cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Mental Yupi Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

13 Buah yang Mengandung Vitamin C Tertinggi, Yuk Ketahui!

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat dari Vitamin C ini, dan salah satunya adalah melalui beberapa buah yang mengandung Vitamin C tertinggi.

Vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga organ dalam tubuh sampai dengan penampilan seseorang. 

Sementara bila Yupiers kekurangan Vitamin C, maka akan ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi seperti sariawan, imunitas menurun dan masih banyak lagi.

Kebutuhan Vitamin C pada setiap orang berbeda tergantung dari usia seseorang. Berikut ini adalah angka 

  • Untuk anak dengan usia 1 tahun ke atas: 45 mg
  • Untuk anak remaja dengan usia 12 tahun ke atas: 65 sampai 90 mg
  • Untuk orang dewasa dengan usia 18 tahun ke atas: 75 sampai 90 mg 

Selama ini mungkin banyak orang yang berpikir bahwa jeruk adalah satu-satunya buah yang mempunyai Vitamin C tertinggi, padahal masih ada beberapa lainnya yang bisa Yupiers nikmati untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian Yupiers.

Karena hal tersebut, kali Yupi akan berbagai informasi tentang beberapa buah yang mengandung Vitamin C, apa sajakah buah tersebut? Simak informasi selengkapnya di sini.

Daftar Buah yang Mengandung Vitamin C Tertinggi, Tidak Hanya Jeruk Lho!

Berikut ini adalah beberapa buah yang mengandung Vitamin C yang perlu Yupiers ketahui.

1. Jeruk

Sebelum mengetahui beberapa buah yang mengandung Vitamin C selain jeruk, tentu akan lebih baik jika Yupiers lebih mengenal tentang jeruk ini, karena jika sudah berbicara tentang Vitamin C, maka akan banyak orang yang langsung memikirkan jeruk.

Dalam sebuah buah jeruk, terdapat kandungan Vitamin C mulai dari 70 sampai 80 mg dan angka ini cukup untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C pada orang dewasa. 

Selain itu juga dalam buah jeruk terdapat mineral dan beberapa vitamin lainnya seperti Vitamin B1, Vitamin B9 atau Folat, kalium, fenol dan likopen yang merupakan antioksidan bagi tubuh.

2. Stroberi

Selain jeruk, buah yang mengandung Vitamin C yang kedua adalah stroberi. Buah yang termasuk ke dalam  jenis buah berry ini sering dinikmati dengan berbagai cara mulai dari menjadi jus, smoothies, campuran salad, dijadikan permen yang enak dan sampai dimakan secara langsung.

Dalam 100 sampai 125 gram buah stroberi memiliki kandungan Vitamin C sebesar 52 sampai 59 mg Vitamin C.

Untuk menikmati dan mendapatkan manfaat dari buah stroberi ini, kini sangatlah mudah. Yupiers bisa langsung menikmati Yupi Bolicious Strawberry yang hadir dalam kemasan pouch kekinian dengan bentuk bulat dan kenyal, rasa stroberi yang lezat dan pastinya kaya akan Vitamin C

3. Jambu Biji

Buah yang mengandung vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk adalah jambu biji. Tidak kalah terkenal dengan jeruk, jika sudah berbicara tentang Vitamin C maka jambu biji juga sering menjadi pilihan banyak orang.

Dalam 100 gram buah jambu biji memiliki kandungan Vitamin C sampai 200 mg. Dalam penelitian Journal of Clinical and Diagnostic Research, buah berdaging merah muda ini juga ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

4. Blackcurrant

Buah blackcurrant adalh buah yang berasal dari Eropa dan mengandung banyak vitamin seperti Vitamin A, antioksidan, lutein, zeaxanthin, flavonoid, antosianin dan tentu termasuk juga Vitamin C.

Dalam 100 gram buah blackcurrant mengandung 181 mg Vitamin C.

Blackcurrant juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan resiko terkena penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

Baca Juga : 12 Makanan yang Mengandung Kolagen Alami, Kulit Jadi Glowing!

5. Pepaya

Apakah Yupiers sudah mengetahui bahwa buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan terkenal bisa memperlancar BAB ini kaya akan Vitamin C? Pepaya ternyata kaya akan Vitamin C, 

Dalam 100 gram pepaya terdapat 90 sampai 100 mg Vitamin C.

Selain Vitamin C, buah pepaya juga mengandung Vitamin A, kalsium, kalium, Vitamin B kompleks yang terdiri dari Vitamin B6, Vitamin B2 dan Vitamin B1.

Buah pepaya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan mata, mengontrol tekanan darah, membantu meningkatkan memori pada otak dan memiliki efek anti-inflamasi atau menurunkan peradangan pada otak.

6. Kiwi

Buah apa yang mengandung vitamin C tinggi? Buah berikutnya adalah buah kiwi. Dalam satu buah kiwi terdapat kandungan 60 sampai 90 mg Vitamin C dan mampu mencukupi kebutuhan Vitamin C pada orang dewasa.

Selain Vitamin C, buah kiwi juga memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, berbagai jenis mineral dan uniknya juga terdapat asam lemak omega-3 yang biasanya ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon.

Buah kiwi bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi stress oksidatif, menurunkan kolesterol, mengurangi resiko pembekuan darah dan stroke serta mengembalikan kadar Vitamin dalam tubuh seseorang dalam satu minggu.

7. Leci

Selain pada buah kiwi, asam lemak omega-3 dan omega-6 juga terdapat pada buah leci. Keduanya bermanfaat bagi jantung, otak dan pembuluh darah.

Sementara untuk kandungan Vitamin C pada buah leci juga cukup tinggi. Kandungan Vitamin C pada buah leci adalah 71 mg pada 100 gram buah leci.

Untuk menikmati rasa leci yang lezat dan manfaatnya kini sangatlah mudah. Yupiers bisa menikmati Yupi Bolicious Lychee dengan rasa leci yang lezat dan kaya akan Vitamin C.

8. Lemon

Buah lemon yang memiliki tampilan mirip dengan buah jeruk ini juga kaya akan Vitamin C. Dalam satu buah lemon, terdapat kandungan 83 mg Vitamin C dan mampu mencukupi kebutuhan Vitamin C pada orang dewasa. 

Selain dikonsumsi secara langsung, buah yang terkenal bagus untuk kesehatan kulit ini juga sering dipakai di kulit wajah karena memiliki antioksidan yang melindungi sel kulit dari penuaan dini dan radikal bebas.

Selain antioksidan, terdapat juga serat dan zat fitokimia yang dapat memelihara kesehatan dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

9. Mangga

Buah yang mengandung Vitamin C terakhir dari Yupi kali ini adalah buah mangga. Buah mangga memiliki kandungan Vitamin C sebesar 60 mg dan kaya akan beta-karoten yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu juga mangga kaya akan serat dan fitokimia seperti polifenol dan karotenoid, dimana dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa senyawa polifenol dalam buah mangga mampu menurunkan resiko terkena kanker usus besar dan kanker payudara.

10. Buah-buahan Lainnya

Selain beberapa buah yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada beberapa buah yang mengandung Vitamin C lainnya dan bisa Yupiers coba. Berikut ini adalah beberapa buah lainnya tersebut dan kandungan Vitamin C di dalamnya.

  1. Nanas memiliki 80 mg Vitamin C.
  2. Blewah memiliki 37 mg Vitamin C.
  3. Tomat memiliki 23 mg Vitamin C.

Baca Juga : Minuman super #Yupiness ala Yupi Gummy (With Yupi CDZ)

Apa Manfaat Dari Buah yang Mengandung Vitamin C?

Setelah mengetahui beberapa buah yang memiliki kandungan Vitamin C tertinggi, dari beberapa buah tersebut, berikut ini adalah rangkuman apa saja manfaat Vitamin C bagi tubuh Yupiers. Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut.

  1. Meningkatkan produksi kolagen untuk melindungi sel kulit dari kerusakan.
  2. Sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Mengontrol tekanan darah.
  5. Menurunkan kolesterol.
  6. Mengurangi resiko terkena penyakit kronis.
  7. Membantu mencegah kekurangan zat besi.

Itulah beberapa informasi mengenai buah yang mengandung Vitamin C yang perlu Yupiers ketahui. Dari beberapa buah tersebut, yang mana merupakan buah favorit Yupiers?. Semoga informasi diatas kali ini dapat bermanfaat untuk Yupiers.