× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

6 Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Anak, Apa Saja?

Orangtua mana sih, yang nggak ingin anaknya tumbuh kembang dengan sehat dan cerdas? Oleh karena itu, orangtua sudah semestinya memberikannya asupan nutrisi penting sebagai salah satu cara agar tumbuh kembang anak optimal.


Ya, nutrisi memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Jika asupan nutrisi tidak terpenuhi, maka bisa terjadi malnutrisi pada anak dan akan mengganggu proses tumbuh kembangnya. 


Lantas, apa saja nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak?


  • Karbohidrat

Gula atau karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Selain digunakan langsung, gula juga ada yang disimpan sebagai cadangan energi. Adapun beberapa makanan yang kaya karbohidrat antara lain nasi, roti, sereal, umbi-umbian, mie, dan pasta. 


  • Kalsium

Kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga fungsi otot dan saraf, membantu proses pembekuan darah, serta membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Yupiers dapat memenuhi kebutuhan kalsium si kecil dengan memberinya susu, ikan, dan keju.


  • Berbagai Macam Vitamin

Vitamin tak kalah pentingnya dengan kalsium. Adapun beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B, C, D, dan E amat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Berikut beberapa contoh makanan yang mengandung masing-masing vitamin tersebut:


  • Vitamin A: Wortel, ubi, brokoli
  • Vitamin B: Ikan salmon, daging sapi, kerang
  • Vitamin C: Jeruk, kembang kol, tomat
  • Vitamin D: Telur, tahu, tempe, ikan
  • Vitamin E: Biji-bijian, bayam, buah alpukat

  • Zat Besi

Zat besi berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah yang digunakan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Beberapa makanan yang kaya akan zat besi antara lain ikan tuna, kuning telur, kacang-kacangan, dan gandum. 


  • Protein

Protein juga merupakan nutrisi penting yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Nutrisi ini dibutuhkan untuk membentuk sel dan jaringan tubuh, serta menghasilkan hormon. Untuk memenuhi kebutuhan protein pada anak, Yupiers bsa memberikan telur, daging sapi, daging ayam, dan ikan.


  • Omega-3

Omega-3 merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan otak dan saraf. Ini juga membantu mengatur metabolisme tubuh, bahkan memiliki efek baik terhadap mood dan kesehatan mental anak. Beberapa sumber omega-3 yang bisa Yupiers pilih yaitu ikan salmon, kacang almond, dan chia seed.


Nah, itu dia enam nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Mengingat manfaat yang dihasilkan, maka pastikan anak mendapatkan nutrisi-nutrisi di atas dalam jumlah cukup, ya, Yupiers!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .