× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

5 Tips Ini Dapat Membuat Si Kecil Menjadi Pribadi yang Baik, Yuk Simak!

Anak merupakan titipan Tuhan yang tidak ternilai harganya. Orang tua yang dikaruniai anak sudah sepatutnya menjaga sepenuh hati dan berjuang agar anak selalu ceria dan bahagia. 


Nah supaya Yupiers bisa mendidik anak agar tumbuh bahagia, berikut ini 5 tips dari Yumin yang bisa diikuti ya demi si Kecil dapat tumbuh menjadi pribadi yang bahagia. Yuk simak sama-sama! 


  1. Berikan Si Kecil Cinta dan Kasih Sayang yang Tulus 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebagai orang ke anak adalah dengan memberikan cinta dan kasih sayang tulus.

Kenapa penting? Sudah menjadi rahasia umum, cinta merupakan kunci utama untuk membentuk seseorang menjadi pribadi yang lebih bahagia.

Melalui cintah dan kasih sayang yang tulus tentu akan membuat hidup anak menjadi lebih nyaman, aman dan juga tenang. Selain itu, kedua hal tersebut juga akan membuat anak lebih bahagia serta percaya diri lho dalam hidupnya. 


  1. Ajari Anak untuk Menemukan Kebahagiaan di Kehidupan Sehari-hari 

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa, orang-orang yang dapat memperhatikan keajaiban kecil dari kehidupan sehari-hari dan membiarkan diri mereka tersentuh olehnya, nantinya bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih bahagia.

Beberapa hal kecil yang bisa Yupiers ajarkan kepada anak untuk menemukan kebahagiaan kecil seperti melihat matahari terbenam, bermain dengan semut-semut kecil, hingga membelikan es krim. 


  1. Ajarkan Anak untuk Melakukan Kebiasaan Positif

Anak-anak biasanya belajar dengan cara meniru melalui apa yang dia lihat dari orang tuanya. Nah kebiasaan yang orang tua lakukan sehari-hari tentu berpengaruh besar daripada apa yang dikatakan.

Karena itu, agar anak dapat bertumbuh menjadi pribadi yang ceria dan menyenangkan, sebaiknya orang tua perlu membangun beberapa hal kebiasaan positif setiap harinya. 


Apa saja contohnya? Berbicara dengan nada sopan dan santun, selalu bersyukur dengan keadaan, sampai menghargai relasi dengan kerabat dan orang lain. 


  1. Mulai Ajak Si Kecil Bermain di Luar Rumah

Pada studinya yang dimuat oleh jurnal Public Health tahun 2007, Morita, dkk., mengungkapkan, beraktivitas di luar ruangan dapat mengatasi kondisi stress lho Yupiers. Alhasil apabila banyak urusan tentu dapat memperbaiki mood jadi lebih positif.


Tidak hanya itu, jurnal tersebut juga menyebutkan bahwa anak-anak usia pre-school yang sering diajak beraktivitas di luar rumah akan lebih aktif dan memiliki keterampilan sosial yang tinggi lho. 


5.Menerima Semua Emosi


Hal yang perlu Yupiers ingat, dengan menjadi pribadi yang ceria bukan berarti kita harus menekan perasaan kita dan tidak boleh bersedih sama sekali ya. 

Bahkan, orang yang paling ceria sekalipun pasti pernah merasa sedih atau sakit. Justru dengan mengakui perasaan sedih dan menerimanya dapat melatih kita untuk lebih bersukacita dalam hidup.

Jadi, apabila si Kecil sedang bersedih maka biarkanlah dia menangis sampai ia merasa lega dan suasana hatinya dapat membaik kembali. 


Nah itu dia 5 cara yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua untuk membuat anak agar dapat tumbuh menjadi yang lebih ceria.

Intinya dengan selalu mengajarkan hal yang baik dan positif kepada si Kecil sejak dini, niscaya juga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik saat ia tumbuh dewasa nantinya. 


Yuk terapkan berbagai cara di atas untuk membuat anak menjadi pribadi yang baik, dan jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .