cart
0
sound

logo mobile
sound
Yupi's Got Talent Yupi Gummy Store Meet Your Heroes Collaborations Events Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupiness Collection Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Sejarah Asal-usul Permen Pertama Kali di Dunia

Yupiers, di jaman sekarang ini inovasi tentang permen memang sudah banyak sekali berkembang ya, baik itu dari segi rasa, bentuk, tekstur, maupun cara pengemasannya. Nah, kamu penasaran tidak sih bagaimana sebenarnya sejarah dan asal-usul permen pertama di dunia?

Sejarah Asal-usul Permen Pertama Kali di Dunia

Seperti yang kamu tahu, sekarang kebanyakan permen terbuat dari gula atau pemanis buatan, tapi jaman dulu gula masih susah didapatkan. Jadi, permen pertama di dunia sebenarnya terbuat dari bahan utama pemanis berupa madu sebagai pengganti gula.

Permen dari madu ini banyak dibuat di Cina, Timur Tengah, Mesir, Yunani, dan Kerajaan Roma dalam bentuk madu yang dibalurkan pada buah-buahan, kacang-kacangan, dan bunga untuk tujuan pengawetan. Sampai sekarang juga masih ada yang membuat permen dengan cara seperti ini loh!

Sebelum masa revolusi industri, permen sempat dianggap sebagai obat-obatan untuk mengobati gangguan pencernaan, demam, atau sakit tenggorokan. Di abad pertengahan, permen juga hanya bisa dimakan oleh orang-orang kaya saja. Waktu itu permen terbuat dari kombinasi rempah-rempah dan gula.

Permen pertama lalu mulai masuk ke Amerika di awal abad ke-18. Tapi, tetap saja pada saat itu permen dianggap sebagai simbol kemewahan dan hanya bisa dikonsumsi oleh orang-orang yang sangat kaya.

Bisnis produksi permen baru mulai menemui titik terang pada tahun 1830 ketika sudah muncul berbagai inovasi teknologi dalam pembuatannya dan gula juga sudah mulai banyak tersedia di pasaran. Sejak inilah permen mulai bisa dinikmati oleh para kaum pekerja dan anak-anak.

Itu tadi adalah sejarah permen secara umum, nah sekarang kita bahas sejarah dari berbagai jenis permen yuk, mungkin akan ada permen favoritmu di sini:

Sejarah Singkat Berbagai Jenis Permen

Terdapat 5 Jenis permen yang sudah ada sejak dulu hingg sekarang. Yuk, ketahui dibawah ini :

  • Permen Keras

Permen dengan tekstur keras ini mulai populer pada abad ke-19. Waktu itu rasa yang paling populer adalah peppermint dan lemon.

  • Permen Cokelat

Permen coklat pertama kali dibuat oleh Joseph Fry pada 1847 menggunakan coklat dengan rasa yang pahit. Selanjutnya, permen coklat susu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1875 oleh Henry Nestle dan Daniel Peter. 

  • Permen Kapas

Permen kapas pertama kali diciptakan pada tahun 1897 oleh William Morrison dan John Wharton, mereka adalah pembuat permen asal Nashville, Amerika. Mereka juga loh yang menemukan mesin pembuat permen kapas pertama di dunia.

  • Permen Lollipop

Permen ini pertama kali diciptakan oleh George Smith pada tahun 1908, dan dia mengambil nama Lollipop dari nama kuda kesayangannya.

  • Permen Gummy

Permen gummy yang pertama kali dibuat di dunia adalah permen gummy berbentuk beruang dari Jerman. Permen ini pada saat itu cukup menarik perhatian karena teksturnya yang lembut dan kenyal.

Baca Juga : Apakah Permen Yupi Halal? Ini Faktanya

Yupi Gummy, Permen Gummy Dengan Banyak Inovasi

sejarah dan asal usul permen
Yupiers, kamu perlu bangga nih karena permen favoritmu, Yupi Gummy, adalah salah satu brand permen gummy yang sudah berhasil menghasilkan banyak sekali inovasi yang unik-unik dan pastinya bermanfaat.

Salah satu inovasi Yupi yang terkenal adalah menciptakan permen gummy dalam berbagai rasa dan bentuk yang unik dan menarik. Beberapa yang terkenal adalah permen berbentuk ulat, telur mata sapi, pizza, burger, sapi, botol cola, bintang. dan sebagainya. Selain itu, Yupi juga berinovasi membuat permen gummy Yupi CDZ yang mengandung vitamin C, vitamin D, dan zinc yang bermanfaat bagi tubuh.

Kamu bisa mendapatkan berbagai artikel menarik dan informasi terupdate seputar Yupi Gummy di hanya di Yupi Diary.