× Back To Yupiland
Artikel YGT
Parenting

Biar Gizi Seimbang, Yuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak di Rumah!

Hai Yupiers! Sebagai orangtua, tentu kamu ingin memastikan anak tumbuh kembang dengan baik, bukan? Untuk itu, ada banyak hal yang bisa Yupiers lakukan nih, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi anak di rumah.


Ya, anak-anak membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang sesuai usianya. Sebaliknya, jika kebutuhan nutrisi si kecil tak terpenuhi, maka akan menyebabkan masalah pertumbuhan yang berlanjut hingga dewasa. 


Yupiers tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Berikut Yumin rangkumkan untukmu sederet cara yang bisa kamu lakukan memenuhi kebutuhan nutrisi anak di rumah:


  • Biasakan Sarapan Pagi 

Yupiers mungkin berpikir bahwa sarapan hanya penting bagi orang dewasa atau anak sekolah karena dapat memelihara ketahanan fisik dan fokus. Namun nyatanya, sarapan pagi juga bermanfaat bagi si kecil, lho!


Sarapan bagi anak usia dini bermanfaat untuk membentuk pola makan sehat dan efektif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.


  • Biasakan Mengonsumsi Makanan Sehat

Yupiers bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan mengajarkannya pola makan sehat. Apalagi sebagian besar anak tidak suka makan sayuran, Yupiers bisa mengajarkan mereka mengonsumsi sayuran sejak dini agar menjadi kebiasaan baik.


Tidak hanya sayuran, kamu juga bisa memberikan makanan sehat lainnya seperti buah, susu, ikan, daging ayam, dan sebagainya.


  • Berikan Camilan yang Sehat

Cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak berikutnya adalah dengan memberikan si kecil camilan sehat. Ya, selain makanan berat, Yupiers juga harus memastikan bahwa segala yang dikonsumsi si kecil adalah makanan sehat dan mengandung nutrisi.


Kamu bisa memberikan anak potongan buah, yogurt, dan roti isi tuna sebagai camilan. Hindari makan makanan yang mengandung banyak kalori seperti makanan instan dan junk food.


  • Berikan Makanan dalam Porsi Kecil

Beberapa orangtua berpikir jika memberi makanan dalam porsi besar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Padahal sebenarnya, kamu lebih dianjurkan untuk memberikan makanan anak dalam porsi kecil namun teratur.


Hal ini mengingat pada usia 1-3 tahun, nafsu makan si kecil sedang menurun. Jika memberikan makanan dalam porsi besar, bisa saja makanannya malah tidak akan habis.


  • Jadilah Contoh yang Baik

Cara terakhir dan sangat penting untuk diterapkan adalah dengan menjadi contoh. Sebagai orangtua dan panutan bagi anak, Yupiers harus menjadi contoh dengan mengonsumsi makanan sehat.


Bukan hanya bermanfaat untuk si kecil saja, kebiasaan tersebut juga tentunya bermanfaat untuk kesehatanmu sendiri. Ajak anggota keluarga lain untuk selalu menerapkan pola makan sehat.


Itulah lima cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak di rumah. Memenuhi kebutuhan nutrisi anak berpengaruh pada kondisi kesehatan si kecil, lho, Yupiers!

Jadi, yuk mulai biasakan pola makan sehat di rumah agar kesehatan dan tumbuh kembang si kecil tidak terganggu.

 

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .