× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

4 Langkah Mudah Menemukan Hobi Pada Anak

Hai Yupiers! Sebagai orangtua, sudahkah kamu menemukan apa hobi anak? Menemukan hobi pada anak berguna agar orangtua bisa mengeksplorasi bakat dan mengembangkannya menjadi lebih baik.


Hal ini mengingat, hobi merupakan salah satu aktivitas yang bermanfaat bagi proses berpikir dan mengetahui bakat yang ada dalam diri anak. Hobi juga bisa membuat anak lebih kreatif dan ingin mengetahui lebih banyak hal.


Nah, guna membantu anak menemukan hobinya selain berdiam di rumah dan bermain gadget, coba ikuti tips berikut:


  • Tanyakan Apa yang Disukai dan Tidak

Dengan bertanya, Yupiers sebagai orang tua berarti memberikan kesempatan bagi anak untuk merefleksikan minatnya dan menentukan hobi yang cocok. Misalnya, anak mungkin menyadari jika ia tidak senang baca buku, tetapi menyukai kegiatan kompetitif seperti permainan.


Maka sebagai orangtua, Yupiers bisa menyarankan dan mengajak anak untuk mengeksplorasi berbagai permainan yang dapat mengembangkan kemampuan pola pikir sekaligus hobinya. 


  • Mengamati Aktivitas yang Dilakukannya

Selain bertanya langsung, Yupiers juga bisa menemukan hobi pada anak dengan mengamati aktivitas yang dilakukannya. Misalnya ketika sedang bersepeda, membaca, berkebun, dan sebagainya.


Biasanya, anak akan betah berlama-lama ketika melakukan aktivitas yang disukainya. Nah, bisa jadi itu merupakan salah satu hobinya karena ia merasa senang dan nyaman dengan apa yang dilakukan.


  • Batasi Waktu Nonton TV dan Main Gadget

TV dan gadget merupakan sarana hiburan yang menjadi candu bagi anak-anak. Daripada berlama-lama menghabiskan waktu dengan bermain game, membuka media sosial, dan menonton TV, Yupiers bisa ajak anak untuk melakukan aktivitas positif yang ia sukai. 


  • Membantu Anak Menjalankan Hobinya

Orangtua tentu ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya, salah satunya mendukung anak untuk menjalankan hobinya. 


Jika anak menyukai musik dan bernyanyi, mungkin Yupiers bisa mendaftarkan mereka ke tempat les vokal atau musik. Kamu juga bisa mengajak anak untuk ikut lomba agar ia semakin terpacu meraih prestasi.


Itu dia 4 cara mudah untuk menemukan hobi pada anak yang perlu diketahui orangtua. Anak mungkin saja menemukan hobi yang disukainya. Selama hobi itu aman, Yupiers sebagai orang tua hanya perlu mendukung untuk anak untuk mengejar dan menekuni hobinya.


Sebaiknya, kita juga tidak menuntut anak untuk menjalankan hobi yang tidak membuatnya senang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu Yupiness!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .