× Back To Yupiland
Artikel YGT
Talent Of The Month

Apa itu Grand Final? Ini Pengertian dan Perbedaan dengan Semifinal dalam Lomba

Hai Yupiers,

Tahukah kamu apa itu grand final? Istilah ini sering didengar dalam suatu kompetisi atau perlombaan. Namun, sudah tahukah kamu apa pengertian dari grand final? Ketika menonton suatu pertandingan, pastinya kita sering tidak sabar dalam menantikan finalnya. Final adalah babak yang dinilai seru karena mempertemukan dua kandidat terkuat dalam kompetisi tersebut. Babak ini sekaligus menjadi penentu siapa yang akan menjadi pemenangnya untuk masuk ke babak yang berikutnya. Selain grand final, ada juga istilah semifinal yang terkadang membuat seseorang tidak bisa membedakannya. Lalu, apa perbedaan dari kedua istilah ini? Mari telisik informasinya lebih lanjut di artikel ini.

Pengertian Semifinal

Semifinal merupakan babak akhir sebelum menginjak babak final. Mengutip buku Suka Cita Mengabdi di Perbatasan oleh Yuni R. Intarti (2021), final adalah suatu babak untuk memperebutkan gelar juara. Jadi, para peserta nantinya akan memperebutkan posisi terbaik untuk bisa sampai di grand final. Dalam olahraga, istilah semifinal sering digunakan untuk semua cabang.

Jadi, bisa dikatakan bahwa semifinal merupakan babak sebelum final, misalnya seperti perempat final. Dalam hal ini, akan ada empat peserta atau empat tim yang berkompetisi dan masing-masing pemenang tersebut akan masuk ke final.

Pengertian Grand Final

Apa itu Grand Final? Ini Pengertian dan Perbedaan dengan Semifinal dalam Lomba yang ingin Yumin jelaskan!

Grand final adalah babak akhir di dalam sebuah perlombaan atau turnamen. Perlu Yupiers ketahui bahwa turnamen tidak sama dengan jenis perlombaan lainnya karena turnamen mempunyai banyak babak untuk bisa sampai ke puncak turnamen.

Jadi, agar bisa menang dalam Grand final, maka tim atau peserta harus berhasil memenangkan beberapa pertandingan. Salah satu cabang olahraga yang memakai istilah grand final yakni seperti basket dan golf. Contoh konkretnya yaitu kompetisi NBA yang setidaknya terdapat tujuh babak pertandingan yang mempertemukan para finalis.

Yupiers, setelah kamu menyimak penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa perbedaan grand final dan semifinal terletak pada waktu pelaksanaannya. Semifinal adalah babak akhir menuju final yang nantinya mempertemukan para finalis, sedangkan grand final adalah babak paling akhir di dalam suatu turnamen, baik dalam bidang olahraga maupun seni. 

Dan untuk mengetahui kegiatan dan keseruan peserta Grand Final Yupi’s Got Talent 2022 dari semua kategori.. Yuk pantengin terus infonya ya! di www.yupiland.com/Ygt/camp

Yumin akan terus berbagi info mereka dengan para Yupiers ..

Don’t miss it!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .