× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

3 Tips Mudah Mengajarkan Anak Berbahasa Baik dan Benar

Anak-anak merupakan sosok yang masih berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Selain anggota fisik mereka yang tengah tumbuh, kemampuan kognitif dan berbicara mereka juga masih dalam tahap pertumbuhan. 


Tidak jarang terdapat beberapa anak sering mengalami kesulitan dalam perkembangannya, sehingga membuat cara mereka berbicara dan penguasaan bahasa yang dikuasai pun menjadi terbatas.

Itulah mengapa Yupiers sebagai orang tua perlu mengajari anak-anak berbicara dengan baik dan benar di masa pertumbuhan mereka. .

Nah kali ini Yumin ingin memberikan beberapa tips nih kepada Yupiers agar anak-anak dapat berbicara dengan baik. Yuk simak penjelasannya di bawah ini: 


  1. Membiasakan Anak Berbicara dengan Baik 


Yupiers pasti tentu pernah mendengar pepatah ini bukan “Alangkah Bisa karena Terbiasa”?

Nah kalimat bijak ini juga sebaiknya perlu banget kamu terapkan kepada Sang Buah Hati, dengan membiasakan di rumah mengajarkan sekaligus mempraktekan bahasa yang baik dan benar. 


Tentu kebiasaan tersebut apabila terbentuk sejak dini, maka Buah Hati Yupiers bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sampai mereka besar. 


  1. Tidak Memarahi Bila Mereka Melakukan Kesalahan 


Setiap anak tentu memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Kadang ada anak yang gampang cemberut, marah dan juga menuruti apa yang Yupiers katakan sebagai orang tua.

Dalam hal ini apabila Yupiers sedang mengajarkan anak untuk berbahasa yang baik dan benar dan anak tidak mau mengikuti, itu jangan langsung memarahi atau menyudutkannya ya. Hal tersebut lantaran akan sulit membuat sang anak tidak mau belajar dan ditakutkan susah memperbaiki tata bahasa mereka apabila salah.

Satu hal lagi, apabila menjadi orangtua yang gemar menyudutkan anak saat melakukan kesalahan, maka anak pun jelas akan takut dengan kamu. 


  1. Memberikan Anak Apresiasi 

Sebagai orangtua, tentu Yupers harus memiliki ekspresi yang baik dalam merespon segala hal yang dilakukan Sang Buah Hati. Salah satunya apabila Yupiers melihat mereka berbicara kata-kata yang baik, tentu harus dibalas dengan kalimat yang baik pula. 


Jangan ragu juga untuk memberikan anak apresiasi apabila mereka telah berhasil bertutur kata yang baik dan benar. Tentunya selain dapat membuat Yupiers di cap sebagai orang tua yang baik, anak pun akan memperoleh rasa bahagia atas apresiasi yang diberikan.

Itu dia tiga tips yang bisa Yupiers lakukan di rumah dalam mengajari Sang Buah Hati untuk berbicara baik dan benar. Tentunya sudah menjadi tanggung jawab Yupiers, sebagai orang tua untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jangan lupa, selalu ajarkan nilai-nilai yang baik dan positif sejak dini ya Yupiers, agar selalu terbawa dalam tumbuh dan perkembangan mereka. 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .