× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Begini Tipsnya agar Anak Kinestetik dapat Belajar dengan Menyenangkan

Tahukah Yupiers bahwa ternyata ada beberapa tipe kecerdasan yang dimiliki anak. Salah satunya, kinestetik. Cara anak kinestetik untuk menyerap materi memang unik lho Yupiers. Kebiasaan mereka untuk terus bergerak seringkali membuatnya dicap sebagai anak nakal di kelas. Terlebih masalah gagal fokus merupakan tantangan tersendiri untuk mengajar anak kinestetik.

Tapi tenang Yupiers, ada trik mudah untuk membantu anak kinestetik selama masa belajar, antara lain:

Memanfaatkan benda dan ruang

Tahukah Yupiers, pemilik kecerdasan kinestetik akan lebih mudah menyerap atau menyimpan informasi dengan bantuan benda yang berhubungan dengan pembelajaran. Jadi, saat Yupiers menjelaskan pada mereka, pergunakan bahan ajar sesuai materi, ya.

Misalnya,Yupiers bisa menggunakan kaleng susu saat menjelaskan materi tentang tabung, atau bola untuk menjelaskan mengenai bentuk bumi.

Belajar di alam terbuka

Yupiers, energi si kecil justru akan habis jika dipaksa berfokus dengan cara belajar konvensional di dalam ruangan. Sebagai alternatifnya, Yupiers bisa mengajak anak belajar di luar rumah dan bebaskan mereka mengeksplorasi.

Jeda dengan gerakan

Si kecil nggak bisa terus-terusan ditahan untuk duduk diam dan mendengarkan materi. Yupiers bisa membagi waktu belajar agar pembelajaran efektif dengan jeda istirahat setiap 5-10 menit, ya. Yupiers juga bisa mengajak anak untuk melakukan gerakan fisik, misalnya menari, bernyanyi bersama, atau main di halaman.

Menulis dan menggambar

Sempatkanlah waktu Yupiers untuk memperhatikan bahwa dengan menggambar dan menulis catatan akan membuat sistem belajar si kinestetik lebih efektif. Yupiers mintalah anak untuk mencatat materi yang sedang dipelajarinya. Jangan lupa, sediakan alat tulis warna-warni agar mereka lebih bersemangat.

Yupiers, permen Yupi yang memiliki banyak warna, kenyal, dan seru! Bentuknya yang berbagai macam juga, dapat menemani Yupiers dalam membimbing anak pemilik kecerdasan kinestetik. Dengan cara, saat anak jeda istirahat, mereka bisa memakan permen Yupi. Sehingga anak pemilik kecerdasan kinestetik ini akan lebih mudah menyerap atau menyimpan informasi dengan suasana yang lebih ceria dan yupiness.

Dan… seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin happy, harapannya semoga Yupiers belia ini dapat selalu bersemangat dan menampakkan bakat- bakat terbaiknya. Karena kenyamanan suasana belajar  bisa menjaga kesehatan mental mereka dan merangsang bakat mereka dalam berkreasi.

Jadi tunggu apa lagi Yupiers, ayo tunjukkan bakat kalian di Yupi’s Got Talent 2022. Karena ini saatnya kamu menjadi bintangnya Yupi!

Ayo, pantengin terus info secara detail mengenai schedule acara, bagaimana step registrasi dan lain – lain di website Yupi www.yupiland.com/ygt

 

Sumber: https://berkeluarga.id/2020/11/25/bukan-nakal-ini-ciri-anak-dengan-kecerdasan-kinestetik/

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .