× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Anak Memelihara Hewan Peliharaan Ternyata Banyak Manfaatnya Lho, Yupiers.

Yupiers, bagi beberapa orang, memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang cukup menuntut komitmen yang tinggi. Di samping harus mengurus semua kebutuhan anggota keluarga, Yupiers juga harus mengurus hewan yang ada di rumah.

Tapi apakah Yupiers sudah tahu jika kehadiran hewan peliharaan di tengah keluarga ternyata memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak dan penyaluran hobi para remaja ?


1. Melatih kedewasaan anak

Menurut jurnal Psychology Research and Behavior Development, manfaat punya hewan peliharaan sangat baik untuk perkembangan psikologis dan kedewasaan anak. Kegiatan ini dapat mengajarkan rasatanggung jawab, kasih sayang, dan kepedulian.

Meskipun Yupiers yang mengerjakan sebagian besar tugas perawatan hewan tersebut, tapi anak dapat menyerap banyak ilmu dari perilaku yang Yupiers contohkan secara tidak langsung.


2.Melatih remaja menjadi pribadi yang penyayang

Manfaat punya hewan peliharaan untuk anak dan remaja juga adalah untuk membentuk mereka menjadi pribadi yang lembut, berempati dan penuh kasih sayang.

Dengan terlibat langsung dalam mengurus peliharaannya, anak dan remaja akan menyadari bahwa hewan peliharaan sama seperti manusia yaitu membutuhkan makanan, tempat tinggal, dan cinta kasih.

Rasa belas kasih bukanlah hal yang tiba-tiba muncul di usia dewasa, melainkan perlu dibentuk sejak dini. Oleh karena itu, diperlukan upaya tertentu untuk mengasah sifat ini agar bermanfaat untuk kepribadiannya saat dewasa kelak.


3. Anggota keluarga terlatih menjalin hubungan

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa hubungan dengan orang lain. Menjalin dan mempertahankan hubungan adalah keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh setiap manusia agar ia dapat nyaman berinteraksi dengan orang lain.

Menurut Shelby H. Wanser dari Oregon State University Amerika Serikat, merawat hewan dapat melatih seluruh anggota keluarga dalam berinteraksi dan berhubungan dengan pihak lain. Ini akan bermanfaat untuk kehidupan sosial di masyarakat.


4. Membantu perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus

Menurut penelitian Andrea Beetz dari University of Rostock Jerman, hewan peliharaan dapat memberikan manfaat untuk perkembangan terutama bagi anak berkebutuhan khusus, terutama dalam hal interaksi sosial.

Pasalnya, memelihara hewan dapat membangun rasa empati, meningkatkan konsentrasi, melatih sensorik dan motorik, serta membuat emosi menjadi lebih stabil.

Meski begitu, Yupiers sebaiknya tetap mempertimbangkan usia dan kondisi anak-anak kita. Jangan sampai memelihara hewan justru dapat menyebabkan anak cedera. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli sebelum memutuskan memiliki hewan.

5. Mencegah anak dari alergi

Banyak yang tidak tertarik memiliki hewan peliharaan karena takut terkena alergi. Padahal studi yang dilakukan oleh Dennis Ownby, dari Augusta University Amerika Serikat justru menyatakan sebaliknya.

Ownby berpendapat bahwa berinteraksi dengan hewan peliharaan sejak masih bayi atau balita dapat mengurangi risiko terkena alergi tertentu. Hal ini berdasarkan hasil tes kulit terhadap seperti alergi debu, tungau, serbuk sari dan getah tanaman.

Meski alasan hal ini masih belum dapat dipastikan, Dr. Ownby berteori bahwa ketika hewan menjilat tubuh anak, bakteri yang berpindah dari mulut hewan ke kulit anak dapat memicu sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari alergi.


6. Mengatasi stres

Manfaat punya hewan peliharaan tidak hanya baik, tetapi yang tak kalah penting adalah mengatasi stres. Merawat, memandikan, bermain, atau membelai hewan peliharaan ternyata dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Frontiers in Psychology, bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan hormon oksitosin. Hormon ini berperan dalam memberikan rasa nyaman dan bahagia pada manusia.


7. Memberikan mendorong kepercayaan diri

Melansir Veterinary & Animal Sciences, manfaat punya hewan peliharaan di rumah dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak dan remaja.

Apalagi jika hewan yang dipelihara terawat dan sehat akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuknya. Begitupun, hewan peliharaan memberikannya suatu topik menarik untuk diperbincangkan bersama di lingkungan mereka


8. Tidak kesepian

Jika Yupiers hanya memiliki satu anak, maka kehadiran hewan peliharaan di rumah dapat membawa kesenangan tersendiri untuknya. Ia memiliki teman untuk bermain sehari-hari di rumah. Ini akan membantunya agar tidak kesepian meskipun tanpa kehadiran saudara.

9. Memperkuat ikatan keluarga

Manfaat punya hewan peliharaan sebenarnya bukan hanya untuk anak tetapi juga untuk anggota keluarga secara keseluruhan.

Ini karena hewan tersebut menjadi pemersatu keluarga. Yupiers dapat melakukan kegiatan bersama keluarga untuk merawat peliharaan tersebut seperti bermain, jalan-jalan sore, atau memandikan dan memberi makan secara bersama-sama.

Semua aktivitas menyenangkan itu dapat mempererat ikatan keluarga.

10.Mengerjakan Hobby bersama

Hewan peliharaan juga dapat kita ajak untuk menemani kita melakukan hobby yang kita sukai, misal olah raga atau main musik. Mereka dengan ‘anteng’ menemani kita berlatih dan kadang hewan-hewan perliharaan ini dapat menjadi penyemangat kita dalam berlatih mengembangkan bakat.

Oh ya bagi Yupiers yang memiliki putra/putri berumur 5-11 tahun atau para remaja berumur 12-19 tahun dapat bergabung dalam wadah positif dari Yupi, yakni Yupi’s Got Talent, dimana disini kita dapat mengembangkan bakat yang kita miliki, sharing dengan teman dan lingkungan, dan akhirnya diharapkan bakat-bakat kita dapat membuat orang lain lebih #Yupiness.

 

Cari tau info lengkapnya di www.yupiland.com/ygt karena pendaftaran hanya sampai 20 Mei 2022.

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .