× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Begadang Jangan Begadang, Ini Dampak Buruk yang Ditimbulkan!

Halo Yupiers? Gimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat selalu ya..

Nah Yumin mau nanya nih, siapa di antara Yupiers yang sering begadang nih? Coba angkat tangannya. Usut punya usut, ternyata keseringan begadang itu tidak baik untuk kesehatan lho..

Berdasarkan pernyataan Dr David Plans, kepala penelitian di Huma Therapeutics dan dosen senior di University of Exeter, Inggris, terdapat waktu yang optimal untuk tidur. Setidaknya untuk kesehatan jantung, kita dianjurkan untuk begadang maksimal sampai jam 10 malam.

Kenapa demikian? Berdasarkan data dari lebih dari 88.000 peserta di Inggris Biobank, menunjukkan bahwa tidur di bawah jam 10 malam dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan tidur lebih lambat pada malam hari.


Intinya begadang dilarang sebenarnya bukannya tanpa alasan, sebab begadang memiliki dampak kurang sehat bagi kesehatan tubuh manusia yang memerlukan istirahat yang teratur dan cukup.


Mengutip Laman National Health Services mengungkapkan, setidaknya orang dewasa membutuhkan delapan jam waktu tidur. Apalagi Yupiers yang usianya di antara 6-15 tahun, dipastikan butuh waktu tidur lebih dari itu ya. 


Pada faktanya, begadang cukup memiliki dampak negatif bagi tubuh. Mengutip laman healthline.com, hal utama dapat membahayakan kesehatan fisik. Misalnya sistem kekebalan yang melemah.hingga penambahan berat badan. Tanpa tidur yang cukup, otak dan sistem tubuh kamu tidak akan berfungsi secara normal lho.

Banyak penelitian juga menyebutkan, dengan kamu tidur sedikit di malam hari dapat meningkatkan resiko kematian dini. Cukup mengerikan bukan, Yupiers? 


Selain itu, apabila kamu sampai kurang tidur dapat berdampak negatif terhadap kemampuan mental dan keadaan emosional.

Pertanyaannya, lho kok bisa? Biasanya orang yang kekurangan waktu tidur itu sering merasa lebih tidak sabaran karena pikiran mereka tidak segar. 


Selain itu, bisa juga merasakan perilaku impulsif, kecemasan, depresi, dan paranoid.  Beberapa penyakit tersebut merupakan resiko psikologis yang dapat muncul dari efek buruk apabila kamu kekurangan waktu tidur di malam hari. 


Hal yang perlu Yupiers tahu, produksi hormon pada manusia itu ternyata tergantung pada tidur lho. Tubuh kita setidaknya membutuhkan tiga jam tidur tanpa gangguan untuk memproduksi testosteron. Inilah mengapa kebiasaan begadang tentu dapat mempengaruhi produksi hormon.


Seperti yang telah Yumin katakan di awal, jika Yupiers saat ini berada di usia anak-anak dan remaja, hormon dapat membantu tubuh membangun massa otot dan memperbaiki sel dan jaringan.

Dengan tidak begadang dan tidur yang cukup, tentunya produksi hormon Yupiers juga akan baik.  Jadi, jangan biasakan begadang atau tidur terlalu malam yaa…

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .