menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan, Ini Kandungan Gizi dan Vitaminnya!

Manfaat buah mangga untuk kesehatan telah lama diakui, bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena kekayaan gizi serta vitamin yang terkandung di dalamnya. 

Mangga merupakan buah tropis yang populer, terkenal dengan citarasa manis yang menggugah selera, dan konsistensi dagingnya yang begitu memikat. Namun, apa yang sering terlupakan adalah bahwa di balik kelezatannya tersebut, mangga juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Dilansir dari Healthline, buah mangga merupakan buah yang penuh nutrisi untuk menunjang imun tubuh, rendah kalori, dapat mencegah diabetes, hingga mampu menjaga kesehatan jantung.

Salah satu manfaat utama mangga adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Mangga juga mengandung vitamin C dan A, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga kesehatan mata, dan mendukung pertumbuhan sel.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam mangga mempromosikan pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Kandungan vitamin A dan E dalam mangga mendukung kesehatan kulit dan berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh.

Dengan segudang manfaat kesehatan ini, mangga adalah pilihan makanan yang cerdas untuk memasukkan ke dalam pola makan sehari-hari, membantu Anda menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, kali ini, Yumin akan berbagi wawasan tentang manfaat buah mangga untuk kesehatan yang lengkap dengan kandungan gizi serta vitamin didalamnya. Penasaran? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mangga, dengan kandungan vitamin C dan A yang tinggi, berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat, membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat. Sementara vitamin A mendukung produksi sel darah putih yang penting dalam respons kekebalan tubuh terhadap infeksi.

2. Menurunkan Resiko Kanker

Mangga mengandung senyawa antioksidan seperti quercetin, fisetin, dan asam galat yang dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko kanker tertentu. Antioksidan ini bekerja dengan melawan radikal bebas dan menghambat perkembangan sel kanker.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dalam mangga membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu mencegah penuaan kulit, mengurangi keriput, dan mempromosikan pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat.

4. Mencegah Diabetes

Mangga memiliki indeks glikemik yang rendah dan mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mengendalikan gula darah. Serat dalam mangga membantu memperlambat penyerapan gula, yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam mangga dapat mendukung kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol, kalium membantu menjaga tekanan darah yang seimbang, dan antioksidan melindungi jantung dari kerusakan oksidatif.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Mangga juga memiliki kandungan beta-karoten, senyawa yang berperan penting untuk kesehatan mata. Beta-karoten dapat membantu melindungi mata dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam mangga membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan usus hingga mencegah penyakit usus. Mangga juga mengandung enzim alami yang berperan besar dalam proses pencernaan makanan.

Kandungan Gizi dan Vitamin Dalam Buah Mangga

Buah mangga adalah sumber nutrisi yang kaya. Ia mengandung vitamin C, yang kuat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta vitamin A, yang mendukung kesehatan mata dan kulit. Mangga juga mengandung vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Kandungan serat yang tinggi dalam mangga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, mangga mengandung kalium yang mendukung fungsi jantung dan tekanan darah yang seimbang, serta folat yang penting dalam perkembangan sel tubuh.

Dilansir dari Healthline, mangga (165 gram) mengandung berbagai nutrisi sebagai berikut:

  • Folat: 18% 
  • Gula: 22,5 gram
  • Kalori: 99
  • Kalium: 6%
  • Karbohidrat: 24,7 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Protein: 1,4 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Magnesium: 4%
  • Niasin: 7% 
  • Riboflavin: 5% 
  • Tembaga: 20%
  • Tiamin: 4% 
  • Vitamin B6: 12%
  • Vitamin A: 10% 
  • Vitamin C: 67%
  • Vitamin E: 10% 
  • Vitamin K: 6% 

Buah Mangga Terdiri dari Apa Saja?

Buah mangga memiliki daging yang lezat dan berair yang meliputi bijinya. Daging mangga bisa berwarna kuning cerah, oranye, atau hijau tergantung pada jenisnya. Biji mangga itu sendiri cukup besar dan berbentuk pipih. Beberapa jenis mangga memiliki daging yang lebih manis dan lembut, sementara yang lain mungkin memiliki rasa yang lebih asam.

Buah mangga memiliki berbagai kandungan nutrisi didalamnya, berikut adalah nutrisi yang terkandung dalam 1 buah mangga:

  • Folat: 40-45 mg
  • Fosfor: 14-20 mg
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Kalsium: 10-15 mg
  • Kalium: 200 mg
  • Magnesium: 10-15 mg
  • Protein: 1-1,5 gram
  • Serat: 1,5-2 gram
  • Vitamin A: 55-60 mg
  • Vitamin C: 35-60 mg
  • Vitamin E: 9 mg

Jenis Mangga Apa yang Paling Manis?

Mungkin untuk jenis mangga yang paling manis, Yupiers memiliki preferensi masing-masing. Namun ada beberapa jenis mangga yang diklaim sebagai jenis mangga paling manis, mulai dari mangga arumanis, mangga manalagi, mangga gedong gincu, mangga golek, hingga mangga madu. 

Beberapa jenis mangga tersebut merupakan jenis mangga yang paling manis yang tentunya wajib kalian coba! Jenis-jenis mangga tersebut dapat menjadi referensi kalian untuk rekomendasi buah penambah imun tubuh yang sangat enak rasanya.

Nikmati Sensasi Unik Buah Mangga Dalam Yupi Bolicious dan Yupi Mango Kiss
Yupi Bolicious Ripe Mango

Nikmati sensasi unik buah mangga yang lezat dalam salah satu produk Yupi, yakni Yupi Bolicious Mango dan Yupi Mango Kiss. Dengan rasa manis dan kelezatan yang khas, hingga tekstur yang lembut dan kenyal tentu akan, memberikan kalian kebahagiaan dalam setiap gigitan. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan mangga yang autentik, yang Yupi berikan dalam bentuk yang praktis dan menyenangkan. Jadikan Yupi Bolicious Mango dan Yupi Mango Kiss pilihan camilan kalian agar tetap ternutrisi dan juga happy.

Dapat disimpulkan bahwa buah mangga adalah buah tropis yang bukan hanya lezat, tetapi juga bermanfaat secara kesehatan. Kandungan gizi dan vitamin yang melimpah membuat mangga menjadi pilihan camilan yang bermanfaat. 

Kita telah melihat bagaimana kandungan vitamin C, A, E, serat, kalium, folat, dan beta-karoten dalam mangga memiliki dampak positif pada tubuh kita.Mangga telah terbukti mendukung sistem kekebalan tubuh, melindungi kesehatan mata, kulit, dan jantung, serta membantu dalam pencegahan penyakit seperti diabetes dan kanker. 

Ketika kita merenungkan manfaat buah mangga ini, kita seharusnya tidak hanya melihatnya sebagai buah yang lezat, tetapi juga sebagai sebuah investasi dalam kesehatan tubuh kita dalam jangka panjang. Dengan mengkonsumsi mangga secara teratur, kita dapat merasakan manfaat luar biasa ini dan menciptakan pola makan yang lebih sehat dan seimbang.

Jadi, jangan ragu untuk menikmati buah mangga sebagai bagian dari menu harian kalian. Buah mangga dapat menjadi pilihan tepat sebagai buah yang mengandung vitamin C sangat tinggi. Gimana menurut kalian? Apa jenis buah mangga favorit kalian? Semoga bermanfaat ya!

Home Our Story Events Games Profile