7. Bagi dua susu yang telah disiapkan sebelumnya.
  8. Satu bagian susu campur dengan gula.
  9. Bagian susu yang lainnya dicampur dengan vanili, maizena, dan kuning telur.
  10. Aduk masing-masing kedua campuran susu tersebut hingga merata.
  11. Panaskan susu yang telah dicampur dengan gula sebelumnya.
  12. Tuang susu yang telah dicampur dengan vanili, maizena, dan kuning telur, lalu masak hingga matang dan mengental dengan sempurna kemudian angkat.
  13. Selanjutnya masak semua adonan agar-agar hingga matang lalu angkat.
  14. Tuang adonan agar-agar ke dalam cetakan agar-agar lalu biarkan agar-agar hingga dingin.
  15. Keluarkan kulit pie buah yang sudah matang dari oven dan biarkan kulit pie buah tersebut hingga dingin.
  16. Isi kulit pie buah dengan adonan vla secukupnya lalu hiasi dengan potongan buah dan Yupi Bolicious Strawberry, agar-agar dan tata serta hias pie buah tersebut dengan cantik.
  17. Kue pie buah siap untuk kamu nikmati.

Baca Juga : Inspirasi Resep Makanan Menggunakan Yupi

Tips yang Perlu Diperhatikan Agar Pie Buah Cantik dan Anti Gagal 

Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk membuat kue pie buah yang cantik dan anti gagal.

1. Menaburi Dasar Pie Buah dengan Remahan Roti 

Tips agar kue pie buah cantik dan anti gagal yang pertama adalah menaburi dasar kue pie buah dengan remahan roti. Menaburi dasar kue pie buah dengan remahan roti ini memiliki beberapa fungsi.

Fungsi yang pertama adalah dapat mempercantik tampilan karena bisa digunakan sebagai tambahan topping pada bagian atas kue pie buah. Lalu fungsi yang kedua adalah agar kulit kue pie buah tetap kering dan renyah

Hal yang perlu Yupiers perhatikan untuk tips ini adalah pastikan bahwa remahan roti yang digunakan adalah benar-benar roti yang sudah kering dan dihaluskan.

2. Melapisi Dasar Kue Pie Buah dengan Cokelat

Selain remahan roti Yupiers juga bisa menggunakan cokelat sebagai dasar kue pie buah. Untuk tips ini caranya sangat mudah, cukup oleskan coklat cair dengan tipis pada dasar kue pie buah kemudian diamkan hingga cokelat tersebut membeku.

Cokelat yang membeku ini akan membuat tekstur kue pie buah tetap renyah bahkan jika didiamkan dalam waktu yang lama, dan selain itu juga, cokelat yang membeku di kue pie ini juga dapat menambah rasa manis untuk menggugah selera makan. 

3. Melapisi Kue Pie Buah dengan Kuning Telur 

Tips agar kue pie buah cantik yang berikutnya adalah dengan melapisi kue pie buah dengan kuning telur. Hal ini bisa Yupiers lakukan agar kue pie buah memiliki tampil yang mengkilap dan juga agar memperkuat kue pie buah agar dapat menahan sari-sari yang keluar dari topping buah pada kue pie buah.

Cara melakukan tips ini tentunya sangat mudah, Yupiers cukup mengoleskan kuning telur yang telah dikocok sebelumnya pada adonan kue pie buah, kemudian panggang kue pie buah dengan mengikuti resep pie buah di atas hingga berwarna kue pie buah berubah menjadi kecoklatan yang mengkilap.

Baca Juga : Banana Split Dengan Permen Yupi Gummy

4. Gunakan Tepung Terigu dengan Protein Sedang

Bahan utama dari adonan untuk membuat kue pie buah adalah tepung terigu. Karena hal tersebut, menggunakan tepung terigu yang tepat merupakan salah satu tips penting agar Yupiers dapat membuat kue pie buah yang cantik dan anti gagal.

Tepung terigu yang tepat tersebut adalah tepung terigu yang memiliki kadar protein sedang. Hal tersebut karena semakin tinggi kandungan protein dalam terigu, maka akan semakin tinggi juga kandungan gluten pada tepung terigu. 

Semakin tinggi kadar gluten tersebut, maka akan membuat kue pai mudah menjadi alot. Karena hal tersebut, gunakanlah tepung terigu yang memiliki kadar protein sedang.

5. Perhatikan Ketebalan Adonan Kulit Kue Pie Buah

Tips membuat kue pie buah yang cantik dan anti gagal selanjutnya adalah perhatikan ketebalan adonan kulit kue pie buah yang akan kamu gunakan. Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan karena ketebalan adonan kulit kue pie buah tersebut tidak boleh terlalu tebal dan tentunya tidak boleh juga terlalu tipis.

Jika adonan kulit kue pie buah terlalu tebal, maka besar kemungkinannya adonan kulit kue pie buah tersebut akan sulit matang atau masih mentah pada bagian dalamnya. Sebaliknya jika adonan kulit kue pie buah terlalu tipis, maka kulit kue pie akan mudah patah dan bahkan cenderung akan hangus.

Tips untuk membuat adonan kulit kue pie buah yang tepat adalah kamu bisa menggunakan rolling pin atau botol dengan permukaan yang rata, kemudian ratakan adonan hingga memiliki ketebalan yang merata.

Itulah resep pie buah dan beberapa tips penting membuat kue pie buah yang renyah dan anti gagal dari Yupi kali ini. Selain kue pie buah, masih ada juga makanan lezat lainnya seperti bolu ketan hitam kukus yang bisa juga kamu coba. Semoga informasi dari Yupi tersebut dapat segera kamu coba ya.