menu
logo mobile
sound
Yupi's Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Cara Mengajar Anak yang Susah Mengingat, Kenali Penyebabnya!

Anak-anak mungkin mengalami kesulitan dalam mengingat karena ada berbagai faktor yang mempengaruhi proses memori mereka. Otak anak-anak masih dalam proses perkembangan, terutama pada area yang terkait dengan fungsi kognitif seperti memori. Beberapa kemampuan memori, seperti memori jangka panjang, belum sepenuhnya matang pada usia anak-anak.

Anak-anak juga mungkin belum memiliki banyak pengalaman atau pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengaitkan informasi baru dengan yang telah mereka pelajari sebelumnya. Informasi yang terkait dengan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya lebih mudah diingat.

Selain itu, anak-anak mungkin memiliki tingkat konsentrasi yang lebih rendah daripada orang dewasa. Karena itu, mereka bisa lebih mudah teralihkan dan sulit untuk memproses informasi dengan baik. Kecemasan atau stres dapat mengganggu proses memori. Anak yang mengalami tekanan sosial, masalah di rumah, atau masalah di sekolah mungkin sulit untuk fokus dan mengingat informasi.

Seperti halnya kemampuan lainnya, kemampuan memori juga memerlukan latihan. Anak-anak yang jarang diajarkan teknik memori atau yang jarang diajak untuk berlatih mengingat mungkin mengalami kesulitan dalam hal ini.

Oleh karena itu, dilansir dari Child Mind Institute, sebagai orang tua, kita dapat membantu anak untuk meningkatkan cara kerja memori anak dengan mengetahui batasannya, lalu membagi tugas menjadi beberapa langkah kecil, hingga membuat rutinitas bagi mereka yang terorganisir, seperti halnya membuat to-do-lists.

Penting untuk diingat bahwa setiap anak unik, dan perkembangan mereka bisa berbeda satu sama lain. Memberikan dukungan, lingkungan yang merangsang, dan penggunaan teknik-teknik yang sesuai dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan memori mereka seiring berjalannya waktu. 

Jika kalian khawatir tentang kesulitan memori anak kalian, penting untuk berkonsultasi dengan ahli pendidikan atau psikolog anak untuk menentukan gaya belajar yang cocok dan mendapatkan panduan serta nasihat yang tepat.

Nah, untuk itu, kali ini Yumin akan berbagi wawasan tentang bagaimana cara mengajar anak yang susah mengingat hingga mengenali penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

1. Membuat Lingkungan Belajar yang Kondusif dan Nyaman

Penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan bebas gangguan bagi anak-anak. Ruang yang tenang, bebas dari distraksi, dan dilengkapi dengan peralatan lengkap yang diperlukan untuk belajar dapat membantu anak-anak fokus pada pelajaran mereka.

2. Gunakan Metode-Metode Belajar yang Interaktif dan Kreatif

Anak-anak cenderung belajar lebih baik melalui pengalaman langsung dan kreativitas. Metode interaktif, seperti eksperimen, permainan peran, dan proyek-proyek seni, dapat membantu mereka memahami suatu konsep dengan lebih baik.

3. Bermain Sambil Belajar

Memadukan belajar dengan bermain adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan pembelajaran yang menyenangkan. Anak-anak akan lebih mudah mengingat informasi ketika belajar sambil bermain atau sambil melakukan aktivitas yang mereka nikmati.

4. Gunakan Metode Pengulangan dan Pengaitan Informasi

Mengulang materi dan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan sebelumnya dapat membantu memperkuat ingatan anak. Teknik ini memungkinkan anak untuk membangun hubungan antara konsep-konsep yang berbeda.

5. Libatkan Pembelajaran Dengan Multisensori (Dengan Panca Indra)

Anak-anak sering belajar lebih efektif saat mereka dapat menggunakan semua panca indra mereka. Kombinasi pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman, dan pengecapan dapat memperkaya pengalaman belajar mereka.

6. Gunakan Teknik Visualisasi

Menciptakan gambar atau menggunakan gambar dapat membantu anak mengingat informasi dengan lebih baik. Teknik visualisasi membantu mereka benar-benar "melihat" konsep yang sedang dipelajari.

7. Jangan Terlalu Serius, Bisa Sisipkan Candaan

Menyisipkan humor dan candaan dalam pembelajaran untuk tumbuh kembang si kecil dapat membuat prosesnya lebih menyenangkan dan membantu anak mengingat informasi dengan lebih baik. Suasana yang santai dan riang dapat membantu mengurangi stres dan menstimulasi otak mereka secara natural.

8. Rutin Berlatih

Cara mengajar anak yang susah mengingat berikutnya adalah melalui praktik. Praktik akan suatu hal yang berkelanjutan adalah kunci untuk meningkatkan ingatan. Mendorong anak untuk rutin berlatih materi yang sedang dipelajari dapat membantu memperkuat memori jangka panjang. Sebagai contoh, kalian bisa menggunakan flashcard untuk melatih daya ingat.

9. Mengkonsumsi Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Nutrisi berperan penting dalam kinerja otak. Makanan yang kaya akan nutrisi seperti ikan, buah-buahan, sayuran, dan makanan tinggi serat dapat membantu meningkatkan daya ingat.

10. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk konsolidasi memori. Selama tidur, otak mengatur informasi yang telah dipelajari, sehingga anak-anak perlu waktu tidur yang cukup untuk memaksimalkan kemampuan mengingat mereka.

Penyebab Daya Ingat Anak Lemah

Otak anak-anak masih dalam tahap perkembangan, dan beberapa fungsi kognitif seperti daya ingat mungkin belum sepenuhnya matang. Oleh karena itu, anak-anak cenderung memiliki daya ingat yang lebih terbatas daripada orang dewasa.

Kurangnya praktek juga dapat menjadi salah satu penyebab daya ingat anak lemah. Daya ingat dapat ditingkatkan melalui latihan dan pengulangan. Anak-anak yang tidak terbiasa dengan teknik belajar yang efektif atau yang jarang berlatih mengingat informasi mungkin mengalami kesulitan dalam hal ini.

Selain itu, anak-anak juga mungkin cenderung mudah teralihkan dan sulit untuk berkonsentrasi, terutama ketika mereka tidak tertarik dengan materi yang diajarkan. Faktor-faktor seperti gangguan sekitar lingkungan atau kecemasan dapat mengganggu konsentrasi mereka.

Tidur yang cukup juga sangat penting untuk fungsi kognitif yang baik, termasuk daya ingat. Anak-anak yang tidak tidur cukup mungkin mengalami kesulitan dalam memproses dan mengingat informasi dengan baik.

Dua hal lain yang dapat menjadi penyebab daya ingat anak lemah yakni metode belajar yang tidak cocok dengan mereka hingga kurangnya minat mereka terhadap sesuatu yang mereka pelajari. 

Jika metode belajar yang digunakan di sekolah atau oleh orang tua tidak cocok dengan gaya belajar anak, itu dapat mengakibatkan daya ingat yang lemah. Selain itu, anak-anak lebih cenderung mengingat informasi yang mereka anggap menarik atau relevan bagi mereka. Ketika mereka kehilangan minat dalam subjek tertentu, daya ingat mereka bisa melemah karena tidak tertarik dengan subjek tersebut.

Bagaimana Agar Anak Mudah Mengingat Pelajaran?

Seringkali anak-anak mudah lupa akan apa yang mereka pelajari di sekolah, beberapa faktornya bisa disebabkan karena kurangnya minat mereka terhadap apa yang dipelajari atau bisa jadi metode pembelajarannya tidak cocok dengan mereka. 

Beberapa cara agar anak mudah mengingat dan tidak mudah lupa akan pelajaran adalah dengan membuat lingkungan belajar mereka nyaman, kombinasikan bermain sambil belajar, gunakan aktivitas kreatif dan interaktif, hingga beri dukungan kepada mereka agar mereka bisa berperasaan positif sehingga semangat untuk menerima pelajaran.

Bagaimana Cara Mengajari Anak Mengingat Huruf dan Angka?

Agar anak bisa mengingat huruf dan angka lebih mudah, kalian bisa menggunakan media seperti buku, dongeng, hingga lagu anak-anak. Selain itu, kalian juga dapat memperkenalkan huruf dan angka kepada anak-anak melalui lagu dan bernyanyi bersama mereka.

Cara lain mengajari anak mengingat huruf dan angka adalah pada saat kalian berjalan-jalan bersama anak. Saat berjalan-jalan, kalian bisa menghitung benda atau kendaraan yang dilewati bersama mereka. Selain itu, jika ada suatu bacaan dengan tulisan yang besar bisa berupa spanduk atau banner, kalian dapat mengajak anak untuk membacanya bersama agar mereka terbiasa dengan huruf-huruf yang mereka lihat.

Bagaimana Cara Merangsang Otak Anak Supaya Pintar?

Ada berbagai cara untuk merangsang otak anak agar cepat pintar. Anak dapat cepat pintar melalui kebiasaan yang mereka lakukan. Kalian bisa membacakan buku dongeng kepada anak sambil mengajaknya mengobrol.

Selain itu, kalian dapat memperkenalkan musik dan aktivitas yang melibatkan fisik kepada si kecil. Bermain dengan aktivitas memori juga dapat merangsang otak anak supaya pintar dan cenderung mudah menghafal sesuatu yang mereka lihat.

Dalam mengajarkan anak-anak yang susah mengingat, pendekatan yang berfokus pada pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan bermain, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, berperan penting dalam meningkatkan daya ingat mereka. 

Dengan berlatih secara rutin, melibatkan panca indra, dan menerapkan metode pengulangan, kita dapat membantu anak-anak mengingat pelajaran dengan lebih baik. Lebih dari itu, penting untuk memberikan dukungan emosional dan motivasi positif agar anak-anak merasa didukung dalam upaya pembelajaran mereka.

Jangan lupa untuk memberi si kecil Yupi Wild Safari dan Yupi Baby Bears saat mereka belajar agar mood mereka tetap terjaga. Semoga bermanfaat, ya!

Home Our Story Events Games Profile