menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

5 Resep Rujak Mangga yang Simpel dan Menggugah Selera!

Mangga adalah buah tropis dari Asia Selatan dengan warna kulit berwarna-warni dan daging yang manis. Buah ini kaya akan vitamin C, A, dan serat. Buah mangga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, lho!

Dikutip dari jurnal penelitian yang berjudul "Mango (Mangifera indica Linn) and its Health Benefits" oleh Vandita Singh dan lainnya, buah ini ternyata punya berbagai manfaat kesehatan baik dari pohon, kulit, biji, daun, bunga, bahkan kulit batangnya. Manfaat kesehatan tersebut berasal dari kandungan senyawa biotik, terutama polifenol, yang memiliki aktivitas antioksidan. Berbagai kandungan ini diyakini dapat membantu mengendalikan berbagai penyakit degeneratif.

Bukan itu saja, buah mangga juga bisa disulap menjadi berbagai hidangan lezat. Contohnya, rujak. Rujak mangga adalah salah satu hidangan mangga paling populer di Indonesia. Potongan mangga dimakan bersama saus pedas manis, kacang tanah, dan rempah. Rasanya unik dan disukai banyak orang dari berbagai kalangan.

Di artikel kali ini, Yumin akan membahas berbagai informasi tentang mangga, resep rujak mangga, cara menyimpan, dan apa saja manfaat dari hidangan rujak mangga.

Simak baik-baik, ya!

1. Rujak Mangga Manalagi

Rujak Mangga Manalagi

Bahan:

  • 4 Buah Mangga Manalagi
  • 100 gram Gula Merah
  • 10 Buah Cabe Rawit (optional)
  • 10 gram Asam Jawa
  • 1 sendok teh Garam
  • 1 sendok makan Gula Pasir
  • Air Matang secukupnya 

Cara Membuat

  1. Siapkan semua bahan rujak
  2. Haluskan dan campur gula merah, cabe rawit, asem jawa, dan garam dengan ulekan. Sambil ditambah air sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.
  3. Campurkan bumbu rujak ke dalam mangga dan aduk rata
  4. Taburi gula pasir diatas rujak lalu tutup rapat.
  5. Simpan rujak di kulkas selama 2-3 jam sampai berair
  6. Rujak mangga manalagi siap dinikmati.

2. Rujak Mangga Muda

Resep Rujak Mangga Muda

Bahan:

  • 2 buah mangga muda
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 1/4 terasi yang dibakar sebentar 
  • 100 gr gula merah
  • 1 sdm kacang tanah yang sudah digoreng 
  • 3 butir asam jawa
  • 10 ml air matang
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Haluskan cabai, terasi, garam, gula merah, dan asam jawa. Lalu masukan kacang tanah dan ulek kasar.
  2. Tambahkan air matang dalam ulek dan dan sampur rata dengan sendok.
  3. Kupas mangga muda setelah dicuci bersih dan potong. 
  4. Campur mangga muda dengan sambal. Rujak siap disantap.

3. Rujak Mangga Serut

Rujak Mangga Serut

Bahan:

  • 1 buah mangga setengah muda (sekitar 500 gram)
  • Cabai merah dan cabai rawit sesuai selera 
  • 4 mata asam jawa, buang bijinya
  • 4 sdm gula merah
  • 1/2 bungkus terasi instan
  • 1/3 sdt garam

Cara membuat:

  1. Sebut buah atau potong tipis dengan pisau. Sisihkan.
  2. Ulek semua bahan sambal sambil dicicipi.
  3. Ambil sebagian mangga dan campur ke sambal. Lalu, campurkan semua secara bertahap 
  4. Diamkan selama satu jam sampai layu dan bumbunya meresap. Rujak mangga siap dinikmati.

4. Resep Rujak Mangga Gula Merah

Rujak Mangga Muda

Bahan:

  • Bumbu rujak
  • Cabe rawit & cabe merah secukupnya 
  • 1 buah gula merah
  • 1/4 sdt terasi
  • 1 sdm gula pasir

Cara Membuat:

  1. Kupas mangga, cuci bersih, dan potong kecil-kecil.
  2. Ulek bumbu rujak sambil diicip sampai sesuai.
  3. Campurkan bumbu dan mangga. 
  4. Aduk hingga sambal merata pada mangga.

5. Resep Rujak Mangga Muda Serut

Resep Rujak Serut Mangga Muda

Bahan:

  • 3 buah mangga muda
  • 3 biji cabe rawit merah
  • 1 ruas jari asam muda
  • Terasi secukupnya 
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya 

Cara Membuat

  1. Kupas mangga, cuci bersih, lalu diserut.
  2. Ulek cabai rawit merah, asam muda, garam, terasi, dan gula merah.
  3. Campurkan bumbu dengan mangga yang sudah diserut, aduk hingga rata.
  4. Koreksi rasanya dan simpan dalam kulkas.
  5. Rujak mangga serut siap dinikmati.

Jenis Mangga Apa saja yang cocok untuk Rujak Mangga?

Buah mangga banyak jenisnya, mulai dari mangga lokal dan mangga mancanegara. Masing-masing punya rasa dan tekstur yang berbeda. Tapi, buah mangga apa sih yang cocok untuk dijadikan rujak?

1. Mangga Gadung atau Mangga Arum Manis

Mangga arum manis atau mangga gadung seringkali menjadi pilihan utama dalam pembuatan rujak di Indonesia. Alasannya karena buah ini punya daging yang padat dan rasa asamnya pas untuk dijadikan rujak. Dengan begitu, rasa buah dan bumbu rujak cocok untuk dikonsumsi bersama.

2. Mangga Apel

Mangga berwarna kemerahan ini dari pesisir Kenya dan mudah ditemukan di berbagai supermarket. Teksturnya lembut dan rasanya manis, mirip dengan apel.

Mangga apel yang masih mudah lebih pas untuk dijadikan bahan rujak karena teksturnya lebih padat dan tidak terlalu berair. Karena rasanya lebih masam, bumbu rujak akan terasa lebih menyatu dan harmonis jika dimakan bersama mangga apel.

3. Mangga cengkir

Mangga cengkir muda adalah buah yang ideal untuk dijadikan pembuatan rujak. Dagingnya tidak terlalu berair dan cocok untuk dimakan bersama sambal rujak. Apalagi kalau sudah matang, daging buah akan jadi lebih manis, mangga ini bisa jadi rujak asinan.

Aroma mangga ini juga lebih kuat daripada mangga lainnya. Kalau dimasak, aromanya lebih intens dan asam daripada beraroma manis. Selain itu, dagingnya juga lebih berserat saat matang, sehingga anak-anak pun bisa makan buahnya tanpa dipotong.

4. Mangga Manalagi

Mangga yang ini juga merupakan mangga yang sering ditemukan di supermarket. Bentuknya lebih kecil daripada mangga gadung atau cengkir. Kalau dibelah, warnanya lebih gelap. Sebelum matang, mangga ini justru manis dan akan menjadi lebih manis setelah masak.

Tekstur dari mangga ini tidak berair dan tetap memiliki rasa manis yang unik. Karena itu, buah ini mudah dijadikan bahan untuk rujak. Rasa manisnya cocok dengan rasa sambal rujak yang pedas dan asin. Buah ini juga bisa dijadikan asinan.

Nah, itu dia beberapa jenis buah mangga yang cocok untuk dijadikan bahan rujak. Semuanya memiliki rasa dan tekstur yang berbeda, tapi enak dikonsumsi dengan sambal rujak yang khas.

Apa manfaat dari Rujak Buah?

Dilansir dari Hello Sehat, rujak memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh dan kesehatan pengkonsumsi hidangan ini, yaitu:

1. Menurunkan gula darah

Kalau biasanya makanan manis menjadi penyebab gula darah naik, hal ini akan berbeda dengan rujak. 

Riset dari tim peneliti Oklahoma State University menyatakan bahwa kadar gula darah beberapa orang obesitas menurun setelah rutin mengkonsumsi mangga. Hal ini disebabkan efek senyawa aktif dan antioksidan dalam buah mangga.

Selain itu, mangga mengandung gizi yang bagus seperti vitamin A, vitamin C, folat, vitamin B, vitamin K, dan kalium. 

2. Menjaga kesehatan tulang

Buah nanas dalam campuran rujak juga mengandung kalsium dan tembaga yang baik untuk tulang.

Mengutip dari penelitian yang dimuat dalam jurnal Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism (2016), disebutkan bahwa tembaga adalah mineral yang dapat menjaga kesehatan tulang manusia. Maka orang yang kekurangan asupan tembaga berpotensi memiliki gangguan kesehatan pada tulang.

3. Melancarkan pencernaan

Banyak camilan yang menyebabkan gangguan pencernaan karena terlalu manis atau asin. Tapi rujak justru memperbaiki kesehatan pencernaan karena mengandung enzim bromelain dan serat yang tinggi dari buah-buahan.

Dengan kandungan ini pada buah di hidangan rujak, usus akan bisa bergerak lebih baik dan sehat.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Berbagai buah-buahan mengandung khasiat yang bagus untuk kulit. Buah dengan kandungan vitamin C memiliki antioksidan yang membantu produksi kolagen agar kulit tetap terjaga. Vitamin C juga menjaga dan memperbaiki kulit kering dari paparan sinar matahari.

5. Menurunkan resiko penyakit jantung

Sambal kacang untuk rujak pun punya manfaat, lho. Kacang tanah yang pada sambal punya senyawa resveratrol serta asam oleat yang melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan radikal bebas. 

Namun, menurut American College of Cardiology, khasiat ini baru bisa diperoleh jika 2 porsi kacang (110 gram) dikonsumsi secara rutin selama seminggu.

6. Menjaga kesehatan mata

Berbagai buah di rujak juga bisa menjaga kesehatan mata seperti kedondong dan nanas. Berbagai buah ini mengandung betakaroten yang bisa mengurangi stress oksidatif di mata karena cahaya alat elektronik.

Lalu, tubuh akan akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A oleh tubuh yang berguna untuk mempertajam kemampuan penglihatan.

7. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Buah di rujak juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein). Selain itu, buah dalam rujak seperti jambu air juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). 

Karena itu, buah dari rujak baik untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatanmu.

8. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi bisa terjadi kalau tubuh sedang kekurangan cairan. Hal ini bisa menurunkan fungsi organ dari sebagaimana seharusnya. Hal ini bisa dihindari dengan minum air putih.

Tapi bukan cuma air putih, buah-buahan juga merupakan sumber mineral dan air yang baik untuk tubuh. Maka dari itu, rujak buah bisa mengembalikan elektrolit yang hilang dalam tubuhmu.

Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak dimakan dengan sambalnya, ya. Karena konsumsi berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau asam lambung.

Bagaimana cara menyimpan Rujak mangga agar Tetap Segar?

Rujak mangga memang enak, namun nggak sedikit yang sulit langsung menghabiskan sekaligus. Nah, ini dia beberapa tips untuk menyimpan rujak mangga agar tetap segar dan manfaat buah mangganya tetap terjaga:

1. Pilihlah buah yang matang dan segar

Buah yang segar bisa disimpan jauh lebih lama dibandingkan buah yang overripe. Buah yang overripe biasanya mudah rusak 

2. Potong Mangga Secara Bersih

Potong mangga dengan bersih dan hindari potongan yang terlalu besar. Potongan yang lebih kecil bisa menjaga ketahanan rujak untuk lebih lama.

3. Hindari Air Berlebih

Pastikan mangga benar-benar kering sebelum dicampur dengan bumbu rujak. Kalau mangga terlalu lembab, bakteri lebih cepat tumbuh dan lebih cepat busuk.

4. Simpan di dalam Wadah Tertutup

Tempatkan rujak mangga dalam wadah kedap udara atau toples yang dapat tertutup rapat untuk menjaga kesegaran rujak.

5. Simpan di dalam Kulkas

Jangan simpan rujak di freezer. Simpan rujak di dalam kulkas dalam wadah yang ditutup rapat agar bisa bertahan lebih lama.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memperpanjang masa simpan rujak mangga dan tetap menikmati kesegarannya.

Berapa lama Rujak Mangga bisa bertahan?

Rujak mangga yang disimpan dengan baik dan benar sesuai anjuran bisa bertahan untuk cukup lama, lho. Rujak disarankan untuk disimpan dalam wadah yang ditutup rapat. Selain itu, sebaiknya rujak diletakkan dalam kulkas yang dingin untuk menghindari kebusukan.

Jika disimpan dengan baik dan benar, rujak mangga bisa bertahan 2-3 minggu. Tapi, dianjurkan untuk segera menghabiskan dalam waktu yang lebih singkat agar saat dikonsumsi rasanya masih segar dan enak.

Apa Perbedaan Rujak dan Lotis?

Rujak dan lotis memang memiliki kemiripan. Tidak sedikit yang suka salah membedakan lotis dan rujak. Tapi ternyata mereka punya perbedaan lho!

Keduanya memiliki bahan dasar yang sama dan mirip, mereka juga sama-sama menggunakan sambal untuk menikmati buahnya. Ternyata, perbedaan antara kedua hidangan ini ada di cara makannya, lho.

Untuk lotis, buahnya akan disajikan dengan potongan agak besar tapi tipis. Lalu, nanti akan dimakan dengan mencocol buah ke sambal atau bumbunya. Sedangkan untuk rujak, buatnya diparut dan akan langsung dicampur dengan sambal atau bumbunya. Jadi makannya menggunakan sendok.

Buat Pengalaman Kuliner Lebih Berkesan dengan kelezatan Yupi Bolicious Mango!
Yupi Bolicious Ripe Mango

Itu dia beberapa resep rujak mangga yang sedap dan segar. Rujak mangga yang mudah dibuat ini juga ternyata punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Kalau kamu suka mengonsumsi mangga yang merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin c, Yupi memiliki produk Yupi Bolicous Mango, lho!

Kalau Yupiers dirumah seorang pecinta mangga, Yupi Bolicious Mango ini cocok untuk kamu. Varian ini punya sensasi buah mangga pada setiap gigitan. Permen lunak ini menawarkan cita rasa istimewa dengan kandungan jus buah mangga sebanyak 20% pada tiap buahnya. Jadi, kamu bisa menikmati sensasi buah mangga yang khas dan menyegarkan.

Nah, Yupi Bolicious Mango ini cocok banget jadi topping rujak mangga ataupun manisan mangga. Rasa rujak mangga yang pedas, manis, dan asam akan jadi semakin segar dengan tambahan Yupi Bolicous Mango yang membuat rujak mangga semakin lengkap dan nikmat!

Semoga bermanfaat, ya

Home Our Story Events Games Profile